Perawatan Intense Pulse Light (IPL) di Aishaderm Jogja

21.52

Perawatan IPL di Aishaderm Jogja


Pandemi corona yang masih jauh dari kata 'berakhir' membuat saya selalu khawatir setiap kali bepergian ke luar rumah, bahkan untuk sekadar melakukan perawatan. Namun dengan adanya era new normal membuat saya mau nggak mau harus hidup 'berdampingan' dengan virus corona sambil mencoba beradaptasi dengan kebiasaan baru, yang tentunya harus sesuai standar protokol kesehatan. Selain kembali bekerja di kantor setelah beberapa bulan menerapkan Work From Home (WFH), saya juga memberanikan diri untuk perawatan sekaligus mengunjungi dokter kulit, bukan di rumah sakit melainkan di klinik kecantikan.

Sudah lama rasanya nggak perawatan wajah di klinik kecantikan. Setahun belakangan memang kondisi kulit saya baik-baik saja sih, bahkan permasalahan seperti jerawat hormonal sudah jarang muncul di wajah. Senang rasanya, seolah tak sia-sia rajin memakai skincare dan juga belajar mengatur pola makan. Meskipun demikian saya mengamati sejak mulai beraktivitas di luar rumah malah muncul permasalahan baru di wajah. Sebut saja maskne, alias mask acne, jerawat yang muncul karena penggunaan masker.

Untung saja maskne yang muncul di wajah saya jumlahnya nggak banyak, paling hanya satu buah dan letaknya selalu di area wajah yang tertutup masker. Jerawat tersebut selalu bisa saya atasi dengan penggunaan produk skincare tertentu sehingga maskne tak makin meradang dan cepat mengempes dalam hitungan hari saja. Maskne teratasi tapi sebulan belakangan malah muncul permasalahan baru yakni bruntusan di area dahi. Ukurannya memang nggak besar dan nggak menimbulkan rasa sakit, tapi makin lama makin menganggu karena bertahan cukup lama, terhitung sejak saya mulai WFH sekitar bulan Maret. Biasanya kalau muncul bruntusan begini, saya sudah punya skincare andalan untuk mengatasinya tapi kenapa sekarang nggak mempan...

Bruntusan inilah yang jadi alasan saya mengunjungi dokter kulit karena memang ingin menanyakan langsung pada ahlinya. Sekaligus saya juga ingin melakukan perawatan di wajah dengan harapan bruntusan bisa teratasi sekaligus merasakan manfaat lain dari prosedur perawatan yang nantinya disarankan oleh dokter. 

Sempat bingung dan ragu untuk mengunjungi dokter dan klinik kecantikan yang mana ya, karena memang jumlah klinik kecantikan cukup banyak di Jogja. Hingga akhirnya saya memilih untuk mengunjungi Klinik Cantik Muslimah, Aishaderm. Kenapa? Alasan pertama dengan adanya 'label' muslimah membuat saya terjamin kenyamanannya karena seluruh staf dan pengunjungnya adalah wanita. Jadi nggak ada tuh ceritanya kaget karena tiba-tiba ada laki-laki yang sliwar-sliwer di ruang perawatan. Apalagi kalau lagi perawatan sudah pasti saya akan melepas hijab, bukan? Kebayang kan awkward-nya gimana...

Selain itu, alasan yang nggak kalah penting adalah di Aishaderm sudah menerapkan standar protokol kesehatan. Semua staf maupun dokter menggunakan masker dan face shield. Saat pengunjung datang pun terlebih dahulu diukur suhu tubuhnya dan disediakan hand sanitizer untuk memudahkan pengunjung mencuci tangannya. Jadi, bismillah deh akhirnya makin mantep untuk perawatan di Aishaderm.

Tentang Aishaderm

Tak kenal maka kenalan, yuk! Sebelum saya cerita soal perawatan yang saya coba di Aishaderm Klinik Cantik Muslimah, saya mau menjelaskan secara singkat tentang Aishaderm ya. Barangkali ada yang belum pernah mendengar tentang Aishaderm kan, jadi biar makin kenal dan yakin kalau klinik kecantikan ini terpercaya, kok!

Aishaderm Klinik Cantik Muslimah merupakan satu-satunya klinik kecantikan di Indonesia yang menyediakan perawatan wajah, rambut, dan tubuh berbahan alami dan halal yaitu buah kurma. Selain kurma, bahan alami yang digunakan untuk setiap produk Aishaderm adalah buah tin (buah ara). Kedua buah ini punya peran dan manfaat yang saling melengkapi untuk mengatasi permasalahan kulit wajah yang sedang dialami. Nantinya, pemilihan perawatan dan produk Aishaderm dilakukan di bawah pengawasan dokter. Jadi, besar harapannya setiap pengunjung Aishaderm tak perlu bingung dan takut harus menggunakan produk atau memilih perawatan apa karena bisa memanfaatkan layanan konsultasi dengan ahlinya.

Saat ini Aishaderm Clinic telah tersedia di lima kota di Indonesia, yaitu Sidoarjo, Banda Aceh, Makassar, Purwokerto, dan Yogyakarta. Dan kali ini saya berkesempatan untuk mengunjungi Aishaderm Klinik Cantik Muslimah yang ada di Yogyakarta, tepatnya di daerah Kotagede.

Aishaderm Treatment Experience

First impression saat mencoba perawatan di Aishaderm Jogja adalah memuaskan dan bikin penasaran untuk mencoba treatment wajah lainnya. Setelah berkonsultasi dengan dokter, saya disarankan untuk mencoba Facial O2 Afiyah Brightening dan Aisha IPL (Intense Pulse Light). Kedua jenis perawatan tersebut menurut dokter Sari yang saya temui waktu itu dianggap cocok dengan permasalahan kulit yang saat ini sedang saya alami.

Perawatan di Aishaderm Jogja
Sesi konsultasi dengan dokter di Aishaderm untuk menentukan perawatan yang sesuai dengan permasalahan kulit.

Memang, masalah utama yang saya keluhkan saat ini adalah bruntusan dan tanda-tanda penuaan. Tapi saya juga ingin 'mengejar' manfaat lain dari perawatan yang ditawarkan oleh Aishaderm. Facial O2 Afiyah Brightening misalnya, yang ternyata berfungsi untuk relaksasi, melancarkan peredaran darah, memperbaiki metabolisme sel kulit, melembapkan, dan mencerahkan kulit wajah. Dan senangnya lagi, selain merasakan manfaat tersebut, bruntusan di dahi juga bisa teratasi berkat tahapan ekstraksi yang dilakukan oleh beautician. Dengan adanya tahapan tersebut dapat mencegah bruntusan kian bersemi di wajah.

Perawatan Facial di Aishaderm Jogja
Usai seluruh tahapan facial selesai selanjutkan dilakukan penyemprotan oksigen dan bahan alami.

Saya juga sempat menanyakan pada beautician dan juga dokter Sari alasan kenapa bruntusan di dahi tetap bertahan meski sudah saya coba atasi dengan pemakaian produk skincare tertentu. Setelah dicek ternyata bruntusan yang muncul dikarenakan tersumbatnya pori-pori kulit, dan cara yang paling cepat menghilangkan adalah dengan diekstraksi melalui perawatan facial. 

BACA JUGA: Naavagreen Open House

Oya, selain bruntusan teratasi, satu poin yang jadi nilai plus untuk Aishaderm adalah saya tidak merasakan kesakitan selama tahapan facial dilakukan, terutama saat ekstraksi. Ditambah lagi pada tahapan pemijatan, teknik pijatan yang dilakukan oleh beautician mampu membuat saya rileks. No tegang sama sekali! Jadi saya makin yakin deh kalau pemijatan dilakukan dengan benar maka sirkulasi darah beneran lancar dan nantinya mempengaruhi tampilan wajah.

Perawatan IPL di Aishaderm Jogja
Perawatan IPL di Aishaderm dilakukan langsung oleh dokter.

Merasa puas dengan perawatan facial di Aishaderm, saya kemudian mencoba perawatan IPL (Intense Pulse Light). Ini kedua kalinya saya mencoba prosedur perawatan dengan memanfaatkan gelombang cahaya ini. Menurut berbagai sumber yang saya baca sih, perawatan IPL itu biasanya direkomendasikan oleh dokter untuk pasiennya yang mengalami masalah kulit seperti, bekas jerawat, hiperpigmentasi, melasma, keriput, kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari, sampai dengan rambut yang tak diinginkan. Tanpa perlu pikir panjang, saya langsung mengiyakan ketika dr. Sari menyarankan saya untuk melakukan perawatan IPL. Gimana mau nolak, perawatan IPL ini cocok banget buat saya yang sedang 'berjuang' melawan tanda-tanda penuaan. Maklum, udah kepala tiga nih!

Perawatan IPL

Perawatan IPL (Intense Pulse Light) adalah sebuah prosedur yang dilakukan oleh dokter (spesialis kulit dan kelamin) untuk meningkatkan tampilan warna dan tekstur kulit tanpa perlu melakukan tindakan operasi. Prosedur ini biasanya memang ditargetkan untuk pasien dengan kondisi kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari (photoaging). Selain itu, perawatan IPL juga berfungi untuk mengencangkan, meremajakan, mencerahkan, mengurangi jerawat, dan juga menghilangkan bulu/rambut pada wajah dan tubuh.

Perawatan IPL di Aishaderm Jogja
Pengolesan gel di wajah sebelum perawatan IPL dimulai.

Prosedur perawatan IPL (Intense Pulse Lightdimulai dengan pembersihan wajah dari sisa skincare dan makeup dengan menggunakan produk Aishaderm, kemudian wajah saya diolesi dengan gel sebagai moisturizer sebelum akhirnya diberikan gelombang cahaya dengan menggunakan alat khusus. Gel yang dioleskan pada wajah terasa tebal namun teksurnya ringan, nggak terasa lengket dan yang paling penting ada efek soothing yang saya rasakan. Adanya gel ini juga membantu agar saya tidak merasakan sakit saat gelombang cahaya mengenai kulit.

Perawatan IPL di Aishaderm Jogja
Perawatan IPL menggunakan gelombang cahaya 560 nm (brightening) - 640 nm (antiaging).

Perawatan IPL hanya membutuhkan waktu singkat, kurang lebih hanya setengah jam, jadi cocok buat saya yang tak punya banyak waktu atau sedang terburu-buru. Meski singkat namun manfaat dan hasilnya langsung bisa terlihat di wajah. Selain terlihat lebih cerah, wajah saya juga terasa lebih kencang. Namun untuk bekas jerawat masih belum bisa sirna seketika usai perawatan IPL dilakukan. Ini wajar karena memang tidak semudah itu menghapus bekas jerawat di wajah, bukan? Apalagi tanda-tanda penuaan seperti noda atau bintik cokelat pada kulit. Setidaknya butuh sampai 6 sesi untuk memudarkan hingga menghilangkan tanda-tanda penuaan. Mengingat banyaknya tanda-tanda penuaan di wajah saya seiring bertambahnya usia. But, it's okay, i love my self!  Tetap rajin skincare-an dan perawatan dong!



Perlu diperhatikan juga ya, hasil perawatan  IPL ini bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung dari permasalahan dan kondisi kulit masing-masing. Namun, kalau kamu pernah mencoba perawatan IPL dan nggak merasakan efek samping seperti kulit jadi kasar dan berganti warna, timbul bekas luka dan rasa sakit usai perawatan, hingga pendarahan atau membengkak di area IPL, itu artinya kamu bisa mencoba perawatan ini lagi di kemudian hari karena tergolong aman untuk kulitmu. Alhamdulillah saya juga tidak mengalami efek demikian, jadi kapan-kapan bisa perawatan IPL lagi deh di Aishaderm. Ada yang mau ikut? Barengan yuk...

BACA YUK: Naavagreen Milk Cleanser Review

OOTD di Aishaderm

Terima kasih sudah berkenan membaca, semoga bermanfaat ya! Terima kasih juga Aishaderm sudah membantuku untuk melawan tanda-tanda penuaan demi terlihat awet muda di usia kepala tiga ini ~


You Might Also Like

1 comments

  1. Aduh aku uda mupeng treatment bund. Abis lahiran mau cusss karena merasa tumpukan komedo sudah ulala dan faktor hormonal juga. Thanks for sharing ya bund

    BalasHapus

BRILIO.NET

LATEST VIDEOS

Perempuan Punya Karya