Review BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum, dengan Vegan Peptide sebagai Alternatif Retinol - Marlina

Review BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum, dengan Vegan Peptide sebagai Alternatif Retinol

18.00

Penggunaan serum antiaging wajib hukumnya dimasukkan ke dalam skincare routine. Lebih-lebih buat para wanita yang sudah memasuki usia kepala tiga, tentu serum yang bisa melawan tanda-tanda penuaan sudah jadi kebutuhan. Serum antiaging dengan vegan peptide sebagai alternatif retinol bisa dijadikan pilihan karena formulanya lebih gentle untuk kulit sensitif, bahkan aman untuk ibu hamil dan menyusui. Vegan peptide dapat digunakan siang dan malam hari untuk mengurangi kerutan dan garis halus serta memperhalus tekstur kulit.

Review BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum

Penuaan adalah bagian kehidupan yang alami dan tidak dapat dihindari. Namun, banyak dari kita yang ingin tetap terlihat awet muda, bukan? Padahal, seiring bertambahnya usia, kulit kita mulai kehilangan kilau alaminya, alhasil kulit menjadi kusam, keriput, dan kendor. Seiring dengan pola makan sehat dan minimal paparan sinar matahari, serum antiaging dapat berperan dalam memperlambat proses ini. Melalui penggunaan bahan aktif, beberapa serum antiaging dapat mengurangi kerutan dan garis halus, memperhalus tekstur kulit, bahkan menjadikan kulit lebih cerah dan glowing.

Pemilihan bahan aktif yang sering digunakan dalam banyak produk serum antiaging adalah retinol. Namun, tak sedikit beauty enthusiast yang menghindari derivat vitamin A ini karena berisiko membuat iritasi pada kulit, kemerahan, kulit kering, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Padahal kerja retinol nggak main-main dalam mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit. Untungnya, banyak serum antiaging di pasaran yang kini diformulasikan dengan kandungan yang lebih gentle dibandingkan retinol.

Adalah peptide atau peptida, rantai asam amino pendek yang dapat menembus kulit dan memberi sinyal pada sel untuk melakukan fungsi tertentu. Jika digunakan dalam produk perawatan kulit, peptida dapat membantu merangsang produksi kolagen dan mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Peptide diyakini memiliki formulasi yang lebih ringan dan aman untuk kulit sensitif. Untuk itu, peptide dapat dijadikan sebagai alternatif retinol yang diharapkan bisa merangsang kulit untuk memproduksi kolagen, sehingga kulit menjadi lebih kencang dan awet muda.

Tapi nih, pertanyaannya, jenis peptide seperti apa yang kerjanya bisa disandingkan dengan retinol? Secara ya, peptida yang secara alami ada di dalam tubuh saja, ada banyak jenis yang semuanya memiliki sifat dan fungsi uniknya sendiri. Lantas penambahan peptide ke dalam skincare ini diperoleh dari mana?

Tubuh memang membuat kolagen secara alami. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan menurun yang bisa menyebabkan kulit berkeriput dan kusam. Sebenarnya, peptide dapat diperoleh secara alami melalui konsumsi makanan tertentu, terutama dari sumber protein nabati atau hewani. Misalnya, daging, telur, ikan, susu, kedelai. Namun, peptide juga bisa diperoleh dari sumber tumbuhan yang membuatnya menjadi alternatif yang lebih ramah lingkungan. Kandungan peptide dari sumber tumbuhan ini disebut dengan vegan peptide sebagai alternatif retinol.

Terbaru, saya mencoba serum antiaging dengan vegan peptide dari BASE, yakni BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum. Brand lokal ini berkomitmen untuk membuat produk perawatan yang aman, efektif, ramah lingkungan, dan terjangkau bagi semua. Komitmen inilah yang jadi salah satu alasan mengapa belakangan saya sedang senang-senangnya mencoba berbagai produk skincare dari BASE. Mulai dari sunscreen, exfoliating pads, dan sekarang serum antiaging. Before you reach for that bottle, here’s what to know!


BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum

Review BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum

BASE Rich Moisture and Youthful Firming Serum merupakan antiaging serum alternatif retinol yang efektif menangkal tanda-tanda penuaan dini. Diformulasikan dengan perpaduan bahan-bahan vegan yang premium yang sudah teruji klinis efektivitasnya, akan tetapi lembut untuk kulit sensitif. Konsep vegan skincare kini memang mulai banyak dilirik oleh brand-brand skincare lokal seperti BASE, dengan cara mengeliminasi penggunaan bahan yang diekstrak dari hewan. Sebagai penggantinya, skincare vegan menggunakan kandungan yang diekstrak dari tanaman.

Bahan vegan yang terkandung dalam BASE Rich Moisture and Youthful Firming Serum salah satunya adalah vegan peptide. Base vegan peptide diproduksi melalui fermentasi dan berasal dari ekstrak quinoa seed yang memiliki fungsi sebagai superfood yang teruji klinis sebagai bahan efektif untuk menjaga kualitas integritas kulit dan mengurangi garis halus, serta kerutan.

Serum antiaging dengan vegan peptide ini:
  • Dapat digunakan setiap hari. Ini karena vegan peptide tidak bersifat photosensitizing, artinya kandungan ini tidak membuat kulit menjadi lebih rentan dan sensitif terhadap sinar matahari, sehingga serum antiaging dengan vegan peptide dapat digunakan siang dan malam hari.
  • Memiliki formula yang lebih gentle dan lebih jarang menunjukkan reaksi yang merugikan pada kulit. Untuk itu, serum vegan ini aman digunakan untuk pemilik kulit sensitif, ibu hamil, dan menyusui
  • Bebas dari pewangi dan pewarna buatan. Ini penting mengingat pewarna buatan dapat menyebabkan iritasi, pori-pori tersumbat, peradangan, dan membuat kulit menjadi sensitif. Sementara wewangian juga bisa jadi penyebab utama dermatitis kontak menurut American Academy of Dermatology.

Design and Packaging

BASE Rich Moisture and Youthful Firming Serum desainnya sungguh unik, lain daripada serum antiaging lainnya di pasaran. Biasanya, serum antiaging dikemas dalam botol pipet kaca, sementara serum vegan ini dikemas dalam botol plastik dengan model tutupnya yang di luar nalar. Saat mencoba untuk membukanya, saya sampai takjub dengan desainnya yang kreatif tapi tetap user friendly. Jadi, kita harus memutar bagian tutupnya terlebih dahulu agar part untuk mengeluarkan isi serumnya naik ke atas dan terlihat jelas. Desain kemasan serum yang dibuat sedemikian rupa tentu tak lepas dari fungsi untuk melindungi dan menjaga kualitas isi produk.

Review BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum
Packaging luar Base Rich Moisture & Youthful Firming Serum menggunakan kemasan box skincare, sementara kemasan utamanya menggunakan botol plastik tutup ulir.

Tak hanya itu, desain dan kemasan BASE antiaging serum yang berani tampil beda ini juga sangat memudahkan penggunanya jika ingin membawa skincare bepergian. Jadi, pantas rasanya jika serum BASE ini disebut travel friendly. Pengguna nggak akan merasa ribet saat harus mengaplikasikan serum, yang biasanya harus ada momen mengambil serum dengan pipet. Di mana momen ini berpotensi terjadi kontaminasi bakteri bila tidak dilakukan secara hati-hati dan dalam kondisi bersih. Sementara BASE Rich Moisture and Youthful Firming Serum, cukup sekali putar, dan pencet!

Review BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum
Desain tutup kemasan Base Rich Moisture & Youthful Firming Serum harus diputar dan dipencet untuk mengeluarkan isi produknya.

Untuk pemilihan warna juga tak jauh berbeda dengan kemasan skincare BASE lainnya. BASE antiaging serum didesain menggunakan warna-warna cerah yang masih satu tone dengan identitas brand lokal ini. Secara umum, BASE Rich Moisture and Youthful Firming Serum menggunakan nuansa warna oranye yang menjadikan produk ini mencolok dan dapat menarik perhatian konsumen dengan mudah. Warna oranye memberikan kesan semangat dan melambangkan sikap percaya diri. Ini sejalan dengan harapan dan dukungan BASE agar pengguna serum antiaging berani berekspresi dan merasa percaya diri dengan kondisi kulit dan keunikan masing-masing, terlepas dari faktor usia.

Hero Ingredients BASE Rich Moisture and Youthful Firming Serum

Melihat ingredients list yang tercantum di bagian belakang kemasan luar BASE Rich Moisture and Youthful Firming Serum memang sangat banyak, namun dijabarkan secara lengkap. Nah, dari sekian banyak bahan-bahan yang diformulasikan sedemikian rupa ada tiga bahan yang jadi hero ingredients, yaitu Oat fermented extract, Electric Daisy dan Astaxanthin, dan Quinoa seed extract. Masing-masing bekerja saling melengkapi untuk mengurangi kerutan dan garis halus, menjaga kekencangan dan elastistitas kulit, mengurangi tekstur kasar, dan membuat kulit tampak lebih awet muda.

Now, let's dive deeper into the complete ingredients list:

Aqua, Caprylic/Capric Triglyceride, Propanediol, Glycerin, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Acmella Oleracea Extract, Chenopodium Quinoa Seed Extract, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, Olive Oil, Sorbitan isostearate, Polysorbate 60, Lactobacillus Ferment, Avena Sativa Kernel Extract, Maltodextrin, Oleoresin Extract of Microalgae Haematococcus Pluvialis, Potassium Sorbate, Gardenia Florida Fruit Extract, Sodium Hydroxide, Phenoxyethanol.

First thing first, saya mau mengulik ketiga hero ingredients yang terkandung dalam BASE Rich Moisture and Youthful Firming Serum. Dimulai dari Oat fermented extract, yang diyakini dapat menjaga rasio mikrobioma kulit agar tetap dalam raiso yang sehat untuk mencegah penuaan dini pada kulit. Menurut berbagai sumber, nutrisi yang ada pada oatmeal dapat memudarkan pigmentasi kulit yang disebabkan paparan sinar matahari. Namun, kinerja kandungan oatmeal tersebut tidak memengaruhi kondisi kulit dan kesehatan kulit sensitif sekalipun. Maka tak heran jika ekstrak oatmeal dimanfaatkan dalam banyak produk skincare antiaging.

Menurut Journal of Drugs in Dermatology, penggunaan oatmeal untuk wajah memang sudah lama dipercaya dan digunakan sebagai agen penenang untuk menghilangkan rasa gatal dan iritasi. Ini erat kaitannya dengan sifat antioksidan dan antiinflamasi yang terkandung di dalam oatmeal. Didukung dengan kemampuan oatmeal yang membantu kulit mempertahankan pH normal. Jadi, jika kulit sedang merasakan gatal atau bahkan mengalami iritasi, penggunaan skincare dengan kandungan ekstrak oatmeal atau sebagai masker wajah, bisa membantu menormalkan kembali pH kulit dan meredakan rasa gatal.

Lain halnya dengan pemilihan kandungan Electric Daisy dan Astaxanthin. Electric Daisy cukup asing saya dengar pemanfaatannya dalam produk skincare antiaging. Padahal, ekstrak dari spesies herba berbunga ini punya kandungan yang disebut Spilanthol, sebuah fatty acid yang mampu mengencangkan kerutan dan keriput secara alami. Menurut hasil uji in vivo, ekstrak Electric Daisy terbukti mampu memperhalus tekstur kulit sejak hari pertama pemakaian dan memudar setelah 14 hari pemakaian. Oya, distribusi asli spesies electric daisy ini tidak jelas, tapi kemungkinan besar berasal dari spesies Acmella Brasil. Sementara BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum mengklaim bahwa ekstrak Electric Daisy diambil dari Madagascar. Apakah masih satu spesies meski berbeda benua?

Tapi yang jelas, meski ekstrak Electric Daisy jauh-jauh diambil dari Madagascar, serum vegan dari BASE ini juga memanfaatkan bahan-bahan dari Indonesia. Adalah Astaxanthin, karotenoid alami yang ditemukan di banyak organisme laut sebagai agen antioksidan terbaik sekaligus terkuat. Kandungan antioksidan dalam Astaxanthin berperan sebagai fungsi proteksi dengan melindungi fibroblast dari paparan radikal bebas. Lapisan fibroblast ini berfungsi untuk mengatur struktur sel dan menjaga tekstur kulit tetap halus. Bahkan, saya pernah membaca penelitian yang menyebutkan bahwa gabungan dosis astaxanthin topikal dan oral dapat menghilangkan kerutan, mengurangi bintik-bintik penuaan, dan menjaga kelembapan kulit. Wow banget ya manfaat Astaxanthin, ini!

Last but not least, kandungan Quinoa seed extract yang bikin serum vegan dari BASE ini spesial. Quinoa seed extract memiliki kandungan Peptida, serum ini bekerja seperti botoks alami yang teruji dapat mengencangkan dan menghaluskan kulit. Peptida natural dari Quinoa seed bekerja dengan cara meregenerasi sel kulit baru dan memperbaiki struktur kulit, sehingga membantu mengurangi tampilan garis halus secara alami. Bahkan, ekstrak Quinoa Seed dapat mengurangi tekstur kasar dan lipatan kulit berdasarkan studi in vivo selama 28 hari (pada volunteer berusia 55 tahun).


Tekstur dan Cara Penggunaan

Review BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum

Serum wajah memiliki tekstur yang ringan dengan konsentrat yang dirancang untuk bisa menyerap cepat ke dalam kulit. Menurut berbagai sumber dan pengalaman menggunakan serum, biasanya, serum memiliki tekstur cair dan gel dengan kandungan bahan aktif yang tinggi. Menariknya, BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum memiliki tekstur unik, cair bukan, tapi gel juga bukan karena terasa ringan saat mengenai kulit. Menurut saya, tekstur serum vegan ini selayaknya pelembap dengan tekstur gel cream. Saat diaplikasikan ke wajah, sungguh ringan selayaknya sedang pakai pelembap, cepat menyerap, dan terasa sedikit efek hydrating.

Panduan penggunaan BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum secara detail adalah sebagai berikut:
  1. Pakai setelah toner atau serum lainnya
  2. Putar penutup botol ke arah kanan sampai kepala botol muncul
  3. Tekan kepala botol sebanyak 3-4x atau secukupnya
  4. Oles ke seluruh wajah dan hindari bagian mata
Untuk penggunaan, BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum direkomendasikan sebagai perawatan antiaging untuk usia 28 hingga 40 tahun. Namun, kamu bisa menggunakan BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum sejak usia 20-an sebagai bentuk preventif terhadap penuaan dini. Dijamin, kamu bakalan suka dengan serum vegan ini karena formulanya yang ringan tapi kaya manfaat. Feel pemakaian serum antiaging dengan vegan peptide ini terasa seperti sedang memakai daily moisturizer yang ringan, bukan serum antiaging.

Review BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum
Cara pemakaian Review BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum tercantum di kemasan box luar maupun kemasan botol serum.

Sementara untuk waktu pemakaian, BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum bisa digunakan pada pagi dan malam hari. Namun, saya lebih sering menggunakan serum vegan ini pada malam hari. Sejauh ini, saya juga mencoba untuk me-layering dengan produk skincare lainnya saat melakukan skincare routine. Selama hampir sebulan pemakaian, begini cara pemakaian serum antiaging dari BASE bersamaan dengan skincare lainnya ala saya:

PAGI HARI

Toner (Hydrating Toner) - BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum - Moisturizer - Sunscreen

 

MALAM HARI

Toner (Hydrating Toner) - BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum - Moisturizer

atau bisa juga

Toner - Essence - BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum - Moisturizer


Cara penggunaan BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum ini menyesuaikan mood dan keinginan saya ingin skincare-an seperti apa. Juga dengan kebutuhan dan skin goals yang ingin saya capai. Nah, kalau kamu punya 'aliran' yang berbeda dengan saya, nggak masalah, karena semuanya tergantung bagaimana kenyamanan dan kebutuhan kulit masing-masing. Asalkan nggak bikin iritasi, teruskan bestie!

Review BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum

Minggu keempat bulan September memasuki waktu satu bulan pemakaian BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum dalam night skincare routine. Di wajah saya dengan jenis kulit normal to dry, serum vegan ini work very well! Hasil pemakaian yang paling terlihat adalah tekstur kulit yang tetap halus dan terjaga kelembapannya. Ini tentu membut pemilik kulit kering akan termanjakan selama pemakaian dan perubahan cuaca yang terjadi belakangan.

Tekstur kulit yang halus ini jadi pertanda yang baik untuk perjalanan awal penggunaan serum antiaging dengan vegan peptide. Sembari mengamati efek kulit yang semakin kencang usai rutin pemakaian. Tapi setidaknya, peptida dari Quinoa seed extract sudah bekerja dengan baik di kulit wajah ini. Untuk kedua hero ingredients lainnya gimana? Pasangan Electric Daisy dan Astaxanthin yang bekerja mengurangi kerutan secara alami, dan prebiotik Oat fermented extract yang menyeimbangkan mikrobioma kulit untuk menjegah penuaaan dini, masih membutuhkan waktu untuk melihat hasil nyatanya.

Well, belum ada perbedaan signifikan yang terpampang nyata, mengingat saya juga baru sebulan pemakaian dan serum antiaging dengan vegan peptide nggak bisa bekerja secepat itu. Jadi ya belum bisa berharap tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan bintik-bintik penuaan di wajah langsung hilang seketika. Apalagi, saya pernah membaca jika sebagian besar produk skincare memerlukan waktu setidaknya enam minggu untuk memperlihatkan hasilnya. Enam minggu adalah waktu minimal, beberapa produk antiaging bisa memakan waktu lebih lama, sampai tiga bulan. So, let's see beberapa minggu lagi...

Efek samping yang paling umum dirasakan pengguna retinol adalah kulit kering dan iritasi. Beruntungnya, kandungan vegan peptide sebagai alternatif retinol yang digunakan dalam BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum tidak memicu terjadi iritasi di kulit. Malahan, kulit wajah terasa lembap setelah pemakaian. Kulit wajah juga tidak mengalami purging, yaitu iritasi berupa jerawat-jerawat kecil usai rutin memakai serum vegan ini. Rasanya serum antiaging dengan vegan peptide bisa dijadikan pilihan sekaligus pelarian buat kamu-kamu yang pengin mencoba retinol tapi nggak takut dengan efek samping pemakaian.

Terakhir, tapi yang paling penting dan selalu saya ingatkan adalah ibu hamil dan menyusui saya sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan jika ingin memakai serum antiaging dengan vegan peptide. Meski vegan peptide sebagai alternatif retinol dinilai lebih gentle dan jarang menunjukkan reaksi merugikan, jika bumil dan busui ragu, sebaik-baiknya jawaban adalah bertanya pada orang yang berkompeten. Karena memang prosedur keamanan kosmetik pada ibu hamil dan menyusui itu penuh ketidakpastian akibat keterbatasan penelitian. 

Harga BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum


Oya, spesial buat pembaca #MarlinaBlog yang pengin mencoba serum vegan peptide dari BASE, berikut kode voucher 15% yang bisa dipakai belanja di BASE Official Shop: ITSMISMAR

Kode Voucher Belanja Produk BASE

Voucher ini bisa digunakan untuk pembelian all produk BASE dengan
minimal pembelanjaan Rp 100 ribu aja! Jangan lupa juga untuk memasukkan kode voucher tersebut pada bagian "Voucher Toko", ya!

Terima kasih sudah berkenan membaca, semoga review BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum ini bermanfaat buat kamu yang sedang berjuang melawan tanda-tanda penuaan. Fighting!



You Might Also Like

20 comments

  1. Wah, bikin kabita deh aku kalo lihat skincare kayak begini. Soalnya aku memang lagi butuh perawatan wajah yang bisa bikin kulit wajah moist dan firm. Lumayan pricey juga untuk ukuran 30 mL. Tapi kalo manfaatnya bagus di wajah mah gak masalah sih ya. Kepengen nyobaaaa...

    BalasHapus
  2. Kalo secara preferensi, aku suka dengan skincare yang mengandung fragrance karena experience-nya jadi lebih menyenangkan aja saat diaplikasikan ke wajah. Tapi kalo emang ingredients-nya oke dan terbukti bisa menjaga kelembapan kulit, harus masuk wishlist sih!

    BalasHapus
  3. Wah penasaran lho, soalnya beberapa waktu lalu Base ini seliweran di Tiktok. Pengen nyoba tapi masih belum klik. Tapi reviewnya so far pada banyak yang cuco.apalagu ada kandungan vegan peptide sebagai alternatif retinol.

    BalasHapus
  4. Lucu dan cantik amat sih kemasan Base serum anti aging-nya. Kirain bukan semacam skincare hehehehe. Ada kandungan vegan peptide ya jadi tidak akan iritasi kulit kita. Wah, ada voucher 15% kalau beli di Base official shop yach? Ceki2 lebih lanjuut ah :)

    BalasHapus
  5. packaging BASE kece banget ya elegan banget dah ga nyangka klo itu produk lokal warna khasnya yang seger oren juga eye catching, kerennya pakai ingredients yang vegan pulak jd bisa banget jd altrenatif yang sensitif dengan yang fully chemist

    BalasHapus
  6. Aku pernah punya skincare yg aplikatornya kayak gitu. Mpe pusing seharian karena nggak tau cara ngeluarinnya, ternyata tinggal diputer doangπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ tapi emang jadi super higienis ya.

    BalasHapus
  7. Lucu ya desain packagingnya, warnanya matching, lucu, feminim banget. Belum pernah nyobain produknya tapi jadi pengen karna liat produknya yang lucu itu

    BalasHapus
  8. Aku tuh kalau lihat produk=produknya si Base ini gemas sekali karena packagingnya dia cakep dan memang lebih eye catchy ya mak. Nampaknya ini aku harus cobain deh serumnya, karena untuk antiaging dan vegan peptide ya.

    BalasHapus
  9. Packagingnya bagus ya BASE. Aku tertarik kandungannya yg untuk wajah supaya minim kerutan. Kayaknya aku butuh serum kayak gini ditambah belum pernah coba BASE

    BalasHapus
  10. Baru denger BASE Rich Moisture and Youthful Firming Serum. Nampaknya menarik nih. Kemasannya yang beda dari seru lainnya. Enggak pakai pipet. Belakang ini saya kepikiran, kenapa ya seru harus pakai popet, apa gak ada botol yang praktis gitu. Eh, ternyata ada nih.

    Kalau dibawa pergi asyuk juga nih, enggak akan ribet makainya.

    BalasHapus
  11. Aku dulu inget beberapa review skincare BASE rasanya satu-satunya skincare yang kaya ngeracik sendiri karena menyesuaikan kondisi dan kebutuhan kulit penggunanya. Sekarang, ada BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum yang bisa langsung cuss digunakan aman untuk atasi penuaan diri, kerutan dan efek aging lainnya. Mantap yaa.. karena jadi salah satu alternate selain retinol.

    BalasHapus
  12. Packagingnya cakep ya Base serum anti aging ini. Memang seiring berjalannya usia, perlu banget perawatan kulit yang lebih optimal. Asyik juga nih ada voucher dari Base Official Shop, kalau beli jadi lebih hemat dengan voucher ini.

    BalasHapus
  13. kulit kudu lembab , serum dan pelembab juga sunscreen itu dasar banget,skin barrier kulit harus tetap terjaga. dan mesti rutin juga agar hasilnya terlihat

    BalasHapus
  14. Sebenarnya saya baru tahu produk ini ya di artikel ini. Tapi pas udah selesai baca dan tahu ini bisa jadi semacam botoks alami, wah pengen juga mencobanya. Siapa tahu kalau udah teruji gitu, bisa mengencangkan dan menghaluskan kulit saya juga. Hehehe

    BalasHapus
  15. Baru tahu tentang peptide dan Vegan Peptide. Menarik nih. Saya paling seneng dengan skincare yang aman. Btw, setuju banget nih harus pakai perawatan untuk antiaging, apalagi saya yang udah lewat usia cantik hehe. Makasih reviewnya...

    BalasHapus
  16. akutuh salfok sama packagingnya bagus banget lho, oh ini serum anti aging yang cocok untuk semua jenis kulit ya terutama kulit sensitif

    BalasHapus
  17. Kemasannya lucu ya, dan warnanya juga cantik wadahnya. Aku butuh anti aging nih karena memang faktor usia yang sudah mengharuskan memakainya

    BalasHapus
  18. Sebagai orang yang butuh perawatan untuk mencegah penuaan dini, kayaknya penggunaan serum antiaging ini wajib hukumnya dimasukkan ke dalam skincare routine. Dan Base serum ini rekomended juga yaa..

    BalasHapus
  19. Tipe kulitnya sama kayak saya nih mbak, normal tapi di beberapa bagian kering. Pernah baca dan lihat brand ini ternyata jenis produknya udah banyak ya.

    BalasHapus
  20. Aku termasuk yang gak bisa pakai retinol. Kulit muka sensitif banget. Seneng banget baca artikel ini. Bahannya pakai vegan peptide yang aman buat kulit sensitif. Design package juga keren. Jadi pengen cobain.

    BalasHapus

BRILIO.NET

LATEST VIDEOS

Perempuan Punya Karya

Perempuan Punya Karya