LIFE UPDATES

09.00


Tahun 2018 kemarin saya jarang posting blog. Sibuk? Nggak juga sih. Memang agak susah untuk meluangkan waktu saja. Padahal dulu udah semangat mau nulis buat blog seminggu setidaknya empat kali! Tapi begitu melahirkan langsung berubah semangatnya karena harus belajar jadi orangtua baru. Jangankan buat nulis blog, buat kerja dan ngurus anak aja saya merasa kurang 24 jam dalam sehari tuh.

Sekarang gimana? Saya nggak mau ngoyo sih. Nulis blog nggak mau ditarget lagi jadi biar bisa punya lebih banyak waktu buat bekerja dan yang terpenting bisa menemani anak belajar dan bermain nantinya.

Waktu saya sebenernya nggak begitu luang, weekend juga kadang masih masuk kerja. Kalau semisal weekend nggak ada kerjaan atau acara, biasanya saya lebih memilih untuk istirahat di rumah, pulang ke rumah mertua atau jalan-jalan ke mal. Tapi belakangan keinginan untuk ke mal harus saya kurangi karena sungguh boros!

Kalau lagi merasa stres atau butuh refreshing saya biasanya pergi jalan-jalan bersama teman-teman tapi seiring bertambahnya usia makin susah sekarang buat bertemu dan menyamakan jadwal dengan mereka. Mau ngajak suami juga susah karena dia nggak begitu suka jalan-jalan di tempat keramaian dan lebih memilih untuk istirahat di rumah atau sekarang main sama Arsa.

Yes saya juga terkadang merasa stres dan butuh me time dari rutinitas pekerjaan dan kesibukan mengurus keluarga. Setahun kemarin beneran jadi tahun yang penuh tantangan untuk saya lalui sebagai seorang ibu muda. Biasanya kalau dulu sebelum punya anak, pulang kerja bisa istirahat, sekarang udah nggak bisa lagi. Jam tidur juga berantakan, padahal di kantor saya harus mantengin komputer lebih dari 8 jam. Belum lagi kalau Arsa sakit setiap kali masuk daycare, mau nggak mau saya jadi kepikiran udah benar kah apa yang aku lakukan ini? Ditambah lagi kalau lagi ada deadline kerjaan atau blog, makin pusing kapan waktu buat ngerjainnya karena kalau udah di rumah bakalan nggak sempat!

UNTUNGNYA suami saya mau membantu pekerjaan saya. Dia bahkan rela nggak masuk kerja sampai berbulan-bulan demi menemani dan merawat anak di rumah. Dia juga telaten jadi ayah menyusui dan senang masak MPASI setelah semangat saya buat masakin anak berkurang. Suami saya juga dengan senang hati makan makanan seadanya atau saya masakin sesekali saja. Ya meskipun untuk urusan masak harus saya benahi sih tahun ini. Harus lebih rajin! Mengingat sang suami pernah hampir kena tipes karena lebih sering jajan dan pola makannya nggak teratur sehingga membuat saya merasa bersalah.

Soal kehidupan rumah tangga, kami sebenernya pengen liburan juga setiap tahun. Tapi pengen doang dan keinginan itu sirna semenjak punya anak karena nggak mau keluar uang banyak!

Jadi sebenernya tahun ini saya maunya lebih rajin nabung buat dana darurat dan yang paling penting dana pendidikan. Ya meskipun dianggap telat karena baru mikirin sekarang tapi saya harus bisa menyisihkan uang untuk biaya pendidikan anak. Saya makin tersadar akan pentingnya menyiapkan biaya sekolah semenjak menitipkan anak ke daycare yang tentu saja membutuhkan uang bukan? Kadang saya masih kelimpungan saat waktunya bayar daycare yang setiap bulan bertambah nominalnya. Apakabar besok kalau Arsa udah SD? Butuh berapa rupiah? Tentu sangat banyak!

Saya pengennya ketika anak masuk Sekolah Dasar nanti, target biaya pendidikan udah terpenuhi. Nggak kelimpungan lagi! Tinggil milih aja sekolah mana yang sekiranya terbaik. Udah nggak mikirin soal uang gitu lah.

Jadi ya nggak bisa mikir liburan deh kita!

NABUNG!


via GIPHY

Lantas kalau tahun ini baru mau nabung bagaimana tahun lalu? Apa nggak bisa nabung?

BISA! Cuma nggak bisa rutin karena kok ya tiap bulan ada aja kebutuhannya. Kebutuhan lho ya bukan keinginan!

Apa saya jadi hidup sangat miskin dan irit?

NGGAK SAMA SEKALI.

Jadi sesekali saya masih suka belanja. Suami juga. Kalau lagi pengen makan enak ya pas sambil jalan-jalan ke mal. Sisanya? Untuk biaya sekolah Arsa dan keperluan dia sehari-hari. Saya dan suami ntar dulu kalau ada sisa, sisa uang.

Itu soal kehidupan berkeluarga dan punya anak.


Soal pekerjaan saya sehari-hari sebagai editor media online bagaimana? Alhamdulillah nggak pernah ada masalah. Gitu-gitu aja. Duduk, ngedit, ngetik. Tahun ini genap empat tahun saya bekerja sebagai 'buruh ketik'. Harapannya tahun ini ada tantangan baru atau paling nggak bisa lebih banyak liputan ke luar negeri. Mengingat saya juga udah mulai bosen duduk terus seharian. Lagipula tahun ini Arsa juga udah mulai enak buat ditinggal kerja berhari-hari.

Nah, kalau soal nulis blog seperti yang saya bilang tadi, nggak mau ngoyo! Kalau lagi pengen nulis ya nulis, kalau lagi ada kerja sama ya dikerjakan seoptimal mungkin. Kalau lagi capek dan males, yaudah saya gunakan untuk ngurus anak dan nonton film atau drama Korea. Biar tetep waras!

Udah sih gitu aja. Nothing special! Tapi harapan dan doanya tentu kehidupan di tahun ini bisa terus bermanfaat dan menyenangkan :)






You Might Also Like

1 comments

  1. saving is really saving our lives bgt sih <3 tetap semangat dan keep being you, stay happy and let's survive together


    // BEAUTY & TRAVEL BLOG by Ollyvia Laura : NEW POSTS EVERY WEEK //

    BalasHapus

BRILIO.NET

LATEST VIDEOS

Perempuan Punya Karya