Review Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun Stick

18.00

Nggak terasa udah bulan Juni aja ya! Gimana, bulan ini masih betah #WorkFromHome #dirumahaja atau harus siap ngantor lagi menghadapi #NewNormal? Saya sendiri termasuk pekerja kantoran yang mau nggak mau harus siap menghadapi tatanan normal baru yang kabarnya memang santer dilaksanakan di beberapa daerah mulai bulan Juni. Meski nantinya tatanan baru ini membuat saya bisa kembali beraktivitas di luar rumah, tentu akan ada cara serta aturan-aturan baru ketika bekerja di kantor nanti. Apapun itu, harapan saya tujuannya tidak lain untuk saling menjaga karena kita tidak tahu kapan pandemi corona ini akan sirna.

Sambil menunggu keputusan perusahaan kapan harus mulai ngantor, saya sekarang lagi mempersiapkan segala kebutuhan yang harus dibawa ketika pergi ke luar rumah nanti. Mulai dari mengecek stok masker, membersihkan peralatan makan dan minum, mencuci alat ibadah, sampai menyiapkan stok hand sanitizer dan disinfectan spray, serta tak lupa tisu basah dan kering. Kecuali masker, kebutuhan lain sebenarnya sudah biasa saya bawa sehari-hari dan selalu ada di tas saya, sih. Setiap belanja bulanan saya juga selalu nyetok kebutuhan tersebut. Cuma entah kenapa sekarang terasa banget seperti kebutuhan pokok dan harus penuh perhitungan membelinya karena perlengkapan kebersihan diri bisa sangat menguras keuangan bulanan jika tidak diperhitungkan.

Selain kebutuhan di atas, saya juga akan memperhatikan benda-benda yang akan sering digunakan, salah satunya adalah skincare. Kenapa bukan makeup? Karena saya jarang sekali dandan saat ngantor. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini saya meminimalisir untuk menggunakan makeup. Ya sebenarnya nggak masalah sih kalau teman-teman tetap mau merias wajah, asalkan extra membersihkan seluruh aplikator makeup dan tetap dahulukan cuci tangan. Tapi kalau saya sendiri memang menghindari untuk alasan keamanan dan untuk alasan menghemat waktu (apalagi kalau harus ngantor jam tujuh pagi, mana sempat dandan dulu).

Ok, untuk makeup, skip ya! Paling nanti saya cuma mengandalkan pensil alis sama eyeliner aja sih biar wajah nggak terlihat pucat layaknya baru bangun tidur.

Nah, untuk skincare, produk yang sedang saya pakai kebanyakan memang harus diaplikasikan pakai jemari tangan. Tapi pemakaiannya pun saat masih berada di rumah dan selalu saya usahakan diaplikasikan dalam kondisi usai cuci tangan. Pokoknya nanti kalau udah ke luar rumah, menghindari bangetlah yang namanya skincare-an atau reapply. Tapi tapi untuk sunscreen gimana, kan harus rajin reapply tuh, apalagi kalau aktivitasnya di luar ruangan. Tenang, saya bakalan kasih rekomendasi produk sunscreen yang bisa jadi pilihan kamu yang nggak mau reapply pakai tangan, yaitu Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun Stick.

Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun Stick
Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun Stick.

Sun Stick dari Nature Republic ini udah lama jadi incaran saya tapi baru memutuskan untuk memilikinya sekitar akhir tahun 2019. Waktu itu kebetulan ada acara di luar kota dan rundown-nya sungguh padat, jadi saya pikir bakalan ribet kalau harus reapply sunscreen segala. Tapi kalau nggak disempatin pakai sunscreen kasihan juga kulit wajah ini. Apalagi ada beberapa acara yang dilaksanakan outdoor. Jadi saya putuskan untuk membeli sekaligus mencobanya untuk pertama kali.

Awalnya saya pikir Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun Stick ini nggak akan sering-sering terpakai. Karena saya terbilang jarang untuk bepergian ke luar kota, bahkan liburan. Apalagi sekarang ada virus corona, bisa-bisa baru tahun depan atau entah kapan bisa pergi jalan-jalan. Tapi selama enam bulan belakangan saya selalu coba untuk membawanya ke luar rumah, termasuk pergi ke kantor. Ternyata sun stick Nature Republic ini membantu banget! Benar-benar mempermudah 'ritual' reapply sunscreen sekaligus mempersingkat waktu. Semisal siang hari yang panas, saya ada meeting atau ada liputan mendadak juga nggak akan kelamaan touch up wajah, termasuk saat harus menunaikan kewajiban untuk pakai sunscreen.

Senangnya lagi, selama hampir dua bulan #dirumahaja, Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun Stick juga membantu dalam mempersingkat waktu pemakaian skincare. Apalagi minggu pertama di rumah, jangankan pakai skincare rutin, menyesuaikan dengan ritme pekerjaan sekaligus mengurus anak dan menyelesaikan pekerjaan rumah saja cukup menguras energi dan waktu. Malam harinya biasanya udah kecapekan bahkan sekadar untuk skincare-an. Tapi kalau pagi/siang hari saya terbilang rajin sih pakai skincare, apalagi sunscreen, wajib hukumnya. Ya meski seharian kerja di dalam rumah tapi ruang kerja saya ada jendela yang cukup besar sehingga memungkinkan cahaya matahari bisa masuk. So, sunscreen is important!

Ok, berikut review tipis-tipis Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun Stick secara singkat yah. Iya, jarang-jarang nih saya nulis review sesingkat ini, kan? Jadi, silakan disimak yah!

Packaging

Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun Stick
Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun Stick

Kemasan luar Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun Stick sama dengan kemasan produk skincare pada umumnya, menggunakan bahan kertas dengan detail informasi produk yang tercantum lengkap di bagian samping dan belakang kemasan. Sementara untuk kemasan produk utamanya terbuat dari bahan plastik Polypropylene (PP). Sekilas terlihat sederhana. Ukurannya juga nggak terlalu kecil tapi juga nggak terlalu besar, pas digenggaman tangan. Justru yang menarik perhatian saya pertama kali adalah warnanya. Orange, kesannya cerah tapi nggak norak untuk sebuah produk sunscreen. Padahal nggak ada kombinasi warna lain. Benar-benar full orange tapi tetap memainkan kombinasi warna orange yang cantik, bagian tutup warna orange-nya lebih gelap sementara kemasan utamanya menggunakan warna orange yang lebih terang.

Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun Stick
Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun Stick


Bentuk kemasan utamanya juga terbilang unik, kalau dilihat dari depan membentuk persegi panjang tapi kalau dibalik cekung di bagian tengahnya. Di bawah ada bagian yang sekilas mirip seperti tutup botol tapi ternyata itu adalah aplikator untuk mengeluarkan dan memasukkan isi produk. Dan begitu dibuka tutup botolnya ternyata masih ada tutup transparan berbahan plastik untuk melindungi isi produk.

Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun Stick

Formula

Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun Stick ini teksturnya padat dan ketika dipegang seperti lilin tapi saat diaplikasikan formulanya ringan di kulit. Saking ringannya, berasa kayak nggak lagi pakai sunscreen. Mau dipakai sampai beberapa layer pun sun stick ini nggak meninggalkan sensasi lengket. Senangnya lagi, saya nggak perlu takut wajah jadi kelihatan abu-abu karena warnanya transparan dan nggak ada whitecast. Soal aroma juga saya nggak ada masalah, malahan saya jatuh cinta pertama kali sama wanginya yang fresh khas aloe vera tapi tetap kalem. Kebayang nggak? 

Ingredients

Butylene Glycol Dicaprylate/Dicaprate, Polyethylene, Dimethicone, Octocrylene, Vinyl Dimethicone/Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Silica, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Tocopheryl Acetate (Vitamin E), Ozokerite, Aloe Ferox Leaf Extract, Carboxylic Acid, Ulmus Campestris (Elm) Extract, Thymus Vulgaris (Thyme) Flower/Leaf Extract, Alpha-Bisabolol, Lauryl PEG-9 Polydimethylsiloxyethyl Dimethicone, Dehydroacetic Acid, Sea Water, Water, Fragrance, Phenoxyethanol.

Klaim produk yang tertulis di kemasan menyatakan bahwa Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun Stick ini termasuk sunblock bukan sunscreen. Tapi kalau dilihat dari kandungan di atas ternyata nggak menyertakan kandungan titanium dan zinc maka produk ini termasuk chemical sunscreen. And, i love it! Karena saya pribadi memang lebih suka chemical sunscreen ketimbang physical sunscreen. Tambah love lagi, sun stick ini punya kandungan SPF 50+ PA++++ jadi nggak hanya melindungi kulit dari sinar UVA yang bisa mempercepat tanda-tanda penuaan, tapi juga bisa melindungi dari sinar UVB yang dapat menyebabkan sun burn. Soalnya kan ada tuh sunscreen yang nggak punya kandungan yang bisa menangkal sinar UVA.

Penggunaan dan Efek Pemakaian

Chemical sunscreen bekerja dengan cara memfilter dan menyerap sinar UV lalu mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit. Beda dengan physical sunscreen yang kerjanya menghalau UVA dan  UVB masuk ke dalam kulit dengan melakukan perlindungan di atas permukaan kulit. Perbedaan cara kerja inilah yang mempengaruhi sekaligus menentukan cara penggunaan Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun Stick yang mana termasuk chemical sunscreen. Sun stick ini biasanya saya aplikasikan 20 menit sebelum ke luar rumah, karena kandungannya membutuhkan waktu untuk menyerap ke dalam kulit.

Tapi tenang, cara penggunaannya sangat mudah, kok! Karena sunscreen dari Nature Republic ini bentuknya stick jadi tinggal diputar aplikatornya dan digosok-gosok aja ke wajah. Selain itu saya juga senang mengaplikasikan sun stick ini di punggung tangan dan kaki karena sering jadi bagian paling sering terpapar sinar matahari selain area wajah. Sambil menunggu 20 menit, biasanya saya sambil mengenakan hijab kemudian mengecek peralatan dan kebutuhan yang harus dibawa ke kantor.

Setelah dipakai seharian, wajah saya nggak kelihatan berminyak, malahan terlihat ada efek dewy-nya. Tapi efek tersebut kelihatan usai 1-2 jam pemakaian, setelahnya menyesuaikan kondisi lingkungan.  Karena saya lebih sering berada di ruangan ber-AC jadi nggak terlihat keringatan banget tapi juga nggak kering kerontang. Reaksi kulit setelah mencoba sun stick selama enam bulan ini juga nggak pernah meninggalkan reaksi negatif di kulit wajah seperti gatal atau bahkan jerawat.

Oya, FYI, untuk pemakaian harian, saya jarang memakai sun stick ini sampai seharian penuh. Apalagi kalau harus berada di luar ruangan. Jadi biasanya sun stick Nature Republic ini saya pakai sebagai sunscreen cadangan untuk reapply saja. Untuk sunscreen utama saya tetap menggunakan yang teksturnya cream karena proteksinya lebih efektif dan bisa saya perkirakan jumlah pemakaiannya untuk seluruh wajah.

Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun Stick


Jadi, apakah kamu sudah punya sunscreen andalan untuk menghadapi #NewNormal nanti? Jangan lupa utamakan untuk tetap rajin cuci tangan pakai sabun, jaga jarak dengan orang lain, jangan jabat tangan apalagi peluk cium, dan tetap pakai masker ya!

Stay safe and sane!





You Might Also Like

0 comments

BRILIO.NET

LATEST VIDEOS

Perempuan Punya Karya