Review Handmade Soap from Botanical Kiss

21.30

Bisa dibilang, perkembangan produk kecantikan setahun belakangan terus meningkat dan berhasil memikat para beauty enthusiast. Berbagai macam merek hadir memanjakan mereka sekaligus memenuhi permintaan pasar. Tak ketinggalan, merek lokal pun semakin membludak di pasaran dan kualitasnya nggak kalah dengan brand Internasional. Bahkan beauty product yang handmade dan natural pun makin banyak bermunculan. Nah tuh, cewek-cewek jadi makin punya banyak pilihan deh untuk mencoba produk lokal, ya nggak?

Bulan lalu, saya mendapat kesempatan untuk mencoba produk beauty handmade dan natural buatan lokal. Kebetulan, seorang teman mengirimkan paket yang isinya adalah Natural Soap dengan nama merek Botanical Kiss. Meski sudah sejak lama saya menerima paket tersebut, namun baru sekarang bisa saya review karena kebetulan saya sedang mencoba produk lain. Selain itu biasanya saya harus mencoba produk kosmetik atau perawatan tubuh selama 2-3 minggu terlebih dahulu, sebelum saya sharing soal penggunaan dan manfaatnya.

Packaging handmade soap dari Botanical Kiss yang simple.
Sejak awal saya sudah dibuat jatuh cinta dengan Natural Soap yang saya dapatkan. Pertama karena konsep packaging yang simple dan bentuk sabunnya yang lucu. Kedua karena wanginya yang bikin betah. Padahal saat itu saya lagi mual-mualnya dengan bau yang menyengat. Eh nggak usah menyengat deh, bau parfum orang lain aja nih kalau nggak cocok sama mood dan hidung juga cepet pusing dan terkadang bikin mual. Tapi beda begitu saya mencium aroma Natural Soap dari Botanical Kiss, malah bikin pengen saya cium berkali-kali saking enaknya.

Ok, saya pun mencoba beberapa produk yang diberikan Botanical Kiss. Ada empat Natural Soap yang saya terima, yakni Aqua Face and Body Soap, Watermelon Face and Body Soap, Coconut's Milk and Carrot Face and Body Soap, dan Charcoal Body Soap.


Aqua dan Watermelon Face and Body Soap jadi handmade soap pertama yang saya coba.
Untuk percobaan pertama saya mencoba Aqua dan Watermelon Face Body Soap. Gimana hasilnya? Saya review selengkapnya di bawah ini yah. Cekidot!

Aqua Face and Body Soap

Sabun handmade ini jadi pilihan pertama untuk saya coba karena wanginya yang paling saya suka diantara lainnya. Warnanya biru lagi, warna favorit.

Sebelum saya coba, terlebih dahulu saya membaca dan mengamati setiap kandungan pada Aqua Face and Body Soap ini. Sabun handmade ini rupanya mengandung 50% extra virgin olive oil dan minyak tumbuhan yang kaya akan asam lemak, vitamin dan antioksidan. Kandungan tersebut bermanfaat untuk menjaga kelembaban, memberikan kelembutan, melawan radikal bebas dan membantu regenerasi sel kulit.

Ternyata benar, saat saya coba, sabun ini memang bikin wajah saya terasa lebih lembut dan yang bikin saya senang adalah wanginya yang menyegarkan. Pewangi yang digunakan juga nggak bikin saya khawatir karena berasal dari bahan natural sekaligus bermanfaat bagi kulit dan kesehatan yaitu essential oil.

Saya suka menggunakan sabun ini untuk mandi malam karena wangi sabun ini bikin wajah dan badan lebih segar. Berasa bisa mengurangi rasa lelah gitu deh dan membuat saya relaks setelah seharian beraktivitas.

Sama seperti namanya, Aqua Face and Body Soap sebenarnya bisa digunakan untuk wajah dan badan, tapi karena kondisi kulit saya sedang kering parah, jadi saya lebih memilih menggunakan Aqua Face and Body Soap untuk sabun badan saja. Soalnya kata teman saya sekaligus owner dari Botanical Kiss, formulasi sabun ini cenderung untuk pemilik kulit berminyak.

Aqua Face and Body Soap from Botanical Kiss.
Oya, selain dibuat jatuh cinta sama wanginya, handmade soap ini tidak memberikan busa yang berlimpah sehingga membuat saya merasa aman menggunakannya. Kenapa? Berarti Aqua Face and Body Soap ini bebas dari kandungan SLS. Pasalnya, busa yang berlimpah pada sabun komersial umumnya berasal dari SLS, sementara busa pada handmade soap berasal dari reaksi saponifikasi minyak tumbuhan yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, saat menggunakan handmade soap jangan mengharapkan busa yang berlimpah seperti kebanyakan sabun komersial. Meski demikian, formulasi yang terkandung di dalamnya memberikan busa yang cukup untuk tetap melembabkan kulit, kok.

SLS (Sodium Lauryl Sulfate), SLES (Sodium Laureth Sulfate), dan ALS (Ammonium Laurel Sulfate) merupakan bahan kimia murah yang banyak digunakan di berbagai produk kebersihan seperti shampoobody wash, facial wash, pasta gigi, sabun pencuci piring dan sabun pencuci baju. Bahan kimia tersebut berfungsi sebagai surfaktan yang menciptakan lebih banyak busa saat digunakan.

SLS dianggap berbahaya karena ternyata bersifat skin irritant bagi kulit dan berpotensi menimbulkan ketidakseimbangan hormon bila terserap dan menumpuk di organ dalam tubuh. Kebanyakan sabun komersial yang kita jumpai di pasaran sebenarnya lebih tepat disebut sebagai deterjen dibanding sabun karena produk tersebut mengandung SLS.

Selain bebas SLS, kandungan handmade soap ini yang paling penting bagi saya adalah bebas paraben. Memang sih, paraben sangat efektif sebagai pengawet kosmetik, namun mengingat saat ini saya sedang hamil, paraben jadi salah satu bahan kimia yang wajib saya hindari penggunaannya dalam kosmetik maupun skincare. Banyak penelitian menunjukkan bahwa paraben dapat menganggu keseimbangan hormon. Selain itu, beberapa laporan juga mengindikasikan bahwa paraben dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker payudara. Tuh, ngeri kan kalau sampai kita terbiasa menggunakan produk kosmetik yang mengandung paraben? Apalagi bagi ibu hamil.

Watermelon Face and Body Soap

Sayang sebenarnya waktu mau nyobaiin sabun handmade dengan warna menyerupai buah semangka ini. Saking gemasnya, sih. Tapi akhirnya tertarik juga untuk saya coba. First impression, sabun ini wanginya manis dan nggak kalah segar dengan Aqua Face and Body Soap. Teksturnya lebih lunak dibanding sabun komersial karena memang handmade soap mengandung glycerin yang melimpah. Kandungan glycerin yang tinggi menyebabkan handmade soap kurang resisten terhadap air dan mudah lembek. Tapi dengan adanya glycerin inilah bermanfaat untuk melembabkan kulit sehingga nggak berasa kering setelah mandi.

Sama halnya dengan Aqua Face and Body Soap, Watermelon Face and Body Soap ini juga terbuat dari 50% extra virgin olive oil yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan keremajaan kulit. Selain itu ditambahkan minyak tumbuhan lain seperti coconut oil, palm oil, sweet almond oil, shea butter dan castor oil agar proses membersihkan kulit bekerja lebih optimal.

Watermelon Face and Body Soap from Botanical Kiss.
Kandungan lain yang paling bisa diamati dari Watermelon Face and Body Soap adalah adanya butiran poppyseed yang berfungsi sebagai exfoliator. Nah, dengan adanya kandungan tersebut, proses pengelupasan sel-sel kulit mati atau sisa makeup jadi lebih optimal. Alhasil kulit wajah jadi lebih lembut dan warna kulit jadi lebih cerah. Tapi nih, kembali lagi ke kondisi kulit masing-masing. Karena kondisi kulit saya lagi kering, saya mengurangi penggunaan Watermelon Face and Body Soap di bagian wajah. Takutnya kalau terlalu sering atau berlebihan malah bikin kulit saya makin kering atau bermasalah.

Nah, buat temen-temen yang memiliki kulit berminyak, Aqua Face and Body Soap dan Watermelon Face and Body Soap ini bisa jadi pilihanmu. Handmade soap ini worth it untuk dicoba, apalagi buat yang pengen beralih dari sabun komersial ke handmade soap.

Oya, untuk review Coconut's Milk and Carrot Face and Body Soap dan Charcoal Body Soap menyusul yah. Nanti aku update di postingan ini aja. Soalnya Aqua dan Watermelon Face Body Soap aja masih awet nih belum habis-habis saya pakai.

Kok bisa awet sih pakai handmade soap?

Cara menyiasatinya adalah dengan memotong sabun sesuai kebutuhan saja. Bawa potongan yang akan digunakan untuk mandi dan tinggalkan sisanya di tempat yang kering (tidak lembab) dan jauh dari air. Gitu!

Ok sekian review beauty product kali ini. Buat teman-teman yang tertarik, semua sabun handmade di atas bisa kamu beli di Botanical Kiss. Cek langsung akun Instagramnya dan siap-siap dibuat jatuh cinta sama wanginya. Buat temen-temen yang pernah nyoba atau lagi nyoba handmade soap juga, share yuk pengalamanmu di kolom komentar. Thanks for reading and have a beautiful day!





You Might Also Like

0 comments

BRILIO.NET

LATEST VIDEOS

Perempuan Punya Karya