Silkyluz The Bohemian Bar Soap from Avoskin

07.00

Dulu, jauh sebelum sepuluh tahapan penggunaan skincare ala Korea nge-tren, sebenarnya para wanita sudah rutin merawat kulit. Memang sih tahapannya nggak banyak dan ribet tapi pasti ada satu tahap yang dilakukan. Apa itu? Membersihkan wajah. Nggak salah, karena membersihkan wajah merupakan tahap utama perawatan kulit untuk menghilangkan kotoran dan sisa makeup. Setuju dong?

Nah, kalau wanita zaman now banyak yang mulai melakukan teknik double cleaning untuk membersihkan wajah, kalau dulu lebih simpel, yang penting pakai sabun cuci muka atau facial wash, udah cukup. Saya sendiri juga seperti itu, membersihkan wajah dengan facial wash saat mandi pagi dan sore hari sudah merasa cukup. Saat itu juga kondisi kulit saya masih baik-baik saja, apalagi sangat jarang bahkan tak pernah pakai makeup, jadi ya cuci muka pakai facial wash udah merasa bersih wajahnya.

Tapi seiring bertambahnya aktivitas dan usia, saya merasa butuh untuk memilih sabun cuci muka atau facial wash yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit. Tapi saya nggak mau asal-asalan pakai facial wash, apalagi sekarang pembersih wajah juga beragam jenisnya. Mulai dari cleansing gel, cleansing foam, cleansing oil, dan masih banyak lagi. Jadi ya harus pinter-pinter memilih pembersih wajah mana yang formulanya cocok untuk jenis kulit saya.

Meski facial wash banyak jenis dan pilihan produknya, tapi ternyata ada juga lho para wanita yang  lebih suka membersihkan wajah menggunakan sabun batangan. Meskipun produk pembersih muka ini sering dianggap kuno, nyatanya sabun batangan punya banyak keunggulan. Apalagi kalau ada produk sabun batangan yang memanfaatkan coconut oil dan olive oil sebagai kandungan pelembap alami. Waduh, pemilik kulit wajah yang sering mengalami 'kekeringan' seperti saya tentu tertarik untuk mencobanya.

Jenis kulit saya sebenarnya selama ini normal dan jarang sekali bermasalah, tapi semenjak hamil sampai sekarang sedang menyusui sering berubah jadi kering dan terkadang muncul bruntusan. Saat hamil beberapa waktu lalu, saya sempat menyerah untuk menggunakan facial wash karena beberapa produk yang biasa saya pakai kok jadi nggak cocok dan malah bikin kondisi kulit wajah makin kering. Akhirnya saya sempat mencoba sabun batangan dan lumayan ampuh melembapkan kulit dan mengatasi masalah kulit yang saya alami saat hamil.

Eh, sekarang, kondisi kulit wajah sepertinya mulai ngambek lagi dan sering kering di bagian tertentu. Produk facial wash yang saya pakai sih sebenarnya nggak sampai menimbulkan iritasi kulit tapi saya kok pengen mencoba pakai sabun batangan lagi ya? Senengnya, beberapa waktu lalu saya berkesempatan untuk mencoba produk facial soap dari Avoskin, brand skincare lokal favorit saya. Produk facial soap dari Avoskin yang saya coba adalah Silkyluz Bohemian Bar Soap.

Silkyluz Bohemian Bar Soap
Silkyluz The Bohemian Bar Soap merupan produk facial soap dari Avoskin.

Silkyluz Bohemian Bar Soap merupakan sabun berbentuk padat atau biasa disebut batangan yang diklaim dapat membersihkan wajah dari debu dan kotoran yang menempel, mencerahkan kulit wajah secara natural serta menjaga kelembapan kulit. Sejak pertama kali mendapatkan produk ini, saya sudah tertarik dengan manfaat yang ditawarkan dan warna sabunnya yang cerah ceria. 

Nah, sekarang saya sudah mencoba Silkyluz Bohemian Bar Soap selama hampir satu minggu nih. Gimana hasilnya di kulit wajah saya? Simak review singkat saya berikut ini yah!

ABOUT THE BRAND

Bisa dibilang, Avoskin merupakan brand skincare lokal pendatang baru tapi sudah mencuri perhatian banyak beauty enthusiast. Buat teman-teman yang hobi bermain Instagram serta YouTube dan mengikuti akun para beauty blogger, pasti sudah nggak asing ketika mendengar brand Avoskin. Tak sedikit beauty blogger dan vlogger yang merekomendasikan produk-produk skincare dari Avoskin. Sebut saja produk Perfect Hydrating Treatment Essence atau yang sering disebut PHTE. Produk terlaris dari Avoskin ini sering direkomendasikan oleh para beauty enthusiast dan diburu para penggemar skincare berkat review positif yang disampaikan oleh mereka. Nggak heran kalau PHTE selalu habis terjual ketika produk ini tersedia. Kini, setelah empat tahun meramaikan industri kecantikan, nggak hanya mengandalkan si PHTE saja, tapi Avoskin terus berinovasi untuk merilis produk-produk berkualitas lainnya demi menunjang kecantikan para wanita (pecinta skincare).

Produk-produk Avoskin terbuat dari bahan-bahan yang alami dan aman untuk digunakan. Semua kandungan bahan yang digunakan dalam suatu produk telah teruji klinis dan tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya untuk kulit. Tak hanya memperhatikan soal pemilihan bahan dan keamanannya, produk Avoskin juga diformulasikan untuk merawat dan memperbaiki semua jenis kulit tanpa ada efek samping ataupun ketergantungan setelah pemakaian.

Bagi saya pribadi, penting untuk memilih produk skincare yang memiliki kandungan bahan-bahan alami tanpa zat kimia berbahaya dan nggak menimbulkan efek samping kalau saya mengaplikasikannya di wajah. Dengan demikian, saya nggak pernah merasa khawatir kalau ada brand skincare seperti Avoskin yang berkomitmen demikian setiap kali merilis suatu produk.

ABOUT THE PRODUCT

Silkyluz Bohemian Bar Soap
Kemasan Silkyluz Bohemian Bar Soap yang berbahan kertas dilengkapi mengenai informasi produk.
First at all, saya ingin membahas kemasan produk terbaru dari Avoskin yakni Silkyluz Bohemian Bar Soap. Produk pembersih wajah ini dikemas dalam bungkus kertas dengan desain yang simpel. Ya meski terkesan biasa saja kemasannya tapi tetap fungsional dan informatif. Buktinya saat saya melihat di bagian belakang kemasan, tertulis segala informasi yang dibutuhkan. Mulai dari ingredients, distributor, manufacture, cara pemakaian, sampai yang terpenting expired date. Meski terkadang tulisan-tulisan yang tertera dalam suatu kemasan produk tak diperhatikan oleh konsumen, tapi bagi saya pribadi penting hukumnya suatu produk, apalagi produk kecantikan, mencantumkan informasi tersebut. Asalkan letaknya disesuaikan jadi biar nggak menganggu nama produk utamanya. 


Silkyluz Bohemian Bar Soap
Komposisi yang terkandung dalam Silkyluz Bohemian Bar Soap tertulis di bagian belakang kemasan.
Sementara untuk Silkyluz Bohemian Bar Soap sendiri bentuknya sama dengan sabun berbentuk padat atau batangan lainnya. Hanya saja facial soap ini memiliki warna yang tak biasa, yakni merah bata tapi cenderung oranye. Selain warna sabun yang unik, menurut saya pemilihan nama produk juga menarik. Nama Silkyluz Bohemian Bar Soap rupanya terinspirasi dari gaya hidup Bohemian yang memiliki filsafat kehidupan dekat dengan alam, hidup melalui seni, petualangan dan spiritual. Avoskin  terinspirasi oleh semangat ini dan menciptakan Silkyluz menggunakan bahan dan formulasi yang tepat dengan harapan produk ini bisa mengungkapkan kecantikan dari dalam diri semua orang melalui penggunaan bahan alami, gaya dan kreativitas. Widih, dalem juga ya makna dan harapannya?

Silkyluz Bohemian Bar Soap
Sabun padat atau biasa dikenal dengan sabun batangan.
Selain itu yang nggak kalah penting dari makna dan harapan dari produk Silkyluz Bohemian Bar Soap adalah proses kontrol kualitas dan keamanan produknya. Avoskin berkomitmen bahwa produk facial soap ini terbuat dari bahan-bahan alami yang tidak pernah diujicobakan pada hewan (cruelty-free). Sebagai customer, Avoskin berhasil membuat saya mengapresiasi terhadap setiap produknya karena komitmen tersebut.

COMPOSITION

Sebelum saya coba, saya terlebih dahulu memeriksa kandungan pada Silkyluz Bohemian Bar Soap ini. Mengamati kandungan produk skincare seperti sudah menjadi kebiasaan saya, terlebih saat hamil kemarin, yang membuat saya harus ekstra hati-hati memilih produk makeup maupun skincare yang aman digunakan. Ya meskipun sekarang udah nggak hamil, kebiasaan itu saya rasa tetap penting untuk dilakukan. Nggak mau dong kalau saya harus menggunakan sabun cuci muka tapi nggak ada manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Yes, karena sabun muka batangan berkualitas harus menggunakan bahan-bahan yang bermanfaat untuk kecantikan kulit, lantas bagaimana dengan Silkyluz Bohemian Bar Soap? Ternyata bahan-bahan yang terkandung dalam facial soap ini semuanya berkualitas dan menggunakan bahan-bahan alami. Silkyluz Bohemian Bar Soap memanfaatkan kojic acid, minyak kelapa, lavender, dan minyak zaitun sebagai kandungan unggulan. Lantas, apa manfaat kandungan tersebut untuk kulit?

Silkyluz Bohemian Bar Soap

Kojic acid (asam kojic) sebenarnya baru pertama kali saya dengar. Kandungan ini setelah saya baca dari berbagai sumber ternyata merupakan bahan yang banyak digunakan untuk memutihkan kulit dan tak sedikit produk kecantikan berbahan asam kojic. Bahkan pemanfaatan asam kojic ini sudah lama sejak ditemukan di Jepang tahun 1989. Tapi dulu sih sebelum dipakai sebagai bahan pemutih, asam kojic hanyalah hasil sampingan dari proses fermentasi minuman beralkohol sake. Sekarang, nggak hanya dimanfaatkan sebagai bahan pemutih kulit tapi juga untuk mengawetkan produk makanan.

Saya sendiri belum pernah melihat atau kebayang bentuknya seperti apa sih, tapi kalau dari namanya, asam kojic seharusnya berwarna putih. Menurut sumber yang saya baca sih, emang beneran asam kojic warnanya putih, berupa zat yang terdiri dari kristal-kristal kecil yang diperoleh dari jamur. Nantinya asam kojic akan mencegah kerja tirosin, asam amino yang memproduksi pigmen melanin. Jadi, melanin ini tugasnya memberi warna pada rambut, mata, dan kulit seseorang. Makanya, kalau produksi melanin terhambat, noda hitam atau warna kulit yang tidak merata bisa teratasi. Selain bisa mengatasi tanda-tanda hiperpigmentasi seperti noda hitam, bintik-bintik, bercak hitam akibat penuaan, dan lingkaran gelap di bawah mata, asam kojic juga dimanfaatkan dalam produk kecantikan untuk mencegah timbulnya penuaan dini pada wajah.

Karena belum terbiasa mendengar asam kojic, saya harus memastikan kalau bahan ini benar-benar aman digunakan jika terkandung dalam suatu produk perawatan wajah. Menurut berbagai sumber, asam kojic aman digunakan asalkan sesuai dosis (1 persen). Namun yang menjadi catatan saya adalah asam kojic ini dapat menyebabkan dermatitis kontak bagi sebagian orang. Seperti kulit gatal, iritasi, kulit memerah, ruam, bahkan sampai bengkak. Untuk menghindari risiko, disarankan memilih produk yang pada labelnya tertera hypoallergenic, non-comedogenic, dan tidak beracun. Senengnya, Silkyluz Bohemian Bar Soap ini termasuk pembersih wajah yang bersifat non-comedogenic!

Tak hanya kandungan asam kojic yang jadi perhatian saya, karena ada bahan-bahan berkualitas lainnya yang terkandung dalam Silkyluz Bohemian Bar Soap. Iya dong harus berkualitas karena produk facial soap ini kan bersentuhan dengan wajah saya, nggak mau nantinya malah membuat kulit wajah jadi bermasalah. Jadi nggak ada salahnya mempertimbangkan kandungan bahan-bahan dalam suatu produk karena nantinya akan berpengaruh juga pada hasil yang saya inginkan pada kulit. Apalagi sekarang kulit saya sering kering, jadi butuh produk perawatan wajah termasuk sabun cuci muka yang bisa melembapkan wajah.

Untungnya saat saya mengamati komposisi produk Silkyluz Bohemian Bar Soap ada kandungan coconut oil dan olive oil yang fungsinya sebagai pelembap alami. Kandungan coconut oil selain bisa melembapkan wajah juga dipercaya bisa memperbaiki tekstur kulit. Coconut oil kaya akan antioksidan dan vitamin E sehingga membuat minyak kelapa ini bekerja untuk menjaga pertahanan kulit sehingga tetap tidak mudah kering dan kulit terlihat awet muda. Sementara manfaat olive oil sendiri sudah nggak usah saya ragukan lagi, apalagi semenjak kulit wajah saya jadi kering, saya jadi sering menggunakan produk yang mengandung minyak zaitun untuk melembapkan kulit wajah. Selain menjaga kelembapan kulit, dengan adanya vitamin E, vitamin K, antioksidan dalam olive oil dapat menjaga kesehatan kulit dan membantu mengurangi kulit keriput.

Saya makin senang lagi ternyata Silkyluz Bohemian Bar Soap nggak hanya memanfaatkan coconut dan olive oil saja tapi juga goat's milk dan honey yang berfungsi membuat kulit wajah lembap dan terhidrasi sepanjang hari. Duh, pokoknya buat saya yang sering mengalami kulit kering jadi sangat tertarik sekaligus berharap kalau produk facial soap dari Avoskin ini bisa mengatasi masalah tersebut. Apalagi setelah mengamati pemilihan bahan-bahan yang digunakan.

Eh tapi, selain asam kojic, coconut oil dan olive oil, masih ada lagi kandungan bahan dalam Silkyluz Bohemian Bar Soap yang jadi perhatian saya. Avoskin juga memanfaatkan ekstrak bunga lavender dalam produk facial soap ini lho! Lekat dengan warna ungu dan efek relaksasi, lavender emang sering banget dimanfaatkan sebagai produk kecantikan. Nggak salah sih memang, apalagi lavender ini mengandung vitamin A, D, E, yang dapat merawat kulit agar tetap sehat.

Silkyluz Bohemian Bar Soap selain memanfaatkan bahan-bahan unggulan di atas juga memanfaatkan bahan-bahan lainnya. Saat saya periksa sih nggak ada bahan yang 'mencurigakan' atau membahayakan kesehatan kulit karena memang produk facial soap ini mengutamakan bahan-bahan alami yang tentu saja sudah diuji secara klinis.

CARA PAKAI

  1. Basahi wajah dan leher.
  2. Usapkan sabun ke telapak tangan dan basahi dengan air hingga berbusa.
  3. Aplikasikan ke seluruh wajah dengan pijatan ringan lalu bilas dengan air hingga bersih.
  4. Hindari kontak dengan mata.
Oya, sedikit tips dari saya buat teman-teman yang memakai sabun batangan untuk membersihkan wajah dan pengen tetap awet caranya adalah dengan memotong sabun sesuai kebutuhan saja. Bawa potongan yang akan digunakan saat mandi dan tinggalkan sisanya di tempat yang kering (tidak lembap). Dijamin deh sabun batangan akan lebih awet kalau disimpan dengan cara gini!

SHORT-REVIEW

Silkyluz Bohemian Bar Soap dari Avoskin ini sudah saya coba selama kurang lebih satu minggu. Karena belum lama saya coba, jadi saya belum bisa memastikan bagaimana efek sabun batangan ini di kulit wajah saya, apakah benar-benar cocok dan bermanfaat. Jadi review yang saya berikan kali ini berdasarkan pengalaman singkat saya yah!

Silkyluz Bohemian Bar Soap
Saya sudah memakai Silkyluz Bohemian Bar Soap selama hampir satu minggu.
Saat menggunakan Silkyluz Bohemian Bar Soap pertama kali, kesan pertama dan yang membuat saya bertanya-tanya adalah wanginya, berasal dari ekstrak lavender atau parfum ya? Mengingat di kemasan produk juga tertulis parfum sebagai komposisinya. Bagi saya pribadi yang seringkali sensitif dengan produk skincare terutama pembersih wajah yang mengandung parfum sih nggak masalah ya, masih bisa ditolerir wanginya. Tapi buat teman-teman yang sensitif, menurut saya produk facial soap ini wanginya nggak menyengat kok, wanginya cenderung seperti aroma yang memberikan efek relaksasi layaknya lagi di spa. Kebayang kan wanginya? 

Selain permasalahan wewangian, biasanya yang jadi perhatian saya kalau memakai sabun batangan adalah teksturnya. Meski Silkyluz Bohemian Bar Soap ini teksturnya padat, tapi setelah dipakai pertama kali bahkan sampai sekarang nggak jadi lunak bahkan lembek gitu kalau terkena air. Soalnya saya pernah tuh mencoba facial soap, eh baru pertama kali dipakai langsung lembek gitu. Beda sama Silkyluz ini yang tetap padat meski sudah saya pakai berkali-kali. Nah, karena teksurnya yang padat dan sangat terjaga bentuknya ini, saya harus telaten saat mengaplikasikan ke wajah sebagai sabun pembersih. Benar-benar harus perlahan dan dinikmati prosesnya sampai sabun ini berbusa. Semakin lama proses membersihkan wajah pakai sabun ini, nantinya akan berpengaruh pada hasilnya.

Iya beneran! Jadi saya coba membandingkan nih, kalau membersihkan wajah pakai Silkyluz Bohemian Bar Soap ini ala kadarnya sama kalau dinikmati secara perlahan sambil dipijat-pijat tuh beda rasanya. Setelah pakai facial soap ini sama-sama membuat wajah saya terasa lembap sih, mau bentar atau lama pakainya. Bedanya kalau saya mengaplikasikan sabun ini lebih lama, wajah terasa lebih lembut dan kenyal juga. Saya juga merasakan wajah jadi keset tapi nggak bikin kulit jadi makin kering. Padahal kulit saya kan lagi kering, jadi manfaat melembapkan kulit wajah saya rasakan setelah pakai Silkyluz Bohemian Bar Soap. Jadi, buat teman-teman yang memiliki kulit normal atau kondisi kulitnya lagi kering seperti saya, bisa coba pakai bar soap dari Avoskin ini deh!

Menurut saya, selain efek melembapkan wajah, Silkyluz Bohemian Bar Soap juga terbilang ampuh untuk membersihkan sisa makeup, debu dan kotoran yang menempel di wajah. Buktinya, setelah selesai cuci muka dan pakai toner menggunakan kapas, kapasnya tuh masih cukup bersih. Sementara untuk efek mencerahkan, masih belum terlihat di wajah saya karena memang belum lama saya memakai produk ini.

Sejauh ini Silkyluz Bohemian Bar Soap cocok di wajah saya yang kondisinya cenderung normal tapi terkadang kering di bagian T-zone. Kulit wajah saya nggak mengalami iritasi, gatal, atau malah bruntusan. Saya akan coba meneruskan pemakaian facial soap ini sampai habis, nanti saya update lagi hasilnya ya? Harapannya emang beneran cocok, sama halnya saat saya memakai facial wash dari Avoskin.

WHERE TO BUY

Buat teman-teman yang penasaran pengen membuktikan langsung facial soap dari Avoskin, Silkyluz The Bohemian Bar Soap ini beneran bisa melembapkan wajah atau nggak? Terus bisa membersihkan wajah dari debu dan kotoran atau nggak, mending langsung beli dan buktiin sendiri deh! Cus langsung meluncur ke website Avoskin yaitu avoskinbeauty.com atau teman-teman bisa juga membeli produk ini di Avo Store di seluruh Indonesia yang merupakan reseller resmi Avoskin yaitu Shopee, Tokopedia, Lazada, Online Shop Avo Store di Instagram. Harganya berapa? Sangat sangat terjangkau kok, Silkyluz The Bohemian Bar Soap dibanderol Rp 39 ribu aja. Gimana, murah kan? Karena skincare berkualitas nggak harus mahal, apalagi kalau nggak cocok, sayang uangnya.

Jadi, selamat belanja dan tetap semangat membersihkan wajah ya, jangan males cuci muka lho!

Silkyluz Bohemian Bar Soap
Silkyluz The Bohemian Bar Soap from Avoskin.

Terima kasih sudah berkenan membaca dan semoga bermanfaat!



You Might Also Like

5 comments

  1. Wah kamu pakai ini juga ya.. hihi.. aku suka karena dia pakai olive dan susu kambing .. jadi pasti bagus ❤️

    BalasHapus
  2. Aku tuh gemes juga mba pakai sabun ini! selain warnanya lucu, sehabis cimuk wajah rasanya lembut banget dan wanginya enak!
    www.ardiatami.com

    BalasHapus
  3. Aku baru nyobain beberapa hari juga. nanti mau review juga. SO far suka sama wanginya dan efeknya yg ga bikin kulitku kering. Maklum, kulitku suka sensi sama sabun muka huhu

    BalasHapus
  4. sabun favorit aku nih bund

    Love,
    deniathly

    BalasHapus
  5. Aku kemaren lupa mau motong Mbaaak, malah udah tak pake utuh semua ahahahha

    BalasHapus

BRILIO.NET

LATEST VIDEOS

Perempuan Punya Karya