Momen Penutupan LKS SMK 2019, Jateng Rebut Juara Umum

18.00


LKS SMK 2019

Halooo, akhirnya setelah kurang lebih selama satu bulan nggak ikutan acara bareng teman-teman blogger, Jumat (12/7) malam lalu, saya berkesempatan untuk datang ke acara penutupan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2019 di Sleman City Hall. Meski awalnya saya nggak mengerti tentang event ini tapi setelah saya browsing ternyata Lomba Kompetensi Siswa SMK ini merupakan lomba berskala nasional yang memang setiap tahunnya rutin diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tahun ini, Lomba Kompetensi Siswa SMK ke-27 diadakan di Kota Pelajar, Yogyakarta, sejak tanggal 7-13 Juli. Acara lomba diadakan di empat lokasi yang berbeda, yakni Jogja Expo Center (JEC), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), SMK N 6 Yogyakarta, dan Hotel Grand Dafam Rohan. Total ada 32 bidang perlombaan yang diselenggarakan yang namanya sangat tidak familiar bagi saya pribadi yang dulu anak SMA. Namun saat saya melihat video yang ditampilkan pada acara penutupan LKS SMK 2019, bidang lomba yang diikuti 759 siswa dari 34 provinsi di Tanah Air ini sungguh beragam dan menarik.


LKS SMK 2019
foto: Instagram/@dikdasmen_kemdikbud

Saya yang tadinya sempat ragu untuk datang ke event ini jadi semakin takjub melihat kompetensi dan kreativitas anak-anak SMK zaman now. Saya juga menyesal nih nggak sempat mengunjungi kegiatan pendukung lainnya yang diadakan dalam event LKS SMK 2019 kali ini. Padahal kegiatannya nggak kalah menarik, mulai dari workshop industri, job matching, gerakan literasi sekolah, pameran, dan fashion show. Apalagi setelah melihat keseruan teman-teman blogger saat datang meliput kegiatan tersebut, duh jadi makin menyesal nih kenalan lebih dalam sama 'bakat' anak-anak SMK. Tapi untungnya saya masih bisa merasakan momen penutupan LKS SMK 2019 yang benar-benar berlangsung meriah.

Beneran meriah? Iya! Dan jujur saya juga merasa terhibur sekaligus merasa terobati rasa kangennya saat liputan. Mengingat sudah lama sekali saya nggak pernah meliput suatu event sejak jadi editor di media online. Dulu zaman masih jadi reporter sih udah jadi 'makanan' sehari-hari. Well, pokoknya saya merasa senang bisa jadi bagian dari momen LKS SMK 2019 kali ini, ya meski hanya beberapa jam duduk bersama adek-adek SMK yang berprestasi. Semangat mereka jadi energi positif bagi saya pribadi!

Jadi, gimana sih meriahnya malam penutupan LKS SMK 2019 yang saya hadiri? Saya bakal cerita lewat deretan foto berikut ini yah!

1. Acara penutupan Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019 diselenggarakan di Kamala Grand Ballroom Lantai 3, Sleman City Hall. Begini suasana venue sebelum acara dimulai...


LKS SMK 2019
LKS SMK 2019


2. Sebelum acara dimulai, para peserta dan tamu undangan menyaksikan penampilan siswa-siswi SMK N 2 Kasihan, Bantul yang menyanyikan lagu-lagu pop dan internasional. Sumpah, suara mereka bagus-bagus banget! Berasa lagi nonton peserta Indonesian Idol secara live.


LKS SMK 2019


3. Para peserta LKS SMK 2019 beserta tamu undangan mulai masuk ke dalam venue. Para siswa SMK tampil mengenakan busana khas daerah masing-masing.


LKS SMK 2019


4. Tari Nyai Ahmad Dahlan yang diperagakan oleh 33 penari dari Duta Seni Pelajar DIY jadi suguhan pembuka acara penutupan LKS SMK 2019. Tarian ini menceritakan perjuangan Nyai Ahmad Dahlan yang turut merintis kelompok pengajian untuk memberi ilmu membaca, menulis, membatik, dan juga ilmu agama.


LKS SMK 2019


5. Direktur Pembinaan SMK, M. Bakrun menyampaikan bahwa kegiatan LKS 2019 disambut baik oleh masyarakat dan para pelaku industri yang memberikan dukungan, mulai dari SDM, peralatan, bahan, perlengkapan, dan hadiah tambahan. Pada tahun 2020 diharapkan setiap provinsi dapat mengikuti semua jenis perlombaan. Meski pada tahun ini, para peserta jumlahnya bertambah 30% dibanding tahun lalu untuk semua bidang lomba.


LKS SMK 2019


6. "Mumpung lagi di Sleman, Yogyakarta, sempatkan untuk mengunjungi objek-objek wisata di sini," ujar Bupati Sleman Sri Purnomo. Dalam sambutannya, Bupati Sleman memang lebih banyak mempromosikan potensi wisata dan pendidikan yang ada di Kabupaten Sleman. Ia juga memberi selamat kepada para pemenang dan berdoa agar semua peserta kembali ke daerah masing-masing dengan aman.


LKS SMK 2019


7. Sekda DIY, Ir. Gatot Saptadi, mewakili Gubernur DIY Sri Sultan HB X didaulat untuk menutup acara LKS SMK Tingkat Nasional ke-27. Gelaran seremonial kemudian dilanjutkan dengan pengumuman pemenang dari 32 lomba bidang lomba yang diselenggarakan. Masing-masing kategori lomba terdapat tiga pemenang, mulai juara tiga hingga juara satu.


LKS SMK 2019


8. Para pemenang lomba Marketing Online, Metrology, Motorcycle Repair an Maintenance, Tractor Engine Assembly. Empat bidang lomba ini merupakan kategori lomba yang baru diadakan tahun ini.

LKS SMK 2019


9. Fashion show karya peserta LKS SMK 2019 yang masuk nominasi 10 besar.


LKS SMK 2019


10. Jawa Tengah berhasil merebut juara umum LKS SMK 2019. Berdasarkan penilaian juri, kontingen Juara Tengah berhasil membawa pulang piala dari 19 keahlian yang dilombakan.


LKS SMK 2019


11. Meski tak sebanyak Jawa Tengah, para peserta LKS SMK 2019 dari Jawa Timur juga beberapa kali meraih gelar juara.


LKS SMK 2019


12. Berkenalan dengan Agung Rizqi Pratama, siswa SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro kelas XII berhasil meraih juara 3 dalam bidang lomba Motorcycle Repair and Maintenance.


LKS SMK 2019


13. Para peserta LKS SMK 2019 dari Sulawesi Utara. Potret ini saya persembahkan khusus untuk seorang siswa berprestasi asal Sulut yang dikabarkan meninggal dunia saat mengikuti Lomba Kompetensi Siswa SMK.


LKS SMK 2019


Gimana? Seru kan acara penutupan LKS SMK 2019 tahun ini? Selamat untuk Provinsi Jawa Tengah yang berhasil meraih juara umum! Buat para peserta Lomba Kompetensi Siswa SMK yang belum menang tahun ini, tetap semangat yaa! Tahun depan bisa ikutan lagi. Peserta asal Yogyakarta ayo-ayo jangan kalah semangat!

Oya, kemarin pas datang ke event ini, saya juga sempat nge-tweet di akun Twitter @aquamarlyn.

Teman-teman bisa cek kegiatan menarik lainnya yang bakal diadakan selanjutnya di akun Twitter Kemendikbud @DikdasmenDikbud atau akun Instagram-nya di @dikdasmen_kemdikbud

Terima kasih sudah berkenan membaca dan sampai jumpa di cerita event menarik lainnya~



You Might Also Like

0 comments

BRILIO.NET

LATEST VIDEOS

Perempuan Punya Karya