Review Puresse Elixir Serum, aman untuk ibu hamil dan menyusui

09.00

Puresse Pure Lumineux Elixir Serum

Hampir enam bulan lamanya saya tak lagi menyusui anak saya Arsa Bhiru dan sejak saat itulah saya makin semangat buat mencoba produk-produk skincare tanpa perlu khawatir ataupun ragu soal kandungannya. Tapi bukan berarti saya terus seenaknya membeli skincare dan nggak menyesuaikan dengan kebutuhan kulit ya. Apalagi jenis skincare seperti serum yang bisa dibilang lebih potent dan lebih cepat untuk mengatasi masalah kulit. Nggak mau dong kalau saya sampai salah pilih dan pada akhirnya hasilnya kurang maksimal. Jadi memang untuk pemakaian serum saya sangat selektif dan benar-benar memilih serum yang sesuai dengan permasalahan kulit.

Permasalahan kulit wajah saya sebenarnya cukup banyak tapi yang paling dominan memang tanda-tanda penuaan. Maklum udah kepala tiga nih, jadi produksi kolagen dalam kulit memang kian menurun sehingga menyebabkan beberapa masalah seperti kulit jadi semakin kering, serta munculnya kerutan. Selain itu yang jelas terlihat dari wajah saya adalah bintik-bintik cokelat akibat dampak kumulatif dari sinar matahari ditambah dengan pengaruh gaya hidup dan lingkungan saat masih muda. Tapi untungnya sejak pemakaian skincare routine, tanda-tanda penuaan tidak semakin parah atau setidaknya tersamarkan dan setiap kali timbul masalah di kulit (seperti jerawat) langsung bisa saya atasi dengan pemakaian skincare tertentu dan memang yang paling berjasa sejauh ini adalah serum.

Nah, untuk serumnya sendiri ada banyak produk yang sudah saya coba dari berbagai brand. Kebanyakan memang serum retinol karena manfaatnya yang dikenal ampuh untuk mengatasi tanda-tanda penuaan. Namun untuk mengimbangi penggunaan serum retinol, saya juga memakai serum yang lebih gentle dan  sifatnya lebih hydrating. Kombinasi ini saya lakukan supaya kulit saya nggak semakin kering dan mencegah iritasi, mengingat kinerja retinol itu terbilang powerful. Dan salah satu serum yang sedang saya pakai adalah Puresse Pure Lumineux Elixir Serum atau Puresse Elixir Serum.

Sebelum review lebih lengkap tentang serum ini, saya mau memperkenalkan Puresse Elixir Serum terlebih dahulu, nih. Karena memang serum ini terbilang masih baru di pasaran. Meski demikian, saya langsung yakin untuk mencoba produknya karena saat hamil tiga tahun lalu sudah pernah berkenalan dengan 'kakaknya' yakni Lavine Beaute. Yes, Puresse dan Lavine Beaute ini brand skincare yang punya hubungan kakak adik. Jadi Puresse Botanicals merupakan sister brand dari Lavine Beaute.

BACA JUGA: Lavine Beaute skincare aman untuk ibu hamil dan menyusui

Sama seperti Lavine Beaute, produk Puresse Botanicals juga aman dipakai oleh ibu hamil dan menyusui. Ya, meski sekarang saya sedang tidak hamil karena baru saja selesai menyusui, produk perawatan kulit yang bisa memberikan rasa aman ketika menjalani momen bahagia tersebut selalu menarik untuk dicoba. Terlebih bila bahan-bahannya natural dan tidak mengandung zat kimia berbahaya. Sudah pasti akan membahagiakan sekaligus memudahkan para ibu hamil dan menyusui, deh! Secara ya, saya ingat sekali saat hamil dulu tuh cukup susah untuk menemukan skincare yang aman dan efektif untuk diri sendiri tapi juga nggak berpotensi membahayakan janin. Jadi benar-benar harus mengamati satu per satu kandungan skincare dan juga konsultasi dokter ketika merasa ragu terhadap suatu produk perawatan kulit.

Ribet memang, tapi bagi saya menjaga kesehatan dan kecantikan kulit selama kehamilan atau menyusui tetap penting, selain menikmati momen menjadi seorang ibu tentu saja. Makanya, kalau sekarang ada brand sejenis Puresse Botanicals ini patut saya apresiasi karena bisa membantu seorang ibu untuk merawat kulit dan mendapatkan hasil yang diinginkan. Apalagi saat saya mengetahui kalau setiap produk Puresse ternyata dibuat dengan proses yang tak mudah, harus diteliti, dicoba, dan diuji formulanya hingga 1,5 tahun lamanya sampai akhirnya 'lahir' sebagai produk skincare. Jadi makin yakin dan merasa aman deh ketika akhirnya sekarang mencoba produknya!

Oke udah cukup ya kenalan singkatnya, sekarang lanjut review produk Puresse Botanicals ya, Pure Lumineux Elixir Serum yang sudah saya coba pakai selama bulan September lalu. Bumil dan busui, mari merapat ~

About Puresse Elixir Serum

Puresse Pure Lumineux Elixir Serum atau Puresse Elixir Serum merupakan serum wajah yang diformulasikan agar aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui. Dibuat dengan bahan-bahan alami yang aman dan berkualitas tinggi sehingga dapat memberikan hidrasi maksimal, meningkatkan kecerahan kulit, dan melawan tanda-tanda penuaan dini.

Pure Lumineux Elixir Serum

Packaging

Puresse Elixir Serum desainnya simple dan sekilas hampir sama dengan kemasan produk serum di pasaran. Untuk pemilihan warna juga nggak jauh berbeda, namun menurut saya perpaduan warna yang digunakan cukup menarik yakni cantaloupe dan white. Kalau dilihat dari sisi psikologis atau emosi manusia, arti kedua warna tersebut menurut saya memang sesuai dengan makna dari brand Puresse Botanicals. Warna cantaloupe merupakan 'turunan' dari warna oranye yang memberi kesan hangat dan bersemangat serta merupakan simbol dari optimisme dan kepercayaan diri. Sementara warna putih erat kaitannya dengan kesan bersih, suci, dan ringan.

Puresse Pure Lumineux Elixir Serum


Nah, kalau digabungkan, makna perpaduan warna pada kemasan Puresse Elixir Serum menurut saya menjadikan serum ini sebagai simbol bagi ibu hamil dan menyusui bahwa meski seorang wanita sedang menjalani momen yang penuh perjuangan tetap bisa tampil percaya diri dengan pemakaian produk perawatan kulit yang 'bersih' dari kandungan berbahaya dan ringan untuk diaplikasikan pada kulit. Sungguh cocoklogi sekali ya, tapi apapun itu brand Puresse pasti punya keinginan dan harapan terbaik untuk konsumen khususnya ibu hamil dan menyusui.

Oke, itu tadi soal pemilihan warna pada kemasan Puresse Elixir Serum ya. Sekarang lanjut soal kemasan utama produk yakni botol serum. Serum dari Puresse Botanicals ini terbuat dari bahan kaca yang kuat dan jauh dari kesan ringkih. Namun tetap mudah dan nyaman saat digenggam dan travel friendly. Sementara untuk aplikatornya menggunakan jenis pipet yang sangat memudahkan pengguna untuk mengambil isi produk. Aplikator jenis pipet ini juga mengurangi kontaminasi bakteri yang bisa saja terjadi kalau serum diambil langsung menggunakan tangan (meski jarang sih ada serum yang diambil pakai tangan).

Oya, untuk kemasan luarnya, Puresse Elixir Serum menggunakan packaging dari cetakan kertas yang sangat informatif. Di belakang kemasan, tecantum lengkap informasi penting seperti manfaat serum, cara pakai, ingredients, expired date, dan yang paling penting ada nomor registrasi BPOM  juga. Good job, Puresse!

Ingredients

Puresse Elixir Serum diformulasikan tanpa kandungan paraben, alcohol, sulfate, silicon, dan fragrance free. Selain itu, serum ini juga tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya sebagai berikut:
  • No Triclosan
  • No Formaldehyde
  • No Phenoxyethanol
  • No Hydroquinone
  • No AHA/BHA
  • No Salicylic Acid
  • No Essential Oils
Untuk kandungan lebih jelasnya bisa melihat ingredients list yang tercantum di bagian belakang kemasan luarnya yang memang sangat banyak namun dijabarkan secara jujur dan lengkap. Bahkan saya bisa memperoleh hasil pengujian laboratorium yang menunjukkan bahwa Puresse Elixir Serum terbuat dari bahan-bahan natural, bebas dari kandungan patogen serta bahan kimia berbahaya sehingga benar-benar aman dipakai ibu hamil dan menyusui. Selain itu serum dari Puresse Botanicals juga menggunakan bahan organic yang sudah mendapatkan sertifikasi ECO CERT dan tentu saja sertifikasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Puresse Pure Lumineux Elixir Serum


Nah, dari sekian banyak bahan-bahan natural yang diformulasikan sedemikian rupa, saya akan menjelaskan secara singkat empat kandungan aktif yang jadi primadona pada Puresse Elixir Serum yakni Niacinamide, Rice Bran, Polyglutamic Acid, dan Sodium Hyaluronate.

Pertama ada Niacinamide yang memang lagi happening sebagai kandungan skincare yang digemari banyak wanita karena ampuh mengatasi permasalahan kulit wajah seperti jerawat, warna kulit tidak merata, dan hiperpigmentasi. Jenis vitamin B3 ini juga punya manfaat kecantikan lainnya yakni mengatur produksi minyak alami wajah, melembapkan kulit, dan meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas wajah. Saya sendiri sudah satu tahun berkenalan dan mencoba memakai produk skincare dengan kandungan Niacinamide. Senangnya, saya ternyata cocok dengan Niacinamide dan hasilnya pada kulit wajah sudah terbukti. Makanya, setiap ada skincare dengan kandungan Niacinamide saya selalu antusias untuk mencobanya.

Berbeda dengan Niacinamide yang sudah berhasil bikin jatuh cinta dan terbukti keampuhannya, saya justru baru berkenalan dengan Rice Bran yang ternyata juga punya manfaat kecantikan. Saya sendiri awalnya tak menyangka kalau kulit ari padi (bekatul) ini juga bisa dijadikan kandungan dalam sebuah produk skincare. Padahal kalau saya baca dari berbagai sumber, Rice Bran ini seharusnya akan sangat bermanfaat bagi saya yang sudah memasuki usia kepala tiga ini karena dipercaya dapat meningkatkan elastisitas kulit wajah serta melawan tanda-tanda penuaan dini. Bahkan Rice Bran juga merupakan sumber antioksidan yang tinggi sehingga mampu menangkal radikasi bebas dengan optimal. Nggak hanya itu, bahkan si bekatul ini juga punya manfaat untuk mencerahkan wajah, lho!

Sama halnya dengan Rice Bran, Polyglutamic Acid (PGA) juga masih terdengar asing di telinga saya. Tapi setelah saya pelajari, kandungan ini cukup membuat saya takjub karena manfaatnya untuk kulit wajah. Ternyata Polyglutamic Acid tuh lagi banyak direkomendasikan oleh ahli kecantikan karena jadi kandungan paling ampuh untuk melembapkan kulit. Sejauh ini saya pikir kalau Hyaluronic Acid adalah 'bintangnya' untuk melembapkan kulit tapi ternyata Polyglutamic Acid nggak kalah manfaatnya. Bahkan Polyglutamic Acid kerjanya langsung memberikan stimulasi pada sel kulit sehingga bisa menghasilkan kelembapan alami dengan maksimal. Alhasil, Polyglutamic Acid bisa memberikan banyak manfaat untuk kulit seperti meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi garis-garis halus, pigmentasi, dan kerutan akibat penuaan dini. Wah sepertinya selain sama Hyaluronic Acid, saya bakalan jatuh cinta nih sama Polyglutamic Acid.

Last but not least, Sodium Hyaluronate. Nggak cukup dibuat takjub dengan si PGA. Saya juga terkesima dengan Sodium Hyaluronate karena ternyata bahan kimia ini punya manfaat yang sama dengan Hyaluronic Acid. Cuma memang yang lebih terkenal adalah Hyaluronic Acid, ya nggak? Sodium Hyaluronate sebenarnya bisa ditemukan secara alami pada tubuh namun seiring bertambahnya usia saya meyakini kalau kemampuan tubuh untuk memproduksinya nggak bisa maksimal seperti saat masih muda dulu. Makanya, butuh bantuan dari luar dengan penggunaan skincare dengan kandungan seperti Sodium Hyaluronate sehingga kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Tekstur dan Cara Penggunaan

Serum memiliki tekstur cairan yang lebih kental dibandingkan essence atau toner yang cenderung ringan dan lebih encer. Sama halnya dengan Puresse Elixir Serum juga memiliki tekstur kental berwarna bening. Namun saat diaplikasikan di kulit, terasa ringan dan cepat menyerap di kulit serta nggak ada efek lengket dan nggak meninggalkan residu sama sekali. Setelah beberapa menit usai di-layering dengan produk skincare lainnya, kulit terasa lembap dan terlihat plumpy.

Puresse Pure Lumineux Elixir Serum
Puresse Elixir Serum memiliki tekstur kental berwarna bening.

Untuk penggunaan Puresse Elixir Serum bisa untuk skincare routine pagi/siang hari ataupun malam hari, disesuaikan saja dengan kondisi kulit masing-masing. Jika kulit saya lagi normal-normal aja nggak ada masalah, biasanya saya memakai serum ini saat pagi hari saja. Tapi kalau saya merasa kulit lagi kering-keringnya, serum ini rutin saya aplikasikan pagi dan malam hari. Untuk pemilik kulit berminyak atau kombinasi cukup mengaplikasikan serum ini 1x saja, bisa pagi/malam hari.

Lantas bagaimana cara saya me-layering Puresse Pure Lumineux Elixir Serum dengan produk skincare lainnya? Selama sebulan pemakaian, begini cara layering Puresse Elixir Serum ala saya:

Toner (Exfoliating/Hydrating) - Puresse Elixir Serum - Moisturizer - Sunscreen

Cara penggunaan Puresse Elixir Serum di atas masih terbilang simple dan nggak saya layering dengan serum lainnya. Mengingat kebanyakan serum yang sedang saya pakai saat ini adalah serum retinol. Selain itu saya ingin melihat kinerja serum ini seperti apa hasilnya tanpa 'bantuan' produk serum lainnya. Tapi yang jelas cara ini sudah saya coba lakukan sebulan belakangan. Bulan selanjutnya saya akan mencoba me-layering Puresse Elixir Serum dengan hydrating serum atau produk skincare lainnya. Let's see!

Review: Satu Bulan Pemakaian

Hari ini, 2 Oktober 2020, tepat satu bulan pemakaian Puresse Elixir Serum. Yeay! Di kulit wajah saya, serum ini bekerja cukup ampuh meski belum semua manfaat bisa langsung terlihat. Maklum, namanya juga skincare, butuh waktu dan harus sabar dan rutin ya pemakaiannya. Namun untuk jangka waktu sebulan ini sudah ada kok hasilnya, yang paling terasa di kulit wajah adalah calon jerawat yang tak jadi meradang atau kalaupun sudah terlanjur jerawatan, akan cepat 'mengempes' atau matang. Niacinamide, thank you, i love you! Sepertinya ini memang hasil kinerjamu.

Selain masalah jerawat, manfaat lainnya yang saya rasakan adalah kelembapan kulit yang terjaga dengan baik. Apalagi beberapa saat usai pengaplikasian serum, kulit benar-benar terasa lembut dan plumpy. Menurut saya hasil ini berkat kinerja Polyglutamic Acid dibantu dengan kandungan Sodium Hyaluronate yang mana pada serum ini 'tugasnya' sebagai humectant yang bekerja dengan cara menarik kelembapan dari udara dan lingkungan sekitar dan menguncinya pada lapisan paling luar kulit. Alhasil, kulit akan terasa lebih kenyal, lembut, dan tentu saja lembap.

Menurut berbagai sumber yang saya baca sih, Sodium Hyaluronate ini juga bisa membantu menghilangkan jerawat dengan cara menyeimbangkan kembali kulit yang mungkin sedang 'kekeringan' akibat penggunaan eksfoliator, facial wash, dan berbagai produk perawatan wajah lainnya. Jadi selain berkat Niacinamide, Sodium Hyaluronate juga membantu saya untuk mengatasi calon jerawat ataupun jerawat yang muncul di wajah.

Di luar hasil di atas, belum ada perbedaan yang signifikan mengingat saya juga baru sebulan memakai Puresse Elixir Serum. Jadi tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan pigmentasi belum bisa teratasi dengan waktu sesingkat ini dan hanya cukup mengandalkan satu produk serum saja. Makanya, penting untuk terus rutin memakainya dalam jangka waktu setidaknya satu bulan lagi karena biasanya untuk serum akan terlihat efek pemakaiannya setelah 6-8 minggu. Selain itu, penting juga untuk mengombinasikan skincare tertentu yang mana manfaatnya khusus untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Sama halnya untuk efek mencerahkan yang juga belum terlihat sepenuhnya namun it's okay, karena saya pribadi memang tidak mengejar keinginan tersebut, mengingat warna kulit saya sudah cukup cerah dan sedang tidak dalam kondisi kusam dan butuh dicerahkan. Meski demikian, tekstur kulit wajah memang jadi lebih merata dan lumayan lebih elastis daripada sebelumnya. Kondisi ini jadi penyemangat di tengah pandemi corona dan masih #dirumahaja tapi kulit wajah tetap sehat dan terlihat terawat. Jadi, saya yakin, perlahan, Puresse Elixir Serum memang 'berjodoh' dengan saya dan nantinya akan menunjukkan hasil yang memuaskan jika saya rutin mengaplikasikannya sampai habis.

Tunggu dua sampai tiga minggu lagi ya untuk update kondisi wajah saya seperti apa. Sekarang, saya mau pamer dulu nih before-after pemakaian Puresse Elixir Serum selama satu bulan.

Puresse Pure Lumineux Elixir Serum
Before after pemakaian Puresse Pure Lumineux Elixir Serum selama satu bulan.

Kesimpulan

Puresse Elixir Serum memberikan hasil yang nyata terlihat dan terasa di kulit wajah saya saat dipakai secara rutin. Meski belum semua manfaat bisa terbukti tapi setidaknya selama satu bulan pemakaian tidak menimbulkan reaksi negatif pada kulit. Ini berarti empat star ingredients yang digunakan benar-benar diformulasikan dengan kandungan lainnya secara aman sehingga meminimalisir efek samping pemakaian. Bahkan untuk ibu hamil dan menyusui pun bisa mengaplikasikan serum ini tanpa perlu khawatir soal kandungannya.

Cara penggunaan Puresse Elixir Serum sebaiknya memang disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Meski serum ini tergolong ringan, saran saya sebaiknya tetap mengecek reaksinya di area wajah tertentu. Jika memang tidak terjadi masalah dan menimbulkan reaksi negatif, bisa langsung diaplikasikan pada kulit. Untuk cara penggunaan ataupun layering dengan produk skincare lainnya bisa dicoba sendiri tergantung keinginan dan kondisi masing-masing yang tentu saja bisa berbeda-beda setiap orangnya. Cara yang saya gunakan belum tentu cocok dan bisa diterapkan di kulit kamu. Yang terpenting adalah pakailah skincare dengan cara ternyaman yang bisa kulit wajah kamu terima.

Terima kasih sudah berkenan membaca, semoga review produk Puresse Pure Lumineux atau Puresse Elixir Serum ini bisa bermanfaat ya ~

Puresse Pure Lumineux Elixir Serum

Untuk info lengkap tentang Puresse Pure Lumineux Elixir Serum dan cara pembeliannya bisa follow Instagram @puressebotanicals




You Might Also Like

16 comments

  1. Ceilaaahhh, Kakak. Kian glowing memaaang. BTW aku baru tau produk ini, lho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah yah berkat pemakaian skincare routine. Iya mbak Puresse ini emang terbilang produk baru di pasaran ~

      Hapus
  2. Butuh perawatan ekstra kalo masuk usia kepala tiga. Jadi pengen nyobain serumnya biar tanda-tanda penuaan memudar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Demi tampak awet muda nantinya seperti Mbak Nadya Hutagalung hihihi cobain mbak siapa tahu cocok ~

      Hapus
  3. Produk andalanku juga serum. So far masalah di kulit wajahku banyak teratasi berkat rutin pakai serum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak secara serum tuh emang lebih potent kandungannya jadi lebih cepat mengatasi permasalahan kulit ~

      Hapus
  4. Wah mantap nih bisa buat bumil dan busui. Cakep mba hasilnya di kulit jadi glowing

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak lumayan kelihatan glowing padahal baru satu bulan pemakaian ~

      Hapus
  5. Langsung loncat ke ingredient dong. Penting banget untuk tahu kandungan dalam serum ini. Cocok atau gak di kulit.
    Ini keknya aku jadi berharap beli deh. Aku ada masalah belakangan dengan kulit wajah, lebih kusam dari biasanya. Ini skincare sepertinya perlu aku cermati lama-lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain sis siapa tahu cocok ditambah pemakaian produk skincare lainnya juga siapa tahu wajahmu terlihat lebih cerah nantinya ~

      Hapus
  6. wah ibu menyusui dan hamil makin senang ya, dengan banyaknya produk yang muncul khusus untuk mereka, jadi membuat perempuan hamil dan menyusui ini lebih tenang menggunakan produk, termasuk penggunaan serum ini yang sudah diklaim aman buat mereka, good job Puresse makin mengerti kebutuhan perempuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak sekarang makin banyak brand skincare yang merilis produk yang bumil dan busui friendly jadinya lebih enak milihnya dan yang penting nggak perlu khawatir sama kandungannya ~

      Hapus
  7. Before afternya keliatan banget kalo jadi lebih lembap Mbak. Biasanya aku menghindari serum semacam ini untuk penggunaan pagi hari karena meresapnya agak lama. Tapi kalo setelah tau bisa nyerap lebih cepat, kayanya cocok dipake pagi hari deh.

    BalasHapus
  8. Nyamannya kalau bumil tetep bisa me time pakai serum ya. Jadi tetep bisa merawat diri selagi hamil.

    BalasHapus
  9. Wah baru dengar merek ini Mbak. Oke juga ya ini buat bumil busui biar tetep glowing sehat.

    BalasHapus
  10. bumil sama busui nggak perlu worry lagi nih, karena formulasinya khusus, jadi aman yaa... mak mak bumil busui bisa tetep tampil glowing...

    BalasHapus

BRILIO.NET

LATEST VIDEOS

Perempuan Punya Karya