Venus Soft Matte Lip Cream Review

18.00

Dua tahun belakangan, lip cream jadi salah satu produk kosmetik yang bertebaran di pasaran. Nggak heran sih karena memang para produsen brand kosmetik emang banyak yang berlomba-lomba menciptakan produk lip cream dengan keunggulan masing-masing. Apalagi sejak lipstik dan lip cream bertekstur matte nge-tren, makin banyak deh brand kosmetik lokal dan internasional bersaing mengeluarkan koleksi lipstik maupun lip cream dengan pilihan warna dan kualitas yang menjanjikan.

Sebenarnya sih nggak cuma brand kosmetik lokal dan internasional aja yang punya koleksi lipstik dan lip cream, banyak juga selebriti Indonesia yang melirik bisnis kosmetik dan memilih produk lipstik atau lip cream. Mulai dari Aurel Hermansyah yang mengeluarkan produk lip cream dengan brand Aurelolly sampai Ussy Sulistyowati yang telah lebih dulu meluncurkan brand lip cream bernama Dissy. Tentunya para pecinta lip cream jadi makin banyak pilihan kan mau mencoba pewarna bibir dari brand mana, terutama brand lokal sih, karena memang sekarang banyak banget lip cream buatan lokal yang menawarkan banyak pilihan warna dengan harga yang terjangkau.

Venus Soft Matte Lip Cream

Bagi saya pribadi yang mengikuti tren lip cream, senang-senang aja dong dengan maraknya produk ini di pasaran. Tapi saya nggak melulu langsung beli lip cream ketika ada brand kosmetik merilis produk lip cream terbarunya. Apalagi kalau saya sudah cocok dengan lip cream brand tertentu, jarang gampang tergoda dengan iming-iming lip cream yang semisalnya lagi hits di kalangan beauty enthusiast. Biasanya yang jadi pertimbangan saya ketika ingin membeli lip cream adalah kandungan, formula serta teksturnya. Ya mengingat saya kemarin lagi hamil, jadi lebih perhatian sama kandungan bahan dalam suatu produk kosmetik. Sementara soal formula dan tekstur, memilih lip cream yang lembut saat diaplikasikan di bibir dan bisa melembapkan itu penting. Secara bibir saya itu kering dan terkadang pecah-pecah, jadi ya kalau lip cream yang saya beli malah bikin bibir makin kering atau malah cracking jelas saya tinggalkan.

Senang sekali setahun ini saya bisa menemukan lip cream yang beneran bikin bibir nggak kering atau pecah-pecah. Salah satunya adalah Marcks' Venus Soft Matte Lip Cream. Saat mendengar brand kosmetik ini saya cukup takjub sih karena akhirnya 'berani' mengikuti tren produk kosmetik yang memang lagi happening. Memang terbilang cukup ketinggalan sih untuk mengikuti tren lip cream matte, tapi bukan berarti nggak boleh dong! Ya mungkin kemarin-kemarin Marcks' Venus lebih fokus pada produk kosmetik lainnya. Sebelumnya, Venus Cosmetic memang dikenal dengan produk kecantikannya seperti facial wash, body serum sampai bedak tabur dan bedak padat yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Tapi sekarang Venus Cosmetic menghadirkan inovasi produk kosmetik terbarunya dalam bentuk lip cream.

Jujur, saya belum pernah mencoba semua produk makeup atau skincare dari Venus Cosmetic, termasuk lip cream. Senang sekali saya berkesempatan untuk mencoba produk tersebut saat menghadiri acara Marcks' VENUS Beauty Gathering yang diadakan di Kunena Eatery Yogyakarta beberapa waktu lalu. Dalam acara tersebut, Venus Cosmetic memperkenalkan Venus Soft Matte Lip Cream yang hadir dalam 10 shade. Semua warna tersebut sudah disesuaikan dengan kulit wanita Asia, khususnya wanita Indonesia. Mulai dari warna nude sampai warna bold, ada semua lengkap, tinggal pilih! Saya sebagai pecinta warna nude merasa antusias saat mengetahui kalau Venus Soft Matte Lip Cream juga punya shade nude yang warnanya saya banget!

Lantas seperti apa pengalaman saya saat mencoba Venus Soft Matte Lip Cream? Yuk simak review singkat berikut ini!

ABOUT THE PRODUCT

Marcks' VENUS merupakan brand perawatan kulit atau skincare milik Kimia Farma yang sudah sejak lama ada di pasaran Indonesia. Tentu teman-teman nggak asing dong dengan nama Kimia Farma? Perusahaan bidang farmasi terbesar di Indonesia ini ternyata tak hanya menawarkan produk obat-obatan, tapi kini juga memperhatikan penampilan dan kecantikan wanita dengan menghadirkan produk makeup dan skincare. Bedak tabur dan bedak two way cake jadi produk makeup andalan yang sebelumnya hadir di pasaran, sementara untuk produk skincare setahu saya ada facial wash, toner, sampai body serum. Nah, sekarang Marcks' Venus melengkapi koleksi produk makeup dengan menghadirkan Venus Soft Matte Lip Cream.

Venus Soft Matte Lip Cream
Marcks' Venus Soft Matte Lip Cream

Untuk proses produksi, Venus Soft Matte Lip Cream diproduksi oleh PT. Fabindo Sejahtera yang terletak di Tangerang. Menurut keterangan di website fabindo.com, perusahaan ini memang melayani kebutuhan kecantikan dan kesehatan sehari-hari. Fanbo jadi salah satu brand kecantikan yang produknya diproduksi oleh Fabindo Sejahtera.

PACKAGING

Lip cream yang saya dapatkan dari acara Marcks' VENUS Beauty Gathering ada tiga warna dari total 10 warna. Saat saya ingin membuka kemasan Venus Soft Matte Lip Cream, ternyata masih disegel dengan plastic wrap. Jadi saya harus membuka plastic wrap tersebut baru setelahnya mencoba bagaimana performa Venus Soft Matte Lip Cream. Tapi meski terkesan ribet tapi dengan adanya plastic wrap, menurut saya kemasan utama lip cream jadi terlindungi dari debu, kotoran, dan yang paling penting bebas goresan ketika semisal masih terpajang di etalase toko kosmetik. Ya nggak?

Venus Soft Matte Lip Cream
Venus Soft Matte Lip Cream dikemas dalam bentuk square tube bening.

Venus Soft Matte Lip Cream memiliki packaging yang hampir sama dengan kemasan lip cream lainnya di pasaran. Tapi yang membedakan adalah lip cream dari Venus ini dikemas dalam bentuk square tube bening dengan bentuk tube yang benar-benar memiliki empat sudut. Biasanya kan kemasan lip cream lainnya berbentuk tabung yang bulat, tapi Venus justru memilih bentuk square. Sementara untuk bagian aplikator bentuknya agak pipih jadi buat saya yang punya bibir kecil dan tipis harus ekstra hati-hati biar nggak belepotan gitu saat mengaplikasikan lip cream di bibir.


TEKSTUR

Venus Soft Matte Lip Cream easy-to-glide dan sekali dipulas di bibir udah bisa menutupi warna asli bibir. Sementara untuk tekstur, Venus Soft Matte Lip Cream yang saya coba terasa creamy dengan hasil akhir pigmented, matte dan lembut. Hanya saja butuh waktu lama untuk menunggu lip cream ini benar-benar kering di bibir dan berubah menjadi matte. Tapi nggak masalah sih karena setelah kering, rasanya di bibir tetap ringan. Selain itu kelebihan lain dari Venus Soft Matte Lip Cream setelah diaplikasikan di bibir adalah transproof dan anti cracking jadi nggak membuat bibir saya kering atau malah pecah-pecah.

Venus Soft Matte Lip Cream
Venus Soft Matte Lip Cream yang saya swatch di tangan.


KANDUNGAN

Meski sekarang saya sedang nggak hamil, tapi kebiasaan untuk memperhatikan kandungan bahan dalam suatu produk kosmetik jadi suatu kebiasaan. Informasi mengenai kandungan bahan yang digunakan untuk membuat lip cream biasanya tertera dalam kemasan luar yang berupa kardus atau bisa juga jadi satu dengan plastic wrap yang melindungi kemasan utama lip cream. Sama halnya dengan Venus Soft Matte Lip Cream, kandungan bahan-bahannya tertera pada bagian plastic wrap. Saya nggak mengamati lebih detail, tapi yang pasti Venus Soft Matte Lip Cream aman digunakan karena nggak mengandung zat-zat yang berbahaya. Hal ini juga saya tanyakan kepada Brand Manager Venus Cosmetic, Tanti Meliantina yang hadir dalam acara Beauty Gathering.

"Venus Soft Matte Lip Cream nggak mengandung bahan-bahan yang berbahaya kok jadi aman untuk digunakan. Apalagi brand kita berada di bawah Kimia Farma, tentu sudah tidak diragukan lagi kredibilitasnya. Selain bebas kandungan berbahaya, yang paling penting dan jadi unggulan lip cream dari Venus adalah adanya kandungan UV Filter dan Vitamin E yang bisa menutrisi bibir dan melindungi bibir dari paparan sinar matahari," kata Tanti Meliantina saat saya tanya tentang kandungan lip cream Venus.

Alasan lain yang bikin saya makin percaya kalau Venus Soft Matte Lip Cream beneran aman adalah lip cream ini sudah lulus uji Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk masing-masing warna. Jadi harapannya dengan memakai lip cream dari Venus ini akan mempercantik penampilan bukannya malah menganggu kesehatan.


WARNA

Venus Soft Matte Lip Cream hadir dalam 10 shade dengan nama yang unik dan beberapa cukup sulit untuk diucapkan. Katanya sih nama lip cream Venus ini diambil dari filosofi kupu-kupu. Saya belum begitu paham sih dan sebagai seorang alumni Biologi saya sebenarnya masih bertanya-tanya tentang asal nama lip cream Venus ini. Apakah dari nama spesies kupu-kupu atau klasifikasi ilmiah spesies tertentu? Ada yang bisa bantuin jawab nggak ya?

Ok, next!

Saat menghadiri acara Beauty Gathering yang diadakan oleh Marcks' Venus bekerja sama dengan media online dream.co.id ini, saya nggak bisa mendapatkan semua warna lip cream Venus, jadi saya nggak bisa mencoba dan mengetahui warna mana yang cocok buat kulit saya. Tapi senangnya saya tetap mendapatkan tiga warna dari Venus Soft Matte Lip Cream yaitu 01 Vanessa, 06 Jamides, dan 08 Myscelia. Ketiga warna ini sudah saya coba masing-masing, tapi karena saya lebih suka warna nude, jadi ya shade nomor satu yang jadi favorit saya.

Venus Soft Matte Lip Cream
Venus Soft Matte Lip Cream 01 Vanessa yang saya coba aplikasikan di bibir saat acara berlangsung.

Kalau diperhatikan, pilihan warna Venus Soft Matte Lip Cream lebih dominan warna soft dibandingkan warna bold. Jadi buat teman-teman yang suka lip cream warna bold memang pilihan warnanya kurang bervariasi. Tapi buat pecinta warna soft seperti saya, Venus Soft Matte Lip Cream punya pilihan warna yang cantik-cantik.

Venus Soft Matte Lip Cream
Saya, Nia, dan Amel menggunakan Venus Soft Matte Lip Cream dengan pilihan warna yang berbeda.

DAYA TAHAN

Saat menghadiri acara Beauty Gathering, saya mencoba langsung Venus Soft Matte Lip Cream di bibir dan lumayan bisa bertahan hingga 3 jam. Untuk membuktikan apakah lip cream ini bisa bertahan lebih lama, saya kemudian mencoba untuk menggunakannya seharian saat pergi ke kantor, kira-kira dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Hasilnya? Lip cream dari Venus hanya bisa bertahan sekitar 4 jam, apalagi di kantor saya lebih banyak minum dan makan, jadi makin sering transfer di gelas. Apalagi kalau menu makan siang saya cukup berat, harus touch up deh sehabis makan.

Venus Soft Matte Lip Cream
Saya memakai Venus Soft Matte Lip Cream nomor 01 dan Yuki Kato memakai nomor 08.

WHERE TO BUY?

Venus Soft Matte Lip Cream dijual dengan harga Rp 47.000 ribu dan bisa dibeli di apotek Kimia Farma dan JD.id. Buat teman-teman yang pengen beli secara online, bisa juga cek website Kimia Farma ya.


Gimana review singkat Venus Soft Matte Lip Cream dari saya, jadi tertarik pengen beli lip cream baru nggak nih? Oya, seperti saya bilang di atas, saya mendapatkan lip cream ini dari acara Marcks' VENUS Beauty Gathering. Selain mendapatkan lip cream baru, saya juga mendapatkan pengetahuan baru tentang kesehatan bibir dari artis cantik Yuki Kato dan dr. Hemas Nura. Kalau Yuki Kato cerita tentang pentingnya memilih shade lipstik atau lip cream yang tepat, dr. Hemas Nura berbagi tips untuk merawat kesehatan bibir. Seperti apa caranya? Simpel kok!


Venus Soft Matte Lip Cream
Venus Soft Matte Lip Cream
Venus Soft Matte Lip Cream


Menurut dr. Hemas Nura, merawat kesehatan bibir penting untuk dilakukan dan caranya bisa dimulai dari kebiasaan kita sehari-hari seperti rajin minum air putih 8-12 gelas atau 2-3 liter sehari, memakai pelembap atau lip balm yang mengandung SPF minimal 30, dan sebisa mungkin menghindari kebiasaan untuk menggigit bibir yang kering atau pecah-pecah. Kalau minum air putih jelas kita tahu dong ya manfaatnya nggak cuma buat kesehatan bibir aja? Kalau menggunakan pelembap untuk bibir sama pentingnya tahu juga nggak? Ya, menggunakan pelembap bibir yang mengandung SPF bakalan bikin bibir kita jadi lebih sehat dan awet muda. Selain itu, menggunakan pelembap bibir yang mengandung SPF dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit atau kondisi kulit lainnya seperti peradangan bibir. Waduh, ngeri ya?

Untungnya, Venus Soft Matte Lip Cream punya kandungan UV Filter, jadi saat beraktivitas di luar ruangan nggak akan takut bibir jadi terlihat lebih tua bahkan sampai kering, kasar bahkan sampai bersisik parah.

Di akhir acara, saya dan teman-teman beauty blogger diajak untuk melakukan aktivitas mewarnai pouch dengan menggunakan cat air. Meski saya nggak jago kalau disuruh mewarnai, ternyata seru juga ya aktivitas ini. Apalagi saya orangnya nggak sabaran kalau mewarnai, rasanya jadi lebih menghargai aja sama orang lain yang bisa mewarnai dengan sabar dan telaten.

Well, segini dulu ya review singkat tentang Venus Soft Matte Lip Cream dan cerita singkat saya saat menghadiri Marcks' VENUS Beauty Gathering. Sampai ketemu di cerita saya dalam event seru berikutnya! Terima kasih sudah berkenan membaca dan selamat menikmati akhir pekan ya~







You Might Also Like

2 comments

BRILIO.NET

LATEST VIDEOS

Perempuan Punya Karya