Wardah Shampoo Hairfall Treatment Review

16.00

Sejak kuliah, saya makin peduli dengan kondisi kesehatan rambut, jadi sebisa mungkin saya akan meluangkan waktu khusus untuk memanjakan diri setelah seminggu penuh beraktivitas. Mulai dari rutin menggunakan rangkaian produk perawatan rambut sampai nggak pernah absen untuk melakukan hair spa. Apalagi saya menggunakan hijab dan sekarang aktivitas saya semakin padat, tantangan masalah rambut tentunya semakin bertambah. Jadi, merawat kebersihan dan menjaga kesehatan rambut jadi ritual wajib yang nggak boleh terlewatkan.

Masalah rambut yang saya alami selama ini adalah kerontokan. Paling terasa kalau lagi sisiran, rambut yang rontok kelihatan banget dan kalau dikumpulin jumlahnya nggak sedikit. Ditambah lagi saya memiliki rambut yang panjang, terasa banget jumlah rambut yang rontok setiap kali keramas atau sisiran. Untungnya saya nggak perlu mencoba berbagai produk perawatan rambut seperti sampo, soalnya saya langsung cocok dengan sampo produksi dari salah satu klinik kecantikan estetika di Yogyakarta. Sejak itulah saya selalu menggunakan rangkaian produk perawatan rambut dari klinik tersebut dan nggak pernah berpaling selama bertahun-tahun semenjak masih kuliah.

Tapi nih, setahun kemarin saya mulai bosan dan pengen mencoba sampo dari berbagai brand lokal. Mulai deh saya mencoba rangkaian produk perawatan rambut dari berbagai merek yang dijual di pasaran. Nah, baru-baru ini saya tertarik untuk mencoba produk perawatan rambut dari Wardah. Melengkapi produk perawatan kulit, merek kosmetik halal ini memang belum lama merilis produk perawatan rambut yaitu empat varian sampo untuk mengatasi permasalahan rambut wanita Indonesia. Apa saja variannya?

Empat varian yang ditawarkan Wardah antara lain Wardah Shampoo Anti Dandruff, Wardah Shampoo Hairfall Treatment, Wardah Shampoo Daily Fresh dan Wardah Shampoo Nutri Shine. Keempat varian tersebut memiliki manfaat yang berbeda-beda untuk mengatasi permasalahan rambut setiap wanita yang berbeda pula. Varian sampo dari Wardah ini diformulasikan dengan paduan bahan-bahan alami dan teknologi scentlock fragrance untuk menjaga rambut agar tetap wangi seharian saat tertutup hijab maupun tidak serta mengatasi masalah rambut seperti rambut rontok dan ketombe. Buat lebih lengkap, berikut kandungan dari masing-masing sampo Wardah:

1. Anti Dandruff. Membantu mengurangi ketombe di kulit kepala serta menyegarkan kulit kepala dengan paduan bahan aktif alami Tea Tree Oil, Pepermint Extract, dan Double Zinc Active.
2. Hairfall Treatment. Membantu mengurangi rambut rontok dan patah dengan paduan bahan aktif alami Ginseng dan Rosemary Extract.
3. Daily Fresh. Membantu menyegarkan dan membuat rambut terasa lebih lembut dengan paduan bahan aktif alami Aloevera dan Seaweed Extract.
4. Nutri Shine. Membantu menutrisi rambut dan melindungi dari kerusakan sehingga tampak sehat dengan paduan bahan aktif alami Grapeseed Extract dan Argan Oil.

Wardah Shampoo
Empat varian Wardah Shampoo dengan manfaat yang berbeda-beda.
foto: Instagram/@wardahbeauty

Membaca kandungan keempat varian Wardah Shampoo dan manfaat yang ditawarkan, saya pun makin tertarik untuk mencobanya. Dan setelah saya sesuaikan dengan masalah rambut yang saya alami, saya akhirnya memilih untuk mencoba Wardah Shampoo Hairfall Treatment.

Sesuai dengan namanya, Wardah Shampoo Hairfall Treatment adalah produk sampo yang dapat mengatasi rambut rontok dan patah. Saya sendiri sudah mencobanya selama kurang lebih satu bulan ini dan terbukti memang jumlah rambut yang rontok dapat berkurang meskipun terkadang masih ada saja rambut yang rontok saat saya sedang keramas atau sisiran. Lantas bagaimana dengan iming-iming wangi seharian bahkan saat menggunakan hijab sekalipun? Well, sebelum menjawabnya, saya akan review Wardah Shampoo Hairfall Treatment secara singkat terlebih dahulu. Mulai dari first impression saya soal packaging sampai performance dari sampo tersebut. Cekidot yuk!

PACKAGING

Semua varian Wardah Shampoo memiliki packaging yang sama yakni kemasan botol plastik berukuran 170 ml dengan warna yang identik dengan Wardah yakni biru atau hijau tosca. Untuk varian Wardah Shampoo Hairfall Treatment warna kemasannya cenderung hijau tosca. First impression saya senang sih melihatnya, kelihatan fresh dan eye catching. Sementara itu untuk bagian tutup botol sampo ini menggunakan model flip top sehingga memudahkan pemakainya saat sedang menuangkan isi sampo serta melindungi isinya biar nggak gampang tumpah saat harus dibawa bepergian, misalnya.

Wardah Shampoo Hairfall Treatment
Wardah Shampoo Hairfall Treatment

Desain kemasan Wardah Shampoo ini menurut saya terbilang unik karena ukuran botol yang dibuat cukup tinggi, berbeda dengan desain sampo kebanyakan. Selain itu, untuk bagian tutupnya yang datar sangat memungkinkan botol sampo untuk dibalik saat isi sampo mulai habis. Buat yang lagi terburu-buru, tapi pengen keramas eh tapi isi sampo mulai habis, kalau pakai Wardah Shampoo lumayan membantu untuk menghemat waktu. Pasalnya, teman-teman nggak perlu menunggu lama saat isi sampo mengalir perlahan menuju bagian tutup botol.

COMPOSITION

Komposisi yang terkandung di dalam Wardah Shampoo Hairfall Treatment tercantum lengkap di bagian belakang botol sampo. Selain adanya inovasi scentlock fragrance yang bisa bikin rambut wangi tahan lama, komposisi bahan aktif alaminya juga nggak kalah penting. Apa aja tuh? Ginseng extract yang membantu mengurangi rambut rontok, Rosemary extract yang terkenal menutrisi kulit kepala serta Keratin yang bantu menjaga kekuatan batang rambut biar nggak mudah patah.

Wardah Shampoo Hairfall Treatment
Wardah Shampoo Hairfall Treatment menggunakan terobosan baru yakni paduan  bahan alami dan scentlock fragrance.

Membaca kandungan bahan alami tersebut saya sendiri sudah sangat familiar, mengingat sampo yang saya gunakan selama bertahun-tahun juga memiliki kandungan ekstrak ginseng. Tanaman asal Korea ini memang sangat terkenal untuk mengatasi rambut rontok dan mudah patah. Selain itu, saya juga pernah membaca kalau ginseng memiliki fungsi sebagai penguat akar rambut. Hal ini karena ginseng mengandung senyawa ginsenosida yang bermanfaat sebagai nutrisi ekstra agar akar rambut jadi semakin kuat.

Selain kandungan bahan-bahan alami yang jadi andalan produk sampo Wardah ini, saya juga mengamati kandungan lainnya, mengingat saya barusan lulus jadi ibu hamil dan sekarang aktif menyusui. Overall sih aman, hanya saja Wardah Shampoo ternyata menggunakan Sodium Lauryl Sulfate (SLS) dan Sodium Laureth Sulfate (SLES).

SLS dan SLES merupakan bahan kimia yang banyak digunakan untuk deterjen dan di berbagai produk kebersihan seperti shampoo. Bahan kimia tersebut berfungsi sebagai surfaktan yang menciptakan lebih banyak busa saat digunakan. SLS dianggap berbahaya karena ternyata bersifat skin irritant bagi kulit dan berpotensi menimbulkan ketidakseimbangan hormon bila terserap dan menumpuk di organ dalam tubuh.

Namun, meski Wardah Shampoo memiliki kandungan SLS dan SLES, tentu kadarnya rendah dan seharusnya sudah disesuaikan dengan standar yang diperbolehkan. Jadi nggak akan mengancam kesehatan pemakainya tapi justru memberi manfaat dengan adanya lebih banyak komposisi bahan-bahan alami yang terkandung di dalamnya. Ya nggak?

TEXTURE

Wardah Shampoo Hairfall Treatment memiliki tekstur gel atau cairan kental berwarna putih susu. Hanya saja menurut saya tekstur sampo Wardah ini terbilang lebih kental dan lebih pekat. Dengan tekstur demikian, ternyata saat digunakan terasa lebih lembut dan gampang dibusakan pada rambut. Tapi entah kenapa kalau disuruh memilih, saya lebih suka dengan tekstur sampo yang nggak terlalu kental tapi juga nggak terlalu cair. Kalau kamu gimana?

WHERE TO BUY

Semua varian Wardah Shampoo bisa dibeli di supermarket, toko kecantikan sampai platform belanja online. Saya yang tinggal di Yogyakarta sewaktu itu membeli sampo Wardah di toko kosmetik yang cukup terkenal, Mutiara. Soal harga, kisarannya mulai dari Rp 20 ribu - Rp 25 ribu, tergantung teman-teman beli dimana dan dapet diskon atau nggak. Tapi yang pasti dengan harga segitu cukup terjangkau sih menurut saya. Apalagi isi samponya lumayan banyak dan syukur kalau teman-teman cocok dan merasakan manfaat setelah menggunakan Wardah Shampoo.

OVERALL REVIEW

Overall, Wardah Shampoo Hairfall Treatment ini bisa mengatasi masalah rambut yang saya alami yakni rontok dan mudah patah. Selama hampir satu bulan pemakaian, saya merasakan jumlah rambut yang rontok saat keramas atau sisiran cukup berkurang. Meski nggak sepenuhnya menghilangkan kerontokan sih, tapi dengan waktu pemakaian yang singkat, manfaatnya cukup terasakan. Sementara soal iming-iming bisa bikin rambut wangi lebih tahan lama, saya memang merasakannya tapi ya wanginya biasa saja nggak sampai bertahan di pemakaian berikutnya.

Wardah Shampoo Hairfall Treatment
Marlina dan Wardah Shampoo Hairfall Treatment

Alasannya sih mungkin karena aktivitas saya yang cukup padat dan selalu menggunakan hijab selama lebih dari 8 jam dalam keadaan rambut diikat seharian sehingga wanginya terkalahkan oleh minyak dan keringat. Tapi menariknya rambut saya juga nggak gampang lepek atau bau meski nggak wangi beberapa hari setelah keramas. Selain itu yang bikin saya takjub dengan Wardah Shampoo Hairfall Treatment ini adalah setelah keramas saya merasa rambut jadi mengembang serasa habis selesai melakukan hair spa gitu. Saya jadi penasaran apakah sampo Wardah ini berjenis volumizing ya? Ada yang udah mencoba dan merasakan manfaat yang sama dengan saya? Cerita dong, di kolom komentar yah!


Thanks for reading and see you on my next beauty review!












You Might Also Like

4 comments

  1. Wah,wangi nya gak bertahan lama ya.sayang ya...tapi aku memang gak pernah cocok sama produk wardah entah kenapa :(

    www.dinalangkar.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, nggak bertahan lama, cuma sekitar 1x24 jam aja. Tapi terus nggak bikin rambut jadi bau dan lepek juga sih~

      Hapus
  2. Wardah anti hairfall ini susah banget nemunya di supermarket deket rumah :( Aku ngincer mau nyobain nggak kesampaian juga sampe akhirnya ganti merk hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaakkk dikomen blogger plus suhu flatlay favoritku <3

      Iya emang agak susah nyarinya dan kadang kalau ada di toko tapi nggak lengkap variannya. Ini aja belinya di toko kosmetik sekalian belanja hihihi

      Hapus

BRILIO.NET

LATEST VIDEOS

Perempuan Punya Karya