Rekomendasi Skincare Untuk Kulit Kering: Erhalogy Skin Barrier Series

16.00

Meski saya sekarang sudah nggak hamil tapi kulit kering masih menjadi masalah kulit yang saya alami. Buat teman-teman yang pernah membaca tulisan saya sebelumnya mengenai produk skincare selama kehamilan, pasti tahu banget kalau permasalahan kulit kering ini saya alami memang sejak hamil. Dari yang tadinya kondisi kulit saya normal berubah jadi kering selama sembilan bulan mengandung dan terus berlanjut sampai sekarang. Berawal dari permasalahan tersebut, saya memutuskan untuk menggunakan produk-produk skincare yang berfungsi untuk membuat dan menjaga kulit biar tetap lembap. Nah, salah satu produk skincare yang saya pilih untuk mengatasi kulit kering adalah Erhalogy Skin Barrier Series.

Erhalogy Skin Barrier Series
Erhalogy Skin Barrier Series, produk skincare untuk kulit kering, sensitif, dan atopik.

Erhalogy Skin Barrier Series merupakan rangkaian produk skincare dari klinik kecantikan Erha. Buat teman-teman yang gemar melakukan perawatan kecantikan pasti nggak asing dong dengan Erha? Terutama buat yang berada di Jakarta nih, karena memang pertama kali Erha didirikan di Jakarta. Kalau buat saya sendiri yang tinggal di Yogyakarta, sejujurnya juga udah nggak asing dengan nama Erha. Soalnya nih, saat masih kuliah dulu (sekitar tahun 2005-2006) saya terbilang cukup sering konsultasi dokter dan melakukan perawatan di Erha Clinic. Selain itu saya juga sempat menggunakan beberapa produk Erha termasuk krim dokter yang diberikan sesuai dengan permasalahan kulit saat itu. Tapi itu nggak berlangsung lama, mengingat kesibukan kuliah yang sangat padat, saya jadi nggak ada waktu untuk menggunakan krim dokter secara rutin apalagi sampai melakukan perawatan. Alhasil saya berhenti menggunakan produk-produk dari Erha dan seingat saya produk skincare yang saya pakai saat kuliah hanyalah facial wash dan sunscreen saja.

Lama nggak pakai produk Erha, saya baru tahu kalau Erha ternyata sudah melakukan inovasi dengan meluncurkan produk-produk Over The Counter (OTC). Artinya, produk-produk Erha kini dapat dibeli di ERHA Apothecary secara bebas, tanpa perlu resep/konsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu. Saya merasa senang dong dengan inovasi yang dilakukan Erha ini, karena dengan adanya produk OTC dari Erha, saya bisa menghemat biaya konsultasi dengan dokter kulit dan melakukan perawatan yang tentu saja tidaklah murah! Tetap ya ibu-ibu pikirannya biaya? Tapi beneran deh kalau udah menikah apalagi sudah memiliki anak, biaya perawatan dan kecantikan diri sendiri harus benar-benar direncanakan dengan bijak!

ERHA Apothecary
Produk-produk perawatan dari Erha bisa dibeli di Erha Apothecary yang ada di mal-mal.

Selain alasan biaya, yang bikin saya senang kalau ada produk-produk over the counter itu saya jadi bisa mix and match produk-produk skincare. Saya nggak hanya terpaku dengan rangkaian produk skincare dari dokter kulit saja tapi bebas bereksperimen dengan produk skincare brand lainnya atau produk-produk skincare yang ada di drugstore. Sama halnya ketika saya mencoba produk Erhalogy Skin Barrier Series, saya juga mengombinasikan dengan skincare drugstore lainnya yang komposisinya aman dipakai bersamaan. Saya sudah menggunakan produk Erha ini kurang lebih selama dua minggu. Meski biasanya saya baru berani sharing produk skincare setelah saya coba setidaknya selama satu bulan tapi nggak ada salahnya saya berbagi review produk dari Erhalogy Skin Barrier Series dong! Nggak sabar nih buat ngeracunian kalian soalnya. Simak yah!

Erhalogy Skin Barrier Series

Sebelum saya sharing produk Erha apa aja yang saya gunakan, saya mau sedikit cerita nih tentang permasalahan kulit kering yang saya alami. Kulit kering adalah salah satu jenis kulit yang biasanya sudah dialami sejak lahir, namun bagi saya pribadi, saya baru mengalaminya semenjak hamil satu tahun lalu. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain faktor internal yaitu pengaruh hormon kehamilan dan faktor eksternal seperti perubahan cuaca dan penggunaan produk perawatan wajah dan tubuh yang tidak cocok.

Saya beneran yakin kalau kondisi kulit saya jadi kering karena memang mengalami ciri-ciri dari kulit kering. Mulai dari elastisitas berkurang, garis-garis halus pada wajah jadi lebih terlihat, dan kadang wajah terlihat kusam dan terasa kasar saat dipegang. Kondisi tersebut bahkan bisa lebih parah lagi yang ditandai dengan kulit di beberapa bagian wajah seperti area sekitar hidung dan dagu terkelupas. Pokoknya benar-benar nggak mencerminkan kulit sehat, deh!

Tadinya saya berpikir kalau kondisi kulit kering bakal saya alami selama hamil saja. Tapi ternyata tidak! Sekarang, satu tahun usai melahirkan dan masih menyusui pun kondisi kulit saya masih kering. Melihat kondisi tersebut, makanya saya selalu mengupayakan berbagai cara supaya kulit tetap lembap. Salah satu cara yang bisa saya lakukan adalah menggunakan produk perawatan wajah dan tubuh yang bisa bersifat melembapkan dan menghindari produk yang mengandung bahan seperti SLS, alkohol dan parfum karena cenderung membuat kulit semakin kering. Makanya saya tertarik untuk mencoba rangkaian produk Erhalogy Skin Barrier Series dari Erha karena alasan kuat kandungan bahan-bahannya yang nggak bikin kulit jadi makin kering.

Erhalogy Skin Barrier Series merupakan rangkaian produk skincare yang dirancang khusus untuk mengatasi kulit kering, kulit sensitif dan atopik. Produk dari Erhalogy Skin Barrier Series yang saya coba ada dua yaitu Erhalogy Skin Barrier Facial Wash dan Skin Barrier Face Moisturizer.

Erhalogy Skin Barrier Facial Wash dan Skin Barrier Face Moisturizer tak hanya diklaim bisa mengatasi kulit kering dan bikin kulit jadi lembap, tapi juga mempertahankan fungsi barier kulit.  Apa tuh barrier kulit?

Skin Barrier Picture
foto: istimewa

Barrier kulit merupakan lapisan terluar kulit yang terdiri dari sel-sel kulit (corneocytes) yang saling terikat dengan adanya lapisan lipid. Lapisan barrier ini bersifat impermeable sehingga mencegah hilangnya air/ atau kelembapan dari dalam kulit dan mencegah masuknya mikroorganisme atau iritan yang merusak kulit. Nah, kalau barrier kulit kita sampai rusak, nggak heran kalau kulit menjadi kering, bersisik, gatal, iritasi atau sensitif. Meski nggak sampai iritasi, tapi kondisi kulit saya saat ini sudah sampai di tahap ekstra kering dan mengelupas.

Makanya, ketika melihat manfaat yang ditawarkan Erhalogy Skin Barrier Facial Wash dan Skin Barrier Face Moisturizer untuk mengatasi kulit kering sekaligus mempertahankan fungsi barrier kulit, bikin saya makin yakin untuk mencoba dua produk tersebut. Saya nggak mau berekspektasi tinggi atau mencoba produk skincare lainnya dari Erha  (seperti serum misalnya) atau produk skincare lainnya yang bahannya concentrated karena memang fokus saya selama dua tahun terakhir ini untuk menjaga kelembapan kulit sekaligus memperbaiki kondisi kulit yang rasanya makin hari kok ada aja yang 'rusak'. Jangan-jangan rusaknya barrier kulit yang selama ini bikin kulit saya sering bermasalah...

Erhalogy Skin Barrier Facial Wash

Bisa dibilang kalau facial wash itu jadi salah satu produk skincare yang sering saya coba-coba. Ya meski facial wash itu cuma dipakai beberapa menit saja di wajah lalu dibilas, tapi bagi saya membersihkan wajah jadi tahap awal yang penting untuk melanjutkan pemakaian produk skincare selanjutnya. Pentingnya itu lebih kepada kesan pertama yang dirasakan setelah membersihkan wajah. Apakah beneran bikin wajah jadi terasa bersih, segar dan lembap atau malah sebaliknya?

Saking senangnya mencoba facial wash dari berbagai brand, saya bisa lho mencoba satu-tiga produk dalam 1-2 bulan secara bergantian. Pemakaian facial wash ini tentu saya pilih berdasarkan permasalahan kulit yang sedang saya alami. Kalau merasa kulit wajah lagi normal-normal aja, ya pakai facial wash yang bikin kulit tetap bersih dan lembap, kalau lagi merasa kulit wajah kering ya pakai pembersih wajah yang formulasinya lebih lembut tapi tetap bikin kulit jadi lembap bukan ketarik.

Erhalogy Skin Barrier Facial Wash
Erhalogy Skin Barrier Facial Wash

Senengnya, Erhalogy Skin Barrier Facial Wash ini nggak bikin kulit jadi kerasa ketarik setelah selesai membersihkan wajah. Beneran bikin kulit wajah saya yang terasa kering jadi lembap. Udah gitu formulanya juga lembut saat diaplikasikan di wajah yang sudah dibasahi. Saat saya memperhatikan kandungan bahan-bahannya, saya nggak menemukan SLS (Sodium Lauryl Sulphate) yang artinya bagus dong untuk pemilik kulit kering seperti saya karena biasanya SLS inilah yang bikin kulit cenderung kulit setelah mengaplikasikan produk. Nggak cuma SLS yang jadi perhatian saya, kandungan lain seperti aquaxyl, PHA (Gluconolactone), zinc PCA dan D-Panthenol sebagai moisturizing agent juga nggak kalah penting untuk menjaga kelembapan kulit. Makin lengkap lagi ada kandungan aloe vera extract dan dipotassium glycyrrhizinate sebagai anti inflamasi bikin saya terhindar dari rasa khawatir kalau kulit jadi bermasalah setelah membersihkan wajah pakai Erhalogy Skin Barrier Facial Wash.

Erhalogy Skin Barrier Facial Wash
Informasi lengkap yang tercantum di kemasan belakang Erhalogy Skin Barrier Facial Wash.

Kemasan Erhalogy Skin Barrier Facial Wash yang berbentuk tube juga bikin saya tambah seneng karena sangat travel friendly. Desain kemasannya juga simpel namun terlihat elegan dengan penggunaan warna dominan putih. Nilai plus kemasan facial wash dari Erha ini juga terasa saat saya membuka bagian penutup botol yang berbentuk flip top yang kuat dan nggak terkesan ringkih meski berulang kali dibuka tutup setiap kali pemakaian. Soal harga juga masih sangat terjangkau, cuma Rp 79 ribu aja.

Erhalogy Skin Barrier Face Moisturizer 

Selain facial wash, moisturizer juga jadi salah satu produk skincare yang nggak pernah saya lewatkan untuk dipakai sehari-hari. Selama ini sudah banyak juga moisturizer yang saya coba tapi saya selalu excited setiap kali harus mencoba pelembap wajah baru. Kali ini, moisturizer yang saya coba dari Erha ini diformulasikan khusus untuk kulit kering yang sedang saya alami. Nggak cuma untuk kulit kering, Erhalogy Skin Barrier Face Moisturizer juga merupakan pelembap kulit kering dan sensitif, bahkan atopik.

Erhalogy Skin Barrier Face Moisturizer

Erhalogy Skin Barrier Face Moisturizer menarik perhatian saya karena tidak mengandung paraben dan parfum. Selain itu kandungan lain dalam pelembap ini adalah:
  1. Ceramide Complex, PHA, Zinc PCA, dan bahan moisturizer yang merupakan bagian dari NMF (Natural Moisturizng Factor) yang bagus untuk melembapkan, mengembalikan dan memperkuat fungsi barier kulit. Nah ini nih penting!
  2. Niacinamide, Allantoin, dan DPG sebagai bahan anti-inflamasi untuk mencegah dan mengurangi iritasi yang dialami oleh kulit kering dan sensitif, serta memberikan efek soothing.
  3. Vitamin E sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas, meningkatkan elastisitas dan membuat kulit jadi lebih halus.
Erhalogy Skin Barrier Face Moisturizer
Informasi kandungan Erhalogy Skin Barrier Face Moisturizer yang tertera di belakang kemasan botol.

Nah, kandungan di atas yang bikin saya makin yakin untuk mencoba Erhalogy Skin Barrier Face Moisturizer. Apalagi ada kandungan Ceramide yang dikenal memiliki peran penting dalam melindungi kulit biar tetap lembap, terhidrasi dan bikin kulit jadi kenyal dan kencang. Ceramide ini sebenarnya adalah lemak yang dihasilkan secara alami pada kulit. Penggunaan produk skincare dengan kandungan Ceramide dapat membantu kadar Ceramide pada kulit tetap banyak. Secara ya makin tambah usia dan sering terpapar sinar matahari, kulit udah nggak banyak memproduksi Ceramide lagi seperti saat masih muda, dulu...

Sejauh ini sih saya cukup terkejut sih dengan pelembap ini selama dua minggu pemakaian aja udah bisa mengatasi masalah kekeringan di wajah. Kulit yang mengelupas di beberapa bagian udah nggak muncul lagi. Nilai plus yang membekas dari moisturizer ini adalah teksturnya yang bikin kulit wajah jadi lembap sewajarnya, nggak bikin lengket bahkan berminyak setelah diaplikasikan. Saat saya mengombinasikan moisturizer ini dengan produk skincare lain seperti essence juga so far so good, no breakout atau malah memicu timbulnya jerawat. Untuk pemakaian, saya lebih suka menggunakan pelembap ini di pagi hari karena saat malam hari saya cenderung memilih untuk menggunakan sleeping mask. Tapi kalau lagi pengen pakai pelembap di malam hari, produk ini juga tetap nyaman dan bikin kulit tetap lembap sampai bangun tidur. Harga moisturizer ini gimana? Sama kayak facial wash kok, murah meriah, Rp 79 ribu saja.

Erhalogy Skin Barrier Series
Erhalogy Skin Barrier Series yang terdiri dari dua produk, Erhalogy Skin Barrier Facial Wash dan Skin Barrier Face Moisturizer.

Ok, selama dua minggu pemakaian Erhalogy Skin Barrier Series, saya bener-bener suka dan cocok terutama karena tekstur dan hasilnya setelah diaplikasikan ke wajah. Kedua produk yakni facial wash dan moisturizer cukup mampu diandalkan untuk menjadi produk perawatan kulit kering. Bahkan kulit yang kering parah seperti mengelupas bisa tertangani dengan baik dengan pemakaian kedua produk ini. Selanjutnya saya akan meneruskan pemakaian dua produk dari Erhalogy Skin Barrier Series dan akan saya update nantinya di blog ini jika ada perkembangan atau malah masalah yang terjadi di kullit wajah. Ya harapannya tetap cocok dan nggak ada masalah sih...

Oya, buat teman-teman yang mungkin punya permasalahan kulit yang sama dengan saya, yaitu kering, bisa mencoba rangkaian produk Erhalogy Skin Barrier Series dari Erha Clinic dan langsung meluncur ke  Erha Apothecary. Tapi saranku sih kalian sudah cari tahu dulu produk-produk skincare dari Erha itu apa aja, biar nggak bingung banget waktu dateng ke Erha Apothecary. Teman-teman bisa mengakses website Erha atau kepo akun Instagram @erha.dermatology untuk informasi produk lebih lengkap.

Tapi kalau masih ragu dan nggak mau langsung coba pakai produk-produk Erha, bisa konsultasi aja dulu dengan dermatologist. Apalagi di Erha Clinic ada layanan konsultasi dokter jadi bisa puas tuh tanya-tanya tentang permasalahan yang dialami. Masalah kulit lho ya tapi bukan masalah lain! Eh tapi di Erha Clinic juga bisa ding konsultasi masalah rambut dan perawatan lainnya karena sekarang fokus Erha sebagai klinik kecantikan nggak cuma expert untuk mengatasi permasalah kulit tapi juga rambut. Pantes kok slogan Erha sekarang tuh Erha Skin, Hair, & Laser Expert.

Erha Clinic
Erha Clinic yang ada di Kemang, Jakarta.

Last but not least, rangkaian produk Erhalogy Skin Barrier Series recommended nggak nih? Menurut saya sih kembali ke kondisi kulit masing-masing ya, emang beneran lagi kering bahkan sampai sensitif nggak? Kalau iya bisa dicoba pakai dua produk dari Erha Clinic yang memang khusus diformulasikan untuk perawatan kulit kering dan sensitif. Kasih tahu saya lewat komentar di bawah ya kalau teman-teman udah pernah nyobain produk-produk Erha juga...



You Might Also Like

4 comments

  1. wah, menarik nih mba. aku juga kulitnya cenderung sensitif, jadi mau cobaa..

    BalasHapus
  2. Akutuh dulu malah pas hamil gak kering sama syekaliiiii, padahal gak pake skincare apapun.. sekarang malah kering huhuhu jadi pengen cobain nih si Erha..

    BalasHapus
  3. Buuund akutu suka banget sama produk iniii. Nggak ada SLSnya lho! Jarang banget produk semacam ini. Banyak yang bilang pricey, tapi menurutku yang kalau ada harga memang ada rupa. Worthy buat dicoba! Apalagi buat aku yang tiap cuaca kering tu kulitnya cenderung ngglodhoki. Cucok banget lah ini!

    BalasHapus
  4. Wah aku juga pemilik kulit kering. Tadinya sih aku berminyak. E makin tambah umur kondisi kulit beda. Aku pake erha juga yg jerawat. Tapi sekarang lg off. Alhamdulillah jerawatku baikan hehe

    BalasHapus

BRILIO.NET

LATEST VIDEOS

Perempuan Punya Karya