Review Acid Toner Lokal, Avoskin Miraculous Refining Toner

21.00

Sebulan terakhir saya menambahkan penggunaan exfoliator atau acid toner dalam step skincare harian. Sebelumnya, lebih tepatnya 1-2 tahun terakhir, saya memang nggak pernah menggunakan acid toner. Produk skincare yang saya pakai rutin sehari-hari hanyalah basic skincare, terdiri dari cleansing, toning, moisturizing, dan protecting. Nah, untuk toning sendiri yang saya pakai adalah hydrating toner bukan acid toner.

Kenapa saya lebih memilih hydrating toner? Kalau teman-teman pernah baca tulisan blog saya sebelumnya pasti tahu kalau saat hamil kemarin, kondisi kulit saya yang biasanya normal dan jarang bermasalah berubah jadi kering dan terkadang muncul bruntusan. Meski awalnya cuek, tapi lama-kelamaan saya berpikir untuk mengatasinya karena kalau kulit wajah lagi kering-keringnya bisa sampai mengelupas gitu.

Menurut berbagai sumber yang saya baca sih, kalau kondisi kulit lagi bermasalah sebaiknya memang fokus menghidrasi kulit terlebih dahulu. Fungsi hydrating toner adalah memberikan hidrasi atau asupan air untuk kulit, jadi harapannya dengan saya rajin menggunakan produk hydrating toner kondisi kulit jadi lebih sehat dan lembap.

Dan ternyata benar! Selama hampir dua tahun pemakaian, kulit wajah saya jadi lebih lembap dan udah jarang banget kering parah sampai mengelupas. Nah, karena kondisi kulit saya sudah lebih baik, saya tertarik deh untuk mencoba sekaligus menambah step skincare dengan penggunaan produk acid toner.

Sebelum saya me-review produk acid toner yang saya coba, saya mau curhat dulu nih sebenernya waktu pertama harus milih acid toner, saya sempat bingung lho harus memilih AHA atau BHA toner, atau malah exfoliating toner dengan kandungan keduanya. Secara sekarang ini produk exfoliating toner di pasaran tuh banyak banget dan cara untuk membelinya juga makin mudah. Sampai akhirnya saya mencoba AHA/BHA toner dari Cosrx yakni AHA/BHA Clarifying Treatment Toner.

AHA (Alpha Hydroxy Acid) dikenal sebagai kandungan aktif dalam produk eksfoliasi andalan pemilik wajah kering dan kusam. Selain efektif untuk pengelupasan sel kulit mati, AHA juga terbukti bagus untuk bisa menjaga kelembapan kulit, memperbaiki tingkat kolagen, dan meningkatkan ketebalan kulit. Sementara BHA (Beta Hydroxy Acid) juaranya dalam mengatasi masalah jerawat, komedo, dan kulit berminyak. Jadi, meskipun kondisi kulit saya lagi kering, tapi kadang-kadang komedo dan jerawat muncul nggak nyantai. Makanya saya memilih acid toner dengan kandungan AHA dan BHA sekaligus.

Avoskin Miraculous Refining Toner
Avoskin Miraculous Refining Toner

Nah, belum ada sebulan pemakaian AHA/BHA toner dari Cosrx saya udah tertarik untuk mencoba acid toner dari brand lokal, Avoskin. Namanya, Avoskin Miraculous Refining Toner. Sebenarnya saya udah kepincut sama Avoskin Miraculous Refining Toner sejak akhir tahun lalu, tepatnya saat menghadiri ulang tahun Avoskin yang ke-4, jadi excited banget pas tahu kalau acid toner Avoskin  ini akhirnya available di pasaran. Baru menambahkan acid toner dari daftar belanja skincare bulan depan, senangnya saya malah mendapatkan kesempatan untuk mencoba produk terbaru Avoskin ini secara gratis. Yeay, alhamdulillah, terima kasih ya Avoskin!


So, gimana nih hasilnya setelah mencoba Avoskin Miraculous Refining Toner? Yuk kita review tipis-tipis berikut ini yah!

INGREDIENT

Kalau biasanya saat review suatu produk makeup atau skincare saya selalu membahas kemasan produknya terlebih dahulu, kali ini saya mau memulai dengan membahas kandungan pada Avoskin Miraculous Refining Toner. 

Avoskin Miraculous Refining Toner ini fragrance free, paraben free, alcohol free, sulfate free, silicon free, dan no animal testing. Sementara untuk ingridient, toner ini mengandung:

  • 5% AHA dalam bentuk Glycolic Acid
  • 1% BHA atau Salicylic Acid
  • 2% PHA atau Polyhydroxy Acid
  • 2% Niacinamide
  • 2% Tea Tree
  • Witch Hazel
  • Aloe Vera
  • Raspberry


Kalau mengamati kandungan Avoskin Miraculous Refining Toner di atas, yang membuat saya tertarik adalah adanya kandungan PHA. Sebelumnya saya sudah cukup familiar dengan kandungan AHA/BHA dalam produk eksfoliasi, berbeda dengan PHA yang jarang bahkan belum pernah saya dengar. Maklum, ilmu per-skincare-an saya masih dalam level belajar coba-coba. Menurut berbagai sumber yang saya baca sih menyebutkan kalau PHA ini merupakan salah satu kandungan exfoliator/acid yang dikenal lebih lembut di kulit, bila dibandingkan dengan AHA dan BHA.

PHA dikenal ampuh untuk mengangkat sel kulit mati, meningkatkan lapisan kulit yang rusak, dan meratakan warna kulit. Nggak hanya itu, PHA juga mempunyai pelembap jenis hummektan yang berfungsi menarik kelembapan jadi kulit bakalan tetap terhidrasi. Exfoliator ini juga memiliki anti-inflammatory dan antioxidant, makanya PHA selalu direkomendasikan untuk pemiliku kulit sensitif, acne prone dan juga kulit dehidrasi. Setelah mengetahui manfaat PHA tuh banyak banget untuk kulit, nggak heran kalau sekarang PHA dijadikan sebagai kandungan dalam berbagai produk skincare, seperti toner. Saya juga jadi makin penasaran dengan kandungan PHA ini di kulit wajah saya, ngefek nggak ya?

Selain PHA dalam Avoskin Miraculous Refining Toner, kandungan yang menjadi perhatian saya adalah BHA. Saya pernah nonton video atau baca blog siapa ya lupa, tapi intinya menjelaskan kalau AHA dan BHA akan optimal bekerja dalam konsentrasi tertentu. AHA bekerja secara optimal pada konsentrat antara 5%-10%, sementara BHA 1%-4%. Karena kadar AHA dan BHA dalam Avoskin Miraculous Refining Toner ini masih berada pada ambang batas jadi setahu saya aman untuk dipakai sehari-hari. Klaim produk ini setelah saya cek informasi penggunaan produknya juga menyebutkan aman untuk pemakaian harian.

Tapi menurut saya pribadi sih, meski Avoskin Miraculous Refining Toner diklaim aman untuk digunakan sebagai produk skincare harian, intensitas penggunaan produk ini tetap disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing yah! Karena skincare itu urusan yang sangat personal dan setiap orang punya masalah serta kebutuhan kulit yang berbeda, bukan?

Eh, tapi kalau buat ibu hamil dan menyusui gimana, masih aman nggak kadar BHA segitu?

Yes, sebenernya alasan saya memperhatikan kandungan BHA karena saat ini saya adalah seorang ibu menyusui. Berhubung saat ini saya masih berjuang menyusui Arsa sampai dua tahun, sempat ada kegalauan nih untuk mencoba acid toner dari Avoskin ini. Pasalnya BHA ini jadi salah satu bahan yang harus dihindari oleh ibu hamil dan menyusui. Di satu sisi, saya nggak pengen terlalu banyak menggunakan produk skincare tapi di sisi lain saya merasa kalau kulit saya butuh produk eksfoliasi.

Tapi setelah membaca berbagai artikel dan nonton video Female Daily, saya jadi makin berani untuk mencoba acid toner dengan kandungan BHA. 

TONTON VIDEO INI YUK: Skincare Ibu Hamil

"Persentase BHA kecil, di bawah 2%, masih aman digunakan untuk ibu hamil," kata Affi Assegaf dalam salah satu video di Female Daily.

Menurut skincare guru favorit saya, Affie Assegaf, penggunaan BHA dalam dosis tinggi atau semisalnya saat seseorang pergi ke klinik kecantikan yang melakukan treatment dengan kandungan BHA sebaiknya memang dihindari untuk ibu hamil, tapi kalau konsentrasinya kecil, masih di bawah 2% aman digunakan untuk ibu hamil. Jadi kalau kandungan BHA pada Avoskin Miraculous Refining Toner hanya 1% tentu nggak bikin khawatir ibu hamil dong!

Tapi kan saya sekarang lagi nggak hamil, tapi menyusui, masih aman juga nggak?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya rencananya mau konsultasi dengan dokter kandungan. Nanti bakalan saya update yah informasinya tapi yang jelas sampai saat ini saya masih menggunakan Avoskin Miraculous Refining Toner dengan anggapan bahwa kandungan BHA di dalam produk nggak masalah bagi ibu menyusui.

Selain kandungan BHA yang jadi perhatian, saya juga nggak melupakan kandungan lainnya dalam Avoskin Miraculous Refining Toner yaitu Niacinamide, Tea Tree, Witch Hazel, Aloe Vera, dan Raspberry. Kandungan tersebut nggak kalah juaranya dalam membantu memaksimalkan proses eksfoliasi kulit, mengatasi jerawat, dan menjaga kulit tetap lembap. Tapi benerkah efeknya kayak gitu di kulit saya? Saya bahas tuntas kok nanti, tapi setelah saya review ringkat kemasannya dulu ya...

PACKAGING

Ciri khas kemasan produk-produk Avoskin itu menurut saya desainnya simpel, nggak terkesan ringkih kalau dipegang tapi tetap kelihatan 'mahal'. Sebut saja kemasan si PHTE yang dikemas dalam botol kaca yang elegan. Nggak jauh beda sama kemasan Avoskin Miraculous Refining Toner. Kemasan exfoliating toner ini desainnya juga simpel nggak terlalu banyak gambar atau tulisan, tapi tetap mengutamakan detail mengenai informasi produk. Perpaduan warna kemasan antara merah dan ungu atau istilah kerennya burgundy semakin menambah kesan mewah pada produk ini. Great job Avoskin!

Avoskin Miraculous Refining Toner
Kemasan utama Avoskin Miraculous Refining Toner dalam bentuk botol plastik,
sementara kemasan luarnya yang berupa kardus sudah tidak layak difoto.

Sementara untuk material botolnya memang berbeda dari PHTE yang terbuat dari kaca, Avoskin Miraculous Refining Toner terbuat dari botol plastik yang tebal. Saat dipegang bakal terasa lebih enteng. Udah gitu ukuran botolnya pas di genggaman tangan, tutup botolnya juga rapat dan nggak gampang pecah. Jadi kalau mau dibawa traveling enak karena nggak makan tempat, ya meskipun saya jarang sih bawa acid toner gini. malas dan emang nggak mau ribet dengan per-skincare-an kalau lagi jalan-jalan tuh!

REVIEW HASIL PEMAKAIAN

Saya mulai mencoba Avoskin Miraculous Refining Toner sejak pertengahan bulan Januari lalu. Namun karena frekuensi pemakaian yang nggak teratur setiap minggu dan juga sempat stop memakai produk ini, jadi baru bisa sekarang saya review bagaimana hasilnya di kulit wajah saya setelah kurang lebih satu bulan pemakaian. 

Jujur, saya nggak mau buru-buru mengulas Avoskin Miraculous Refining Toner karena ini merupakan pengalaman pertama saya menggunakan produk exfoliating toner. Sampai saat ini saya masih mencoba bagaimana agar produk ini bekerja optimal di kulit wajah saya dan apakah kulit saya benar-benar merasakan manfaatnya. Tapi kalau ditanya gimana sejauh ini hasilnya di kulit wajah saya, begini review sekaligus curhatan saya...

1. Kenalan dengan produk dan memberikan waktu untuk kulit beradaptasi

Seperti yang saya bilang di atas kalau Avoskin Miraculous Refining Toner ini merupakan produk exfoliating toner yang pertama kali saya coba. Meski saya pernah mencoba acid toner dari Cosrx namun itu sudah sangat lama sekali dan nggak rutin saya gunakan setiap hari. Nah, karena ini pengalaman pertama, saya harus memberikan waktu untuk kulit beradaptasi dengan memberikan jeda pemakaian yang cukup lama antar pemakaian. 

Di petunjuk penggunaan produk, Avoskin Miraculous Refining Toner dapat digunakan setiap hari, pagi dan malam hari. Tapi karena baru berkenalan, perlu pembiasaan dan saya memilih untuk menggunakan pada malam hari saja. Pada minggu pertama, saya pakai produk ini satu kali seminggu pada malam hari. Alhamdulillah, kulit saya bisa menerima dengan baik, malah terkesan biasa saja efeknya. Kulit nggak terasa kering atau perih. Kesan pertama saat saya menggunakan produk ini emang enak sih, nggak terasa lengket, cepat meresap di kulit tapi saya mencium aroma tertentu saat menggunakan produk. Entah hidung saya yang lagi sensitif tapi saya merasa demikian adanya. Padahal produk ini mengklaim tidak mengandung parfum, loh! Ada yang merasakan pengalaman yang sama seperti saya?

2. Reaksi kulit setelah pengaplikasian produk

Nah, karena pemakaian Avoskin Miraculous Refining Toner di minggu pertama kulit wajah saya baik-baik saja. Di minggu kedua, rencananya saya akan meningkatkan pemakaian menjadi dua-tiga kali seminggu, pada malam hari. Tapi tepat pagi hari setelah pemakaian kedua, muncul jerawat disertai bruntusan kecil-kecil di sekitar dahi dan hidung. Esok harinya saya langsung memutuskan untuk menghentikan pemakaian pada minggu selanjutnya. Di pikiran saya saat itu, bruntusan dan jerawat yang muncul ini bisa jadi pertanda kalau Avoskin Miraculous Refining Toner bikin kulit saya breakout. Tapi ternyata dua-tiga hari setelah saya berhenti memakai produk ini, jerawat langsung menghilang dan nggak meninggalkan bekas apapun. Ok, saya kemudian berpikir kalau jerawat yang muncul karena hormon.

Eh, ternyata benar! Minggu ketiga, saya mengalami menstruasi (kedua kalinya setelah melahirkan). Karena sudah terjawab alasan munculnya jerawat di wajah, minggu ketiga saya berani menambah intensitas pemakaian acid toner dari Avoskin menjadi tiga kali seminggu. Selama seminggu, kulit wajah saya terlihat lebih cerah, apalagi seminggu sebelumnya saya lagi menstruasi, biasanya kalau lagi gini, wajah saya kelihatan kusam. Selain itu, wajah juga terasa lebih lembap dan setiap produk diaplikasikan di kulit wajah saya nggak merasakan gatal, perih, dan tingling sensation.

Minggu keempat, saya pengen menguji nih bagaimana reaksi kulit wajah saya kalau pakai Avoskin Miraculous Refining Toner setiap hari, pagi dan malam. Belum sempat terlaksana, memasuki awal minggu, muncul jerawat yang nggak nyantai ukurannya di area pipi, dagu dan hidung. Beberapa jerawat seperti di dekat area hidung bahkan sakit banget kalau kesenggol. Tanpa pikir panjang saya langsung mengurungkan niat dan keinginan untuk memakai produk skincare tambahan termasuk acid toner Avoskin. Selama seminggu saya fokus menggunakan basic skincare saja, terutama produk yang bersifat soothing dan melembapkan.

Avoskin Miraculous Refining Toner
Hasil di wajah saya setelah pemakaian Avoskin Miraculous Refining Toner selama satu bulan lebih. Pada minggu ke-4 merupakan hasil di minggu ke-6 setelah sebelumnya sempat stop pemakaian selama dua minggu. 

Bagaimana di minggu kelima? Saya masih memutuskan untuk nggak memakai acid toner Avoskin terlebih dahulu. Nggak berani nambah masalah. Soalnya saya masih menunggu perkembangan jerawat di wajah, bakalan tambah banyak dan semakin meradang atau malah sebaliknya? Terus apakah munculnya jerawat ini jadi pertanda breakout atau emang nggak cocok dengan salah satu bahan yang terkandung di dalamnya. Soalnya nih, selain muncul jerawat, kondisi kulit saya juga berubah jadi kering lagi. Ada bagian tertentu seperti hidung yang kulitnya jadi kering dan mengelupas. Makanya, saya nggak melanjutkan pemakaian di minggu kelima untuk mencegah over-exfoliasi pada kulit, terus harapannya biar kulit yang mengelupas nggak makin iritasi.

Akhirnya, di minggu keenam sampai sekarang, saya bertahan dengan pemakaian satu-dua kali pemakaian dalam seminggu, pada malam hari. Formula pemakaian Avoskin Miraculous Refining Toner ini sebenarnya belum final, masih trial and error sampai saya nemu yang cocok di kulit wajah saya tuh gimana sih pakainya, seberapa sering dalam seminggu, gitu.

Avoskin Miraculous Refining Toner
Hasil pemakaian Avoskin Miraculous Refining Toner setelah minggu ke-6.

3. Hasil setelah pemakaian satu-dua bulan pemakaian

Jadi, setelah mencoba Avoskin Miraculous Refining Toner selama lebih dari satu bulan, begini hasilnya:
  • Wajah terlihat lebih cerah setelah seminggu sebelumnya kelihatan kusam
  • Kulit wajah kembali lembap dan lembut setelah sempat kering dan mengelupas di bagian tertentu
  • Meski ada satu jerawat yang meradang, tapi jerawat kecil dan bruntusan yang muncul cepat sembuh dan mengering
Untuk efeknya, jujur, saya baru merasakan wajah jadi lembap dan warna kulit jadi lebih merata (sepertinya ini efek PHA dan kandungan lain seperti Niacinamide dan Aloe Vera). Sementara untuk jerawat yang muncul memang masih menjadi permasalahan. Apakah memang produk acid toner ini bikin breakout atau jerawatan? Atau malah saya nggak cocok dengan salah satu kandungannya, seperti AHA. Soalnya nih ada beberapa teman blogger yang nggak cocok dengan kandungan AHA dan biasanya setelah pakai AHA toner langsung jerawatan. Tapi sebenarnya dengan adanya jerawat dan saya pakai acid toner justru membantu untuk mengempeskan jerawat dan bikin cepat kering.

Avoskin Miraculous Refining Toner
Avoskin Miraculous Refining Toner membantu mengatasi jerawat yang sempat muncul di area wajah.

So, nanti perkembangannya gimana 'hubungan' saya dengan Avoskin Miraculous Refining Toner bakal saya update ya lewat artikel ini. Wait!

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan acid toner 

1. Kandungan acid pada exfoliating toner menimbulkan reaksi yang berbeda-beda pada kulit setiap orang. Pastikan kamu terus memantau perubahan yang terjadi pada kulit setelah pengaplikasian produk.

2. Beri waktu untuk kulit beradaptasi, apalagi kamu baru pertama kali mencoba acid toner sama seperti saya. Beri jeda waktu antar pemakaian meski petunjuk penggunaan produk bisa dipakai setiap hari tapi kulit wajahmu belum tentu terbiasa.

3. Setelah menggunakan acid toner wajib dilanjutkan dengan pemakaian hydrating toner. Bisa satu layer atau lebih, disesuaikan aja dengan kebutuhan kulit masing-masing gimana.

4. Proses eksfoliasi yang dilakukan secara rutin bisa bikin kulit jadi kering dan lebih sensitif. Jadi sebaiknya pemakaian pelembap nggak boleh terlewatkan. Pilih kandungan pelembap yang bisa mengunci kelembapan kulit.

5. Kandungan acid pada exfolating toner juga bisa meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari, jadi sebaiknya kalau kamu pakai produk ini di siang hari, jangan malas untuk pakai sunscreen yaaa!

6. Sebaiknya sih nggak memakai dua produk exfoliating toner secara bersamaan. Takutnya malah over eksfoliasi atau bikin kulit jadi iritasi.

7. Saya belum pernah mencoba menggunakan exfoliating toner bebarengan dengan retinol atau actives ingredients lainnya seperti Vitamin C. Tapi menurut berbagai sumber sih sebaiknya jangan dipakai bebarengan, bergantian aja pakainya untuk menghindari risiko kulit jadi makin sensitif atau bikin iritasi. 

8. BHA jadi salah satu bahan yang harus dihindari penggunaannya oleh ibu hamil dan  menyusui. Meski saya sekarang masih mengASIhi dan berani memakai produk acid toner dengan kandungan BHA, tapi bunda-bunda yang tengah berbadan dua dan menyusui, sebaiknya tetap konsultasikan dengan dokter kandungan masing-masing ya! Beneran lho!

Nah, teman-teman yang tertarik untuk mencoba Avoskin Miraculous Refining Toner, bisa belanja produk ini melalui website www.avoskinbeauty.com atau Avostore di kota kamu. Harganya? Terjangkau kok untuk sebuah produk lokal yakni Rp 169 ribu/100ml. Untuk informasi lebih lanjut, bisa follow akun Instagram @avoskinbeauty.

Kalau kamu punya pengalaman yang sama soal penggunaan acid atau exfoliating toner atau malah ada yang udah pernah mencoba Avoskin Miraculous Refining Toner tapi efeknya berbeda dengan yang saya alami, sharing yuk di kolom komentar.

Last but not least, jangan jadikan review saya ini sebagai acuan, karena saya juga belum punya banyak pengalaman tentang penggunaan acid toner. Tapi buat yang tertarik ingin mencoba acid toner jangan takut untuk mencoba karena kita nggak akan pernah tahu produk skincare ini cocok apa nggak kalau kita nggak mencoba sendiri.

Terima kasih sudah berkenan membaca review produk skincare kali ini dan semoga bermanfaat yah!








You Might Also Like

0 comments

BRILIO.NET

LATEST VIDEOS

Perempuan Punya Karya