Rekomendasi Tempat Beli Coat di Jogja, Murah yang Tak Selalu Murahan - Marlina

Rekomendasi Tempat Beli Coat di Jogja, Murah yang Tak Selalu Murahan

18.00

Rekomendasi Tempat Beli Coat di Jogja

Coat, jaket, sweter, blazer, mana outerwear favorit kamu? Saya sih paling suka pakai blazer atau coat. Bagi saya, outerwear seperti blazer dan coat bisa jadi penyelamat fashion, pelengkap dan bikin penampilan terlihat lebih stylish. Meskipun saya menyukai kedua jenis pakaian tersebut, tetap harus menyesuaikan aktivitas dan momen tertentu. Mengingat, saya tinggal di Indonesia dan cuaca panas sering terjadi di beberapa wilayah, termasuk Yogyakarta. Alhasil, kalau tidak memerhatikan situasi dan kondisi, bisa-bisa bukannya terlihat fashionable malah gerah.

Lain cerita jika musim hujan tiba, saya antusias untuk mengeluarkan koleksi coat secara bergantian. Apalagi kalau melihat informasi prakiraan cuaca di laman BMKG, awal musim hujan 2021/2022 akan terjadi pada kisaran bulan Oktober dan November 2021. Pantas saja akhir bulan Oktober lalu udah sering hujan nggak sih? Jadi, selain mempersiapkan jas hujan, inilah saatnya pakai coat tanpa takut terlihat salah kostum. It's time to bundle up in your favorite outerwear!

Meskipun penggunaan coat lebih cocok di-layering dengan outfit saat musim hujan. Tapi sebenarnya saya cukup sering membawa coat untuk jaga-jaga jika harus bepergian sampai larut malam. Maklum, semakin bertambah usia, rasanya semakin mudah untuk merasakan kedinginan. Saking seringnya menggunakan coat di keseharian, teman-teman pun menanyakan di mana saya membeli coat. Tak sedikit pula yang berkonsultasi mengenai pemilian coat yang benar itu seperti apa.

Nah, supaya makin jelas dan informatif, saya pikir untuk berbagi saja lewat tulisan kali ini ya! Tak hanya berbagi tips, saya juga coba menjawab sekaligus merangkum pertanyaan dari warganet di Instagram, tempat di mana saya membeli coat, terutama di Jogja. So, check this out!

Tempat Beli Coat di Jogja

Sejak gemar mengoleksi coat, saya selalu hunting outerwear ini setiap kali membutuhkannya.  Iya, saya tak selalu membeli coat setiap tahunnya, terkadang saya malah baru benar-benar mencari coat baru ketika coat sebelumnya sudah usang. Tapi, dari semua koleksi coat yang saya miliki, jarang yang saya relakan sampai usang. Jadi saya benar-benar merawatnya dengan baik. Pun ketika membeli coat pun sebisa mungkin mencari yang model dan warnanya everlasting.

Sejauh ini, saya tidak pernah membeli coat di berbagai tempat. Saya bahkan tidak pernah melakukan thrift shopping karena memang saya tidak suka dan tidak telaten ketika harus berburu baju bekas. Padahal, menurut teman-teman saya yang hobi thriftting, seringkali coat yang ditemukan di sana bisa seperti 'harta karun' yang menarik. Sebab, selain masih layak pakai, model dan warna coat masih autentik. Terlebih, buat kamu yang suka gaya vintage, sangat memungkinkan untuk menemukan vintage coat yang nggak pasaran.

So, di mana sih tempat yang jadi andalan saya buat hunting coat?

Jujur, kebanyakan koleksi coat saya berasal dari brand Stradivarius, Zara, dan Uniqlo. Jadi, sudah pasti saya membelinya langsung di mal atau melalui aplikasi online brand tersebut. Namun, selain berbelanja coat di toko tersebut, saya pernah membeli coat di tempat-tempat berikut ini:

1. De Kosmo Factory Outlet.

Factory outlet yang terkenal citranya sebagai surganya busana barat ini jadi tempat belanja favorit sejak kuliah. Gimana nggak favorit, di sini, saya bisa mendapatkan barang sisa pabrik kualitas ekspor dengan harga yang lebih murah. Salah satunya coat. Saya seringkali menemukan coat bermerek dengan model yang nggak kalah sama tren fesyen. Pilihan warna coat-nya pun beragam. Namun, untuk coat orang dewasa memang lebih terbatas pada warna-warna netral seperti cokelat dan hitam, ketimbang coat untuk anak-anak yang sangat colorful.

Rekomendasi Tempat Beli Coat di Jogja
Trench Coat Burberry yang saya temukan di De Kosmo dengan harga sekitar Rp 375 ribu.

Menemukan coat merek Burberry seolah menemukan 'harta karun' bagi saya. Bagaimana tidak, trench coat milik Burberry tuh udah jadi ikon fashion dunia dengan desain yang tak lekang oleh waktu. Jadi, mengoleksi coat dari Burberry seolah bisa memakainya seratus tahun kemudian tapi tetap pantas dipakai sama kondisi saat itu. Meski tak identik dengan motif tartan, tapi trench coat ini tetap ada sentuhan garis warna hitam dan merah yang jadi simbol khas rumah mode Burberry. Sungguh worth it!

2. Bazar di Mal.

Selain di factory outlet, tak jarang saya bisa menemukan fashion item unik saat ada bazar di mal. Meski terkesan biasa saja, namun kalau kamu bisa berburu dan sabar mengunjungi bazar pakaian satu per satu, kamu bisa lho mendapatkan outfit yang nggak pasaran. Coat salah satunya. Saat toko-toko pakaian yang ada di mal serentak merilis koleksi coat yang itu-itu aja, kamu bisa menemukan coat dengan model dan warna yang unik.

Seperti coat yang saya dapatkan di bazar salah satu mal yang ada di Jogja kala itu. Sekilas, model coat ini tampak seperti oversized coat yang berukuran jauh lebih besar dari ukuran tubuh saya. Tapi, yang membuat saya tertarik dengan coat ini sewaktu membelinya adalah warnanya birunya yang unik. Kalau diamati dengan seksama, warna coat ini lebih mendekati warna Classic Blue. Tapi terkadang bisa tampak seperti warna Navy Blue. Bingung nggak tuh? Selain itu, pertimbangan saya saat membeli coat ini karena dulu saya sangat menyukai warna biru. 

Rekomendasi Tempat Beli Coat di Jogja
Coat warna navy yang saya beli di bazar di salah satu mal di Jogja.


3. Butik.

Beberapa tahun lalu, sekitar tahun 2008-2013, butik jadi tempat andalan saya untuk berbelanja baju-baju kuliah. Saat itu, butik yang ada di Jogja pun masih berjamuran, sering dengan merebaknya distro-distro lokal. Tak jarang, saya bisa menemukan coat dengan model yang klasik. Memang sih, tak semua coat yang dijual berasal dari brand-brand ternama. Tapi, bagi saya pribadi, asalkan nyaman dan modelnya everlasting sudah cukup. Mengingat saat itu masih kuliah, beneran nggak kepikiran deh untuk pakai baju mewah. Sungguh nggak mendukung aktivitas dan sesuai dengan jurusan kuliah! Pakai coat ke kampus bisa-bisa dilihatin asisten praktikum atau dosen praktikum lapangan.

Salah satu butik yang jadi langganan saya berada di kawasan Gejayan. Saya lupa nama butiknya. Tapi lokasinya tepat di seberang Kafe Gerobakku. Namun, saat ini butik tersebut sudah tutup. Dan kalau ditanya butik pengganti untuk hunting coat di Jogja belum ada sih sejauh ini. Tapi tenang, saat itu sudah banyak brand fashion lokal yang merilis koleksi outerwear, kok! Kapan-kapa saya share yang list brand kesayangan saya untuk berbelanja coat secara online. 

Rekomendasi Tempat Beli Coat di Jogja
Koleksi coat yang saya dapatkan dari salah satu butik di Jogja.


Selain ketiga tempat tersebut, saya mendapatkan insight dari teman-teman yang hobi awul-awul, kalau fashion item seperti coat juga bisa ditemukan di tempat thrift shopping di Jogja. Pujha Fashion dan Aneka Busana, misalnya. Ada lagi yang mau menambahkan?

Tips Sebelum Membeli Coat

Udah siap berburu coat untuk menemani aktivitasmu saat musim hujan? Udah tahu kan mau beli coat di mana aja kalau di Jogja? Nah, saya juga mau berbagi tips nih yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum kamu memutuskan untuk membeli coat.

1. Pertimbangkan model coat seperti apa yang cocok untuk bentuk tubuhmu.

Saat saya ingin membeli coat, saya selalu memikirkan prinsip ini. If you like a style on someone else, it doesn't mean it's going to work for you. Secara ya, terkadang saya juga bisa tergoda saat melihat seseorang tampil stylish saat mengenakan coat. Seketika saya juga mengamati bentuk tubuh orang tersebut. Jika memang berbeda 180 derajat, saya cukup mengaguminya saja. Tapi jika bentuk tubuh dan tinggi badannya sama seperti saya, model coat yang dipakai bisa dijadikan pilihan.

Untuk bentuk tubuh segita terbalik (Inverted Triangle), cocoknya sih saya memakai coat sebatas pinggul ya karena akan menonjolkan lekukan di bagian pinggul. Namun realitanya, kebanyakan coat yang saya beli justru panjangnya melebihi pinggul. Alasannya lebih karena faktor kenyamanan jika bagian pinggul tertutupi. Yes, meski teori pemilihan coat sebaiknya disesuaikan dengan bentuk tubuh, saya tetap bereksperimen saat memilih coat. Bagi saya, faktor kenyamanan adalah segalanya. Sisanya saya bisa menyiasati model coat yang saya pilih dengan gaya sehari-hari.

2. Pilih material terbaik dan sesuaikan dengan iklim.

Perbedaan iklim akan menentukan bahan coat yang sebaiknya kamu pilih. Jika kamu tinggal di musim dingin, cari coat berbahan wol. Atau jika kamu tinggal atau sering beraktivitas di lingkungan yang basah dan berangin, pilih coat yang waterproof dan tahan angin. Nah, karena saya tinggal di Indonesia dengan kondisi iklim yang cenderung panas, kebanyakan model dan bahan coat yang saya pilih adalah trench coat berbahan katun drill, suede, maupun jersey. Last but not least, jangan membeli coat yang tidak cocok dengan iklim tempat kamu tinggal, mungkin modelnya bagus, tapi kemungkinan besar kamu akan sangat jarang memakainya.

3. Pikir-pikir dulu sebelum membeli!

Coat harus menjadi investasi, jadi pastikan kamu meluangkan waktu untuk mempertimbangkan kembali sebelum membeli coat incaranmu. Jika kamu berbelanja di mal, pergilah jalan-jalan terlebih dahulu, sambil makan dan minum, lalu kembali dan coba coat-nya lagi. Taktik ini biasanya saya terapkan pada setiap coat yang jadi incaran saya. Seringkali berujung pada keputusan tidak jadi membelinya karena memang belum butuh atau memang coat tersebut tidak layak dijadikan investasi.

4. If in doubt, choose a neutral color!

Rekomendasi Tempat Beli Coat di Jogja
Camel coat jadi warna andalan saat memilih coat.

Black, navy, camel, mungkin dianggap membosankan, tapi faktanya ada alasan mengapa itu adalah warna coat yang paling umum. They go with everything! Jangan terlalu tergoda dengan warna-warna bold atau colorful, terutama bila kamu tak suka berpakaian dengan warna-warna cerah. Lain halnya jika kamu memang suka warna-warna berani ya, tak ada salahnya membeli coat dengan warna tersebut. Hanya saja, pastikan memilih gaya atau model yang berbeda ya, jangan terlalu mirip!

5. Cari di banyak tempat tujuan, baru kemudian memutuskan.

Terakhir, tips ini bisa kamu coba jika kamu ingin membeli coat dengan model yang sama dari berbagai brand. Cara ini biasanya saya lakukan jika banyak toko di pusat perbelanjaan mengeluarkan model coat sejenis dengan bahan dan warna yang mirip. Saya harus benar-benar memastikan, gaya apa yang akan saya kenakan saat membeli coat tersebut. Mana yang sekiranya worth to buy dan nggak bikin saya menyesal untuk membelinya.

Ok, semoga rekomendasi dan tips di atas bermanfaat buat kamu ya! Jika kamu membutuhkan saran dan ada pertanyaan lebih lanjut, saya akan senang hati menjawab lewat kolom komentar atau kamu bisa mengunjungi laman Instagram @aquamarlyn untuk respons lebih cepat menjawab kegalauanmu saat membeli coat.






You Might Also Like

0 comments

BRILIO.NET

LATEST VIDEOS

Perempuan Punya Karya

Perempuan Punya Karya