Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water VS Garnier Micellar Oil Infused Cleansing Water Review

10.00

Jenis pembersih makeup micellar water emang lagi nge-hits di Indonesia. Setahun belakangan, banyak brand kosmetik yang berlomba-lomba menciptakan micellar water terbaiknya dan Indonesia jadi target pasar yang cukup menjanjikan. Nggak heran sih kalau para wanita Indonesia banyak yang menyukai micellar water karena memang pembersih wajah ini praktis digunakan dan bisa digunakan kapan pun dan dimana pun.

Selain itu, manfaat micellar water ternyata tak hanya sebatas sebagai produk pembersih wajah, tapi juga bisa berfungsi sebagai toner. Udah gitu kelebihan micellar water lainnya adalah bisa digunakan untuk semua jenis kulit, bahkan pemilik kulit wajah sensitif sekalipun dan sangat jarang menimbulkan reaksi alergi atau iritasi di kulit karena teksturnya yang memang mirip air. Duh lengkap banget ya manfaat micellar water? Hal inilah yang pada akhirnya membuat saya tertarik untuk mencoba micellar water.

Saking banyaknya micellar water yang beredar di pasaran, saya sampai bingung harus mencoba dari brand apa. Kebanyakan review micellar water dari berbagai brand yang diceritakan oleh para beauty blogger juga bagus-bagus. Makin bingung deh jadinya! Sampai pada akhirnya saya memilih untuk mencoba micellar water dari brand Wardah dan Garnier. Awalnya sebelum tertarik untuk memakai micellar water, saya selalu membersihkan makeup dengan olive oil, mengingat saat itu, tepatnya tahun lalu, saya sedang hamil. Jadi pemakaian kosmetik dan skincare benar-benar saya batasi dan saya lebih selektif ketika ingin mencoba suatu produk.

Wardah Micellar Water VS Garnier Micellar Oil
 Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water dan Garnier Micellar Oil Infused Cleansing Water jadi micellar water favorit saya akhir-akhir ini.

Awal-awal masa kehamilan sih masih betah ya memakai olive oil untuk first step cleansing, tapi lama-lama saya merasa bosan dan kurang mantep, jadi ya pengen beralih ke makeup cleanser seperti micellar water. Saya kemudian tertarik untuk mencoba Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water terlebih dahulu. Waktu itu kehamilan saya sudah memasuki usia 5-6 bulan dan memang bersamaan dengan micellar water dari Wardah dilaunching di pasaran. Kalau nggak salah sekitar bulan Oktober 2017. Nggak tau deh kenapa saya langsung memilih micellar water Wardah dari sekian banyak micellar water yang sudah beredar di pasaran saat itu. Padahal terkadang saya sudah set low expectation sama produk Wardah.

Tapi ternyata saya salah, Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water bikin saya jatuh cinta sama micellar water sekaligus sama brand Wardah sendiri. Setelah saya coba selama kurang lebih 4 bulan dan sampai sekarang, saya cukup terkesan dengan kemampuannya mengangkat sisa makeup di wajah. Ya meskipun nggak sekali usap lantas makeup di wajah hilang sempurna sih, tapi setidaknya 70% makeup dan debu yang menempel bisa dibersihkan. Lagipula nggak setiap hari juga saya memakai makeup yang tebal dan berat sih, kadang-kadang saja.

Biasanya untuk beraktivitas sehari-hari saya hanya memakai rangkaian skincare rutin kemudian untuk makeup cukup mengandalkan pensil alis, eyeliner dan lip cream. Nah, Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water ini sangat cocok digunakan untuk membersihkan look saya sehari-hari. Tapi kalau pun saya sedang memakai makeup tebal, saya pernah mencoba menggunakan micellar water ini dan hasilnya saya cukup puas dengan kemampuannya menghapus makeup di wajah. Tapi ya, tetap saja saya harus menggunakannya lebih dari 2 kapas supaya sisa makeup dan kotoran bisa terangkat sempurna. Baru deh dilanjutkan dengan step cleansing berikutnya.

Udah nyaman dan cocok menggunakan Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water selama beberapa bulan, saya kemudian tergoda nih sama micellar water dari Garnier. Alasannya simpel, micellar water dari Wardah yang saya punya kemasannya cukup riskan untuk tumpah saat dibawa bepergian. Padahal bentuknya udah simpel dan ukurannya kecil. Jadi saya harus mencari micellar water pengganti yang lebih aman dan ukurannya tetap travel friendly. Dan akhirnya saya mencoba untuk membeli Garnier Micellar Oil Infused Cleansing Water.

Sebenernya sih saya tertarik untuk mencoba Garnier Micellar Oil Infused Cleansing Water selain karena kemasannya juga biar mempersingkat skincare routine saya saat bepergian. Mengingat pembersih makeup dari Garnier ini sudah mengandung micellar water dan juga cleansing oil dalam satu kemasan. Jadi semisal lagi bepergian dan kebetulan memakai makeup waterproof, micellar water dari Garnier ini cukup bisa diandalkan.

Well, kalau ditanya micellar water favorit yang saya pakai akhir-akhir ini, jawabannya adalah Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water dan Garnier Micellar Oil Infused Cleansing Water. Micellar water dari kedua brand ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ya karena, fungsi dari kedua produk tersebut sebenarnya berbeda, micellar water dari Wardah cenderung untuk membersihkan makeup ringan, sementara Garnier Micellar Oil cenderung membersihkan makeup tebal dan waterproof. Jadi ya kalau mau dibandingkan kurang pas sih memang, produk Wardah water-based sementara produk Garnier oil-based, tapi kedua brand ini sama-sama saling bisa melengkapi.

Nah, lewat tulisan saya kali ini nggak fokus untuk membandingkan, karena seperti yang saya bilang, kedua produk ini based dan fungsinya berbeda. Saya akan lebih membahas tentang review Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water dan Garnier Micellar Oil Infused Cleansing Water berdasarkan pemakaian saya pribadi. Harapannya bisa memberikan rekomendasi sekaligus gambaran buat teman-teman yang suka memakai micellar water. Siapa tahu ada yang pengen nyobain tapi bingung pilih yang mana.

Ok, saya akan coba menjelaskan satu per satu yah, mulai dari packaging sampai soal harga dari kedua micellar water favorit saya, simak yuk!

1. PACKAGING

Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water
Kemasan Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water 100 ml dan 240 ml.
foto: Instagram/@wardahbeauty

Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water tersedia dalam dua kemasan, 100 ml dan 240 ml. Saya memutuskan untuk membeli kemasan 100 ml terlebih dahulu. Saat pertama kali membeli Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water kemasan 100 ml saya sudah terkesan dengan packagingnya yang slim, mini dan ringan. Bentuknya simpel berupa botol plastik bening yang didesain dengan warna Ocean Blue. Tapi nih, yang saya sayangkan adalah bagian tutupnya yang berbentuk flip top gampang banget terbuka. Jadi, seperti yang saya bilang di atas, riskan untuk tumpah saat dibawa bepergian. Padahal bentuk kemasannya udah travel friendly kan?

Berbeda ketika saya melihat kemasan Garnier Micellar Oil Infused Cleansing Water, packagingnya lebih lebar dan lebih besar ketimbang kemasan micellar water dari Wardah. Garnier Micellar Water tersedia dalam dua kemasan, 125 ml dan 400 ml dengan bentuk botol plastik bening yang didesain sama dengan produk Garnier Micellar Water lainnya. Bedanya hanya warna di bagian tutup botolnya saja yakni kuning. Meski bentuk kemasan micellar water dari Garnier lebih besar, saya menyukai desain tutupnya yang lebih mantep dan terlihat aman untuk melindungi isinya. Terbukti, saat saya bepergian dan membawa micellar water dari Garnier, nggak tumpah saat saya taruh di dalam makeup pouch.

Garnier Micellar Oil Infused Cleansing Water
Kemasan Garnier Micellar Oil Infused Cleansing Water 400 ml.
foto: Instagram/@garnierindonesia

2. COMPOSITION

Kalau dilihat dari formulanya, Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water cukup efektif untuk mengangkat sisa makeup, karena mengandung beberapa komposisi seperti Balancing Seaweed & Cucumber Extract, Multi Action Formula dan Bio Cleansing Active. Ekstrak rumput laut yang dikombinasikan dengan ekstrak mentimun dapat membantu mempertahankan dan menenangkan kondisi kulit normal. Selain itu, dengan perpaduan kedua ekstrak tersebut bermanfaat dalam meremajakan kulit, menghilangkan flek hitam atau bekas jerawat. Sementara dengan adanya formulasi khusus pada Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water, nggak hanya makeup dan debu serta kotoran yang bisa dibersihkan dari wajah tapi juga membantu melembabkan wajah sehingga nggak bikin kulit wajah jadi kering. Manfaat ini benar-benar saya rasakan, terutama saat hamil, karena kondisi kulit saya kala itu berubah jadi kering dan flek hitam makin nggak nyantai muncul di wajah selama kehamilan.

Selain dua kandungan utama tersebut, micellar water dari Wardah ini juga diformulasikan menggunakan bahan aktif dari olahan minyak zaitun sehingga dapat bekerja maksimal dalam membersihkan kulit dari sisa makeup dan kotoran yang menempel tanpa takut akan menyumbat pori-pori. Masih ada lagi nih yang bikin saya jatuh cinta dengan micellar water dari Wardah, yakni tidak adanya bahan-bahan seperti paraben, alkohol maupun fragrance. Jadi bagi saya yang saat itu tengah hamil dan kini sedang aktif menyusui, merasa aman saat menggunakan produk Wardah ini.

Garnier Micellar Oil Infused Cleansing Water
Garnier Micellar Oil Infused Cleansing Water.

Nah, kalau untuk Garnier Micellar Oil Infused Cleansing Water, sudah jelas ya ada kata 'Oil' jadi produk ini mengandung minyak (Argan Oil). Teknologi yang digunakan Garnier dengan menggabungkan Micellar dengan Argan Oil memungkinkan untuk mengangkat sisa makeup (terutama makeup waterproof) sementara minyak argan akan merawat dan menutrisi kulit wajah. Terbukti, saat saya memakai makeup tebal dan waterproof dapat dibersihkan dari wajah dengan maksimal setelah menggunakan  micellar oil dari Garnier.

3. FUNCTIONAL

Setelah menggunakan Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water dan Garnier Micellar Oil Infused Cleansing Water secara bergantian selama beberapa bulan, saya bisa bilang kalau kedua produk ini emang beneran bagus dan berfungsi sesuai komposisinya. Jadi, buat teman-teman yang ingin mencoba, tinggal disesuaikan saja dengan kondisi kulit dan kebutuhan untuk membersihkan makeup yang waterproof atau nggak.

Nah, buat yang terbiasa tampil dengan makeup yang simpel, micellar water dari Wardah cukup bisa diandalkan. Akan tetapi micellar water ini sayang sekali hanya bisa digunakan untuk membersihkan wajah saja. Nggak bisa buat membersihkan bagian mata dan bibir. Berbeda dengan micellar water dari Garnier yang bisa untuk menghapus dan membersihkan makeup di bagian wajah, mata dan bibir. Kalau pun teman-teman mau nekat menghapus makeup di bagian mata dan bibir pakai micellar water dari Wardah ya nggak masalah, cuma kalau saya merasakan sedikit rasa pahit sih. Ada yang merasakan pengalaman yang sama dengan saya?

Wardah Micellar Water VS Garnier Micellar Oil
Wardah Micellar Water lebih cocok digunakan untuk menghapus makeup ringan ketimbang Garnier Micellar Oil yang cenderung untuk membersihkan makeup tebal dan waterproof.

Selain perbedaan area wajah yang dibersihkan, kedua produk micellar water ini juga mempunyai perbedaan dalam kemampuannya menghapus makeup dan membersihkan wajah. Alasannya jelas karena micellar water dari Garnier dan Wardah mempunyai fungsi dan tujuan yang berbeda untuk membersihkan makeup.

Saat saya memakai makeup tebal dan waterproof, saya akan lebih memilih untuk menggunakan Garnier Micellar Oil Infused Cleansing Water ketimbang micellar water dari Wardah. Saya cuma butuh sekitar 2-3 kapas saja untuk membersihkan makeup di seluruh bagian wajah tanpa meninggalkan rasa perih dan pahit. Emang sih setelah membersihkan makeup pakai micellar water dari Garnier wajah akan terasa berminyak. Tapi nggak banyak sih sensasi minyak yang terasa, lagipula buat saya itu nggak masalah, karena setelahnya saya langsung cuci muka menggunakan facial wash.

Beda cerita kalau saya cuma pakai rangkaian produk skincare terus cuma makeup simpel seperti pensil alis, eyeliner sama lip cream, biasanya saya lebih memilih untuk membersihkan wajah pakai Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water. Kesannya seger gitu kalau pakai micellar water Wardah, wajah juga nggak berasa berminyak. Tapi setelah itu saya tetap lanjut step cleansing berikutnya.


4. PRICE

Senengnya,  Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water dan Garnier Micellar Oil Infused Cleansing Water dijual dengan harga yang sama-sama affordable. Dengan netto 100 ml, Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water dijual dengan harga Rp 20 ribuan. Sementara Garnier Micellar Oil Infused Cleansing Water netto 125 ml dijual dengan harga Rp 30 ribuan. Selisih harga kedua produk ini nggak banyak banget sih, tinggal teman-teman sesuaikan aja dengan kebutuhan.

Buat yang pengen mencoba pakai micellar water dan jarang dandan cetar, bisa coba pakai Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water dulu. Isi kemasannya nggak begitu banyak, jadi nggak sayang kalau semisalnya nggak cocok. Tapi kalau emang biasa pakai makeup tebal dan waterproof, saya rekomendasikan untuk mencoba Garnier Micellar Oil Infused Cleansing Water. Well, yang jelas kualitas kedua produk micellar water ini nggak saya ragukan untuk menghapus makeup dan membersihkan wajah.

Teman-teman ada yang udah nyobain Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water atau Garnier Micellar Oil Infused Cleansing Water? Gimana pengalaman kalian, lebih suka yang mana? Cerita dong!



You Might Also Like

12 comments

  1. aku udah coba yang garnier dan lagi cobain juga wardah, aku kok lebih suka wardah yang lebih ringan di kulitku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget, Wardah emang kesannya lebih ringan di kulit wajah~

      Hapus
  2. bagusan mana mbak kalo untuk make up tebel?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagusan yang Garnier kalau untuk makeup tebal dan waterproof, coba deh :)

      Hapus
  3. Aku belum coba keduanya, baru coba micellarnya Ovale & Nivea aja, Next time pengen coba garniernya ahh, penasaran

    Meta,
    www.ursula-meta.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus nyobain Garnier, hihihi. Ovale sama Nivea gimana? Bagus nggak? Banyak juga yang suka soalnya~

      Hapus
  4. Aku sudah pernah coba yang punya wardah dan syukurlah cocok. Sekarang ini lagi nyobain punyanya nivea sih. Next time mau nyoba garnier yang terbaru ini hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Micellar water Wardah emang banyak yang cocok, aku juga. Harus banget nyobain yang Garnier hehe

      Hapus
  5. Aduh salfok sama koleksi lip cream-mu! XD Jadi keinget pengen banget punya lip cream-nya Dear Me huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajib banget nyobaiin lip cream-nya Dear Me, apalagi kalau bibirnya kering kayak aku. Dijamin jatuh cinta~

      Hapus
  6. Aku suka micellar water dr wardah dari segi kemasannya. Bagus. Sleek. Travel friendly.

    BalasHapus
  7. aku gak berani nyoba yang lain, karna udah cocok di garnier micellar water oil nya ituu, cocok bgt bruntusan malah hilang

    BalasHapus

BRILIO.NET

LATEST VIDEOS

Perempuan Punya Karya