Review Avoskin Miraculous Retinol Toner dan Ampoule

18.00

Halo, teman-teman? Apakabar? Gimana, masih betah #dirumahaja? Oya, selamat dan tetap semangat menjalankan ibadah puasa ya meski Ramadan tahun ini suasananya jauh berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya karena mewabahnya corona (Covid-19).

Pandemi corona tak hanya mengubah rutinitas saya yang tadinya bekerja di kantor menjadi Working From Home (WFH), tapi juga mengubah kondisi keuangan keluarga. Bulan Maret kemarin saya tersadar ternyata biaya rumah tangga sungguh menguras keuangan seiring dengan kenaikan harga bahan makanan. Bisa dibilang bulan lalu saya sempat kewalahan mengatur pos-pos keuangan bulanan. Nah, untuk bulan Mei ini, alokasi untuk biaya hidup harian dan dana darurat saya utamakan dan sisanya saya alokasikan untuk kewajiban religi (zakat fitrah dan zakat mal) dan dana gaya hidup. Biasanya sih dana gaya hidup saya gunakan untuk membeli kebutuhan pribadi seperti skincare tapi sebulan belakangan lebih banyak saya pakai untuk membeli masker, hand wash dan hand sanitizer.

Avoskin Miraculous Retinol Series

Untung aja, awal tahun 2020 saya sudah belanja beberapa produk skincare karena kebetulan sudah banyak yang habis dan ingin mencoba produk terbaru. Jadi biasanya kalau udah belanja gini, minimal baru enam bulan lagi saya akan hunting skincare. Lagipula selama sebulan ini lebih banyak waktu #dirumahaja jadi saya nggak terlalu excited banget skincare-an. Tapi baru pertengahan minggu bekerja dari rumah karena Covid-19, kondisi kulit wajah mulai rewel. Padahal sebelumnya saya lagi sayang-sayangnya sama kulit wajah yang udah jarang bermasalah. Nggak mau semakin memburuk, saya mulai perlahan memperhatikan apa yang kulit wajah saya butuhkan, mencoba merawatnya secara rutin dan menggunakan skincare yang sesuai kebutuhan.

Alhamdulillah, rezeki tak terduga datang dari brand lokal kesayangan, Avoskin yang baru saja mengeluarkan rangkaian produk Avoskin Miraculous Retinol Series. Terdiri dari dua produk, Avoskin Miraculous Retinol Toner dan Avoskin Miraculous Retinol Ampoule. Saat mendengar nama retinol saya langsung antusias karena itu artinya Avoskin Miraculous Retinol Series ini merupakan produk anti-aging.

Belum lama juga sih saya kenalan sama retinol, karena memang 2-3 tahun belakangan sedang menikmati proses hamil-melahirkan-menyusui. Tapi sejak PDKT dan tahu manfaatnya, saya langsung mewajibkan retinol ada di antara produk skincare yang rutin saya gunakan. Apalagi usia saya sudah menginjak kepala tiga, tanda-tanda penuaan ingin saya 'lawan' supaya setidaknya wajah ini tetap awet muda di usia 50 tahun nanti. Sebut saja Yuni Shara atau Nadya Hutagalung, yang makin tua makin memesona. Skincare mereka apa aja ya? Hehe ~

BACA DULU: Retinol VS Menyusui

Saya penasaran sih dan saya berpikir pasti skincare mereka mahal dan saya jadi makin penasaran kalau emang benaran mahal, kulit wajah saya cocok nggak ya memakainya? Soalnya selama ini saya pakai produk skincare lokal macam Avoskin yang harganya cenderung terjangkau aja bisa cocok gimana kalau pakai skincare jutaan. Tapi soal skincare cocok-cocokan ya, cocok di mereka belum tentu di kulit wajah saya. Begitu juga sebaliknya. Ah sudahlah, kalau diterusin nanti bisa jadi postingan soal kehidupan selebriti.

Terus gimana review Avoskin Miraculous Retinol Toner dan Avoskin Miraculous Retinol Ampoule, cocok nggak, nih? Beneran bagus kayak produk-produk Avoskin lainnya nggak? Okay, ask and you shall receive. Saya akan breakdown kedua produk terbaru Avoskin ini, mulai dari kandungannya, tekstur, bagaimana cara pemakaiannya, sampai before-after kondisi kulit setelah satu bulan pemakaian. Simak terus, ya karena artikel ini bakalan panjang kali lebar...

Tentang Retinol

Sebelumnya, saya pernah bahas apa itu retinol. Singkatnya, retinol merupakan derivat atau turunan dari vitamin A yang kerjanya merangsang pergantian sel-sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Sel kulit yang mampu beregenerasi, nantinya bisa melawan tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus. Nggak heran kalau retinol sering ditemukan di beberapa produk anti-aging, termasuk Avoskin Miraculous Retinol Series ini.

Manfaat lainnya yang bisa dirasakan ketika rutin menggunakan skincare dengan kandungan retinol adalah:
  • Wajah jadi tampak lebih cerah, tekstur kulit jadi merata dan elastisitasnya terjaga
  • Pori-pori di wajah sirna, ya setidaknya mengecil, biar wajah terlihat mulus dan halus dan nggak bakal tuh jerawatan
  • Kalaupun jerawat udah terlanjur muncul, retinol akan membantu mengobati jerawat dengan cara mengurangi peradangan
  • Menyamarkan bahkan memudarkan noda hitam di wajah
Buat teman-teman yang usianya sudah kepala tiga seperti saya pasti tergiur kan setelah mengetahui manfaat retinol di atas? Saya sendiri menyesal kenapa nggak dari dulu kenalan sama si retinol, apalagi setelah tahu kalau retinol itu sebenarnya bisa dipakai mulai usia 20 tahun, lho!  Tapi daripada menyesali dan tidak memakainya sama sekali, yuk mari...

Tapi ketika memutuskan untuk memakai skincare dengan kandungan retinol, nggak bisa sembarangan juga penggunaanya. Misalnya saja nih, kalau lagi pakai retinol, ya jangan bersamaan dengan skincare dengan kandungan vitamin C, karena kedua bahan ini sama-sama memiliki zat aktif yang kerjanya berlawanan. Selain itu penting juga untuk memperhatikan retinol yang dipakai dalam suatu produk jenis dan kadarnya berapa persen. Untuk Avoskin Miraculous Retinol Series sendiri sih saat saya cek ternyata menggunakan retinol jenis Actosome Retinol.

Actosome Retinol diklaim sebagai jenis retinol yang lebih stabil. Efek samping (tingling, purging, iritasi) pemakaiannya 50% lebih rendah daripada retinol jenis lain tapi kinerjanya di kulit tetap ampuh. Saya sendiri baru menjumpai pada produk Avoskin sih penggunaan retinol jenis tersebut. Dan saya merasa perlu belajar dan bertanya lebih jauh mengenai Actosome Retinol kepada dokter kulit atau yang lebih berkompeten. Nanti ya saya share kalau ada kesempatan berkonsultasi dengan dokter kulit tentang retinol jenis ini.

Design and Packaging

Avoskin Miraculous Retinol Series

Avoskin Miraculous Retinol Series desainnya simple dan kalau dilihat sekilas memang nothing special, terutama buat yang mengutamakan kemasan produk skincare harus lekat dengan kesan lucu atau sekadar cantik untuk difoto. Untuk pemilihan warna juga nggak jauh berbeda dengan 'adiknya' Avoskin Miraculous Refining Series. Tapi ketika saya memegang dan mengamati langsung kemasan Avoskin Miraculous Retinol Series, rangkaian produk ini menurut saya lebih mengutamakan fungsi supaya user friendly. Misalnya saja untuk Avoskin Miraculous Retinol Toner, botolnya memang terbuat dari plastik sehingga terasa ringan dan enak gitu dipegang tapi tetap kuat dan nggak ada kesan ringkih. Mulut botolnya terbilang cukup kecil, jadi meminimalisir isi produk bakalan tumpah atau kebanyakan.

Kemasan Avoskin Miraculous Retinol Toner
Avoskin Miraculous Retinol Toner dikemas dalam botol plastik yang ringan dengan desain mulut botol yang memudahkan penggunanya.

Sedangkan untuk Avoskin Miraculous Retinol Ampoule dikemas dalam botol kaca berwarna merah gelap dengan aplikator pipet yang sangat memudahkan pengguna untuk mengambil isi produk. Aplikator jenis pipet ini juga mengurangi kontaminasi bakteri yang bisa saja terjadi kalau ampoule langsung diambil pakai tangan (meski jarang sih ampoule atau serum diambilnya pakai tangan). Ya meskipun kita sudah rajin cuci tangan, namanya mikroba pasti bakalan ada aja caranya supaya tetap hidup. Sementara pemilihan warna gelap pada kemasan ampoule ini bertujuan supaya isi produk nggak terpapar sinar matahari dan udara yang ditakutkan bakal mengurangi efektivitas bahan-bahan 'penting' di dalamnya.


Ingredients Avoskin Miraculous Retinol Series

Melihat list ingredients yang tercantum di bagian belakang kemasan luarnya memang sangat banyak namun dijabarkan secara jujur dan lengkap. Nah, dari sekian banyak bahan-bahan yang diformulasikan sedemikian rupa ada satu bahan yang jadi primadona pada Avoskin Miraculous  Retinol Series yaitu Actosome Retinol dengan kandungan 0,09% retinol aktif. Meski sama-sama 'menggandeng' retinol, Avoskin Miraculous Retinol Toner kandungan Actosome Retinol-nya lebih sedikit (hanya 1%) ketimbang Avoskin Miraculous Retinol Ampoule yang konsentrasi retinolnya sampai 3%. Tapi memang biasanya seperti itu sih, namanya ampoule kandungan bahan aktifnya lebih banyak dibanding skincare yang lain, bahkan dari serum, apalagi sama toner.

Now, let's dive deeper into the complete ingredients list:

Ingredients Avoskin Miraculous Retinol Series


Selain retinol, Avoskin Miraculous Retinol Series juga menggunakan bahan-bahan penunjang lainnya supaya manfaat anti-aging dari rangkaian produk ini bisa bekerja maksimal. Untuk Avoskin Miraculous Retinol Toner punya kandungan yang hits di kalangan produk skincare yaitu Niacinamide, lalu ada ekstrak Pomegranate dan ekstrak Oat Meal, Vitamin E, serta Peptide.

Niacinamide ini saya bilang hits karena semakin mudah dan semakin banyak produk skincare yang menambahkan jenis vitamin B ini menjadi bahan utamanya. Nggak heran sih karena memang Niacinamide ini punya banyak manfaat untuk kulit wajah dan banyak skincare enthusiast yang bilang betapa bagusnya efek Niacinamide. Selain dikenal punya kemampuan untuk mencerahkan kulit, Niacinamide juga bisa menjaga hidrasi kulit supaya tetap lembut dan plump, meningkatkan imunitas kulit (apalagi buat yang wajahnya sering terpapar sinar matahari). Dan yang paling menarik bagi saya, ternyata Niacinamide juga bisa mengatasi masalah hiperpigmentasi serta menyamarkan kerutan dan garis halus dengan cara meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas kulit. Ini baru satu lho, belum kandungan lainnya.

Sebut saja Peptide atau Peptida deh! Seingat saya waktu kuliah dulu, Peptida ini semacam asam amino yang kerjanya menghasilkan protein. Lantas apa hubugannya sama kulit? Jadi kalau di dalam tubuh kita nggak ada tuh kandungan protein, kulit bakalan susah untuk memproduksi kolagen. Alhasil elastisitas kulit pun menurun dan muncul deh kerutan! Mau? Kalau saya sih nggak ya, apalagi usia sudah kepala tiga, yang nantinya kolagen akan berkurang 1% setiap tahunnya. Jadi saya senang sekali kalau Avoskin Miraculous Retinol Series ini ada kandungan Peptida untuk mendukung keinginan saya tetap awet muda. Saya juga nggak perlu khawatir dengan kandungan ini karena menurut berbagai sumber relatif aman untuk kulit karena nggak bikin wajah jadi kemerahan atau sampai iritasi.

Nah, bagaimana dengan Avoskin Miraculous Retinol Ampoule? Selain 'menjual' kandungan retinol, ada bahan penting lainnya seperti yang ada pada toner-nya yakni Peptide. Ada juga kandungan Vitamin E, ekstrak Oat Meal, Pomegranate, dan Green Tea leaf yang bekerja saling melengkapi untuk dapat melindungi kulit wajah dari penuaan dini. Tapi nggak cuma manfat anti-aging aja, Pomegranate misalnya, punya kandungan asam ellagic-nya bisa mempertahankan kadar alami kelembapan kulit. Buat yang berjerawat juga bisa mendapatkan manfaat dari buah yang kaya akan antioksidan ini karena kandungannya juga dapat mengempeskan jerawat yang lagi muncul di wajah. Lengkap ya dan ternyata masing-masing kandungan Avoskin Miraculous Retinol Series ini nggak main-main fungsinya untuk kulit wajah. Sungguh kaya akan manfaat!

Oya, hampir lupa, Avoskin Miraculous Retinol Series ini bebas dari kandungan paraben, alkohol, sulfat, dan silikon ya! Selain itu rangkaian produk ini nggak memakai fragrance, jadi buat yang sensitif terhadap wewangian, bisa tenang dan menghayati saat mengaplikasikannya.

Tekstur dan Cara Penggunaan

Secara teori dan menurut berbagai sumber yang sering saya baca dan dengar yang namanya toner dan ampoule teksturnya nggak akan sama persis. Keduanya sama-sama cairan bening khas serum, hanya saja Avoskin Miraculous Retinol Toner teksturnya lebih encer meski sekilas kalau dilihat dari warnanya saya awalnya menduga bakalan kental. Ya mirip sama tekstur hydrating toner-nya Hada Labo Premium. Tapi menariknya saat diaplikasikan di kulit, cepat menyerap ke kulit, nggak lengket dan efeknya hydrating dan plus nggak ada sensasi tingling.

Avoskin Miraculous Retinol Ampoule
Aplikator Avoskin Miraculous Retinol Ampoule memudahkan untuk mengambil isi produk yang teksturnya mirip seperti lotion berwarna kuning bening.

Sementara Avoskin Miraculous Retinol Ampoule teksturnya mirip seperti lotion tapi lebih mild dan saat diaplikasikan terasa licin di kulit. Butuh beberapa waktu untuk bisa 'hilang' dari permukaan kulit tapi begitu menyerap enak banget rasanya melihat kondisi kulit. Lembap tapi juga kenyal. Selain itu juga nggak ada residunya sama sekali.

Penggunaan Avoskin Miraculous Retinol Series ini saya gunakan saat malam hari, mengingat adanya kandungan retinol yang akan sia-sia kalau digunakan pagi hari karena nggak bisa bekerja di kulit jika terpapar sinar matahari. Jadi, toner dan ampoule saya pakai di night skincare routine. Lantas bagaimana cara saya me-layering dengan produk skincare lainnya? Selama sebulan pemakaian, begini cara layering Avoskin Miraculous Retinol Series ala saya:

Avoskin Miraculous Retinol Toner - Hydrating Toner - Avoskin Miraculous Retinol Ampoule - Moisturizer/Night  Cream

atau bisa juga

Hydrating Toner - Avoskin Miraculous RetinolAvoskin Miraculous Retinol Ampoule - Moisturizer

dan kalau lagi pengin pakai acid/exfoliating toner

Exfoliating Toner - Hydrating Toner - Avoskin Miraculous Retinol Ampoule - Moisturizer

Cara penggunaan Avoskin Miraculous Retinol Series di atas menyesuaikan mood dan keinginan saya mau skincare-an seperti apa. Tapi yang jelas tiga cara tersebut sudah saya coba lakukan sebulan belakangan. Nah, kalau teman-teman punya 'aliran' yang berbeda dengan saya, nggak masalah, karena semuanya tergantung bagaimana nyamannya di kulitmu. Asalkan nggak bikin iritasi, teruskan!

Before-After #1MonthUsingRetinol

Tanggal 4 Mei kemarin, tepat satu bulan pemakaian Avoskin Miraculous Retinol Series ini dalam night skincare routine. Di wajah saya, Avoskin Miraculous Retinol Toner dan Ampoule ini work really well. Hasil yang paling kelihatan adalah jerawat yang sempat muncul cepat 'matang' dan mengempes. Meski bekas jerawat belum memudar sempurna, tapi kedua produk ini bekerja saling melengkapi bikin jerawat nggak makin meradang. Pomegranate, thank you, i love you!

Selain itu, pori-pori yang tadinya terpampang nyata jadi lebih kalem. Saya sendiri kaget sih kenapa sejak #dirumahaja jadi jerawatan dan pori-pori di wajah saya jadi nggak nyantai gini padahal selama ini nggak pernah jadi masalah. Penyebabnya, menurut saya sih karena produksi sebum yang berlebihan di wajah yang terjadi karena saya (mungkin lagi) stres dan sudah jelas karena faktor pertambahan usia karena memang sudah kepala tiga. Ya, semakin bertambahnya usia, kulit akan kehilangan elastisitasnya.

Di luar hasil di atas, belum ada perbedaan yang signifikan mengingat saya juga baru sebulan pemakaian dan retinol nggak bisa bekerja secepat itu. Jadi ya belum bisa berharap tanda-tanda penuaan dan noda hitam di wajah langsung hilang seketika. Apalagi noda hitam di wajah saya cukup banyak dan sempat berkonsultasi dengan dokter kulit kalau ada beberapa noda hitam di wajah yang harus dibantu dengan tindakan laser kalau mau benar-benar hilang. So, let's see beberapa bulan nanti apakah Avoskin Miraculous Retinol Toner dan Ampoule bisa membantu permasalahan noda-noda hitam ini...

Untuk efek mencerahkan, saya belum bisa melihat perbedaan yang berarti. Selain karena memang saya lagi #dirumahaja, saya juga merasa wajah kusam bukan masalah yang ingin saya atasi saat ini. Tapi yang pasti terasa, kulit wajah teksturnya jadi lebih merata dan lumayan lebih elastis daripada sebelumnya. Kondisi ini setidaknya jadi penyemangat saya meski #dirumahaja tapi kulit wajah bisa kelihatan terawat, nggak kusam-kusam banget, lah! Ketika dipegang pun, lembut dan kencang gitu. Jadi saya yakin, perlahan, Avoskin Miraculous Retinol Toner dan Ampoule akan menunjukkan hasil yang memuaskan jika saya rutin menggunakannya sampai habis.

Tunggu dua sampai tiga bulan lagi ya, harapannya saya bisa pamer kalau kondisi kulit jauh-jauh lebih baik, bebas masalah dan tentu saja terlihat awet muda. Aamiin! Namanya juga usaha, ya kan...

Before After Pemakaian Avoskin Miraculous Retinol Series

Kesimpulan

Avoskin Miraculous Retinol Series benar-benar memberikan hasil yang nyata terlihat dan terasa di kulit wajah saya saat dipakai secara rutin. Meski saya masih mencoba-coba cara layering yang paling nyaman di kulit wajah seperti apa, setidaknya urutan penggunaan yang saya sebutkan di atas tidak memicu terjadinya iritasi atau purging. Ini sesuai dengan klaim star ingredients yakni Actosome Retinol yang meminimalisir efek samping pemakaian namun performa kerjanya cukup menjanjikan bahkan terbilang ampuh untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat.

Meski retinol yang digunakan pada rangkaian produk Avoskin ini minim efek samping, tetap perlu berhati-hati dan selalu rajin menggunakan skincare pendukung lainnya seperti sunscreen. Karena, sekali lagi, retinol tak bisa bekerja sempurna jika pagi/siang hari wajah tak terlindungi sunscreen saat terpapar sinar matahari. Jadi untuk yang ingin menambahkan retinol dalam tahapan penggunaan skincare harus benar-benar siap untuk menaati 'peraturan' jika ingin merasakan manfaatnya. Masalah cara penggunaanya menyesuaikan kenyamanan dan kebutuhan kulit masing-masing saja karena kondisi kulit setiap orang tentu berbeda.

Last but not least, bagi ibu hamil dan menyusui saya sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan jika ingin memakai skincare dengan kandungan retinol. Meski saya punya pengalaman yang penuh keraguan saat berkenalan dengan retinol tapi sebaik-baiknya jawaban adalah dari orang yang berkompeten. Karena memang prosedur keamanan kosmetik pada ibu hamil dan menyusui itu penuh ketidakpastian akibat keterbatasan penelitian. Tapi jikalau memang ragu lebih baik ditunda dulu, karena persoalan janin bukan jerawat yang bisa kamu coba-coba sembuhkan dengan berbagai cara.

Terima kasih sudah berkenan membaca, semoga review produk Avoskin Miraculous Retinol Series ini bermanfaat ya...

Avoskin Miraculous Retinol Series


Untuk info lengkap tentang pembelian Avoskin Miraculous Retinol Series ini bisa follow Instagram @avoskinbeauty atau kunjungi website Avoskin.



You Might Also Like

12 comments

  1. Ternyata unyuk mendapatkan hasil maksimal, selain rutin memskainya, kita mesti teliti juga dengam prasyaratnyanya ya... Misal siang wajah gak boleh sembarangan terpapar matahari.... Eaalaah. Ternyata kekgitu. Klo gak baca ini, aku belum tahuuuuu. Hehehe...

    BalasHapus
  2. Aku juga butuh dana gaya hidup. Semakin ke sini semakin kering saja. Aku sama seperti kamu, kak. Kirain di rumah kulit bakal baik-baik saja enggak perlu skincare banyak banyak, tahunya ada masalah baru muncul. Menyedihkan.
    Untuk retinol ini, aku belum kenalan. Agaknya boleh juga di pdkt biar paham, siapa tahu emang cocok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku tadinya juga mikir gitu, #dirumah aja kondisi kulit bakalan baik-baik aja, tapi ternyata salah, lama-lama kayaknya ikutan stres kulit wajahku dan mulai rewel dan kalau nggak dirawat bisa nambah-nambahin masalah hihihi

      Hapus
  3. pertama kali suka sama produk ini adalah packagingnya lucu banget dari sis warnanya juga. karena biasanya aku beli barang liat warnanya hehehe, pricy juga sih harganya ya, kapan-kapan bisa coba niy biasanya aku suka cocok kalau sama produk lokal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini terbilang masih terjangkau sih mbak harganya, untuk produk retinol lainnya yang kebanyakan brand luar negeri harganya mahal bahkan bisa jutaan huhuhu ~

      Hapus
  4. Aku kemarin riset tentang skincare Mbak buat nulis. Ya baru paham ada tahapan skincare dari ckeansing, toner, mosturizer dll wkwkwk. Biasanya cuma cleansing facial wash aja. Ehm, jadi mulai aware nih. Tahun besok kepala 3. Thankiss infonya ya. Mantul lengkap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak semangat-semangat! Biar kepala lima nanti tetap terlihat awet muda dan kinyis-kinyis ~

      Hapus
  5. Kak aku tuh ga paham soal retinol sampe akhirnya aku baca tulisanmu. Ternyata retinol merupakan derivat atau turunan dari vitamin A yang kerjanya merangsang pergantian sel-sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen pantesan kulit bisa seglowing itu ya. Kalau kayak gini no make up pun pede karena kulit beneran sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah mengapa mbak lagi kenceng-kencengnya nyobain skincare berbahan retinol nih biar tetap sehat kulitnya hihihi

      Hapus
  6. Avoskin skrg baru happening ya, jadi pengen coba tonernya yg utk wajah berjerawat. aku kelamaan di dapur jadi minyaknya ke wajah semua nih.

    BalasHapus
  7. sudah pengen banget beli avoskin yg seri retinol tpi lagi hamil ini mbak..rencana kalau pas menyusui mau beli tpi masih ragu jg ttg penggunaan retinol tpi setelah baca artikel mbak seperti dapat pencerahan sya. makasihh ya mbak

    BalasHapus
  8. Kak pakai avoskin retinol boleh dipakai tiap hari ga ya?

    BalasHapus

BRILIO.NET

LATEST VIDEOS

Perempuan Punya Karya