Review Ozora Foaming Cleansing Gel dan Ozora Skin Neutralizing Toner - Marlina

Review Ozora Foaming Cleansing Gel dan Ozora Skin Neutralizing Toner

12.00


Tren kecantikan terus berganti setiap tahunnya. Terlebih sejak pandemi Covid-19 melanda, tak sedikit pencinta skincare yang lebih peduli terhadap perawatan kulit wajah. Ya, secara aktivitas sehari-hari lebih banyak dilakukan di rumah saja. Belum lagi kini semakin banyak brand skincare bermunculan yang menghadirkan produk skincare yang menjanjikan. Alhasil para beauty enthusiast punya banyak pilihan untuk memenuhi kebutuhan kulit.

Namun, seiring banyaknya produk skincare di pasaran, saya jarang sekali mencoba-coba skincare baru. Apalagi kalau saya sudah nyaman dan cocok dengan suatu brand atau produk, biasanya saya tidak akan beralih ke produk lain. Sebut saja untuk produk facial wash. Saya jarang eksplorasi antara produk facial wash dari brand satu dengan brand lainnya. Namun, karena beberapa tahun belakangan banyak brand skincare lokal yang merilis produk facial wash, saya jadi senang untuk mencobanya setiap kali membutuhkan. Apalagi setelah mendengar testimoni teman-teman blogger kalau kualitas produk lokal sekarang tak bisa diremehkan. Saya makin tertantang deh untuk membuktikannya!

Tak hanya facial wash, saya juga jarang berganti toner setiap kali produk yang sedang dicoba habis. Apalagi saya sempat berkonsultasi dengan dermatologi dan mendapatkan informasi jika sebenarnya produk toner bukan skincare wajib dalam tahapan skincare routine. Menurut teori kesehatan kulit, justru pelembap paling penting penggunaannya, bukan toner dan serum. Pasalnya, serum itu sudah termasuk perawatan repair untuk kulit, jadi tergantung kebutuhan kulit yang berbeda setiap orangnya. Sementara toner sendiri jenisnya ada hydrating dan exfoliating, yang mana kalau hydrating toner termasuk dalam proses moisturizing. Dan kalaupun ingin exfoliating, tidak harus menggunakan toner. Paham, kan, ya?

Intinya, toner tak wajib kamu pakai jika memang kulitmu tak membutuhkan. Alhasil, saya pun tidak begitu terpaku pada produk toner dan lebih senang pada skincare wajib lainnya seperti sunscreen. Tapi nih, bukan berarti saya terus menghindari pemakaian toner ya! Saya tetap menggunakan toner dalam skincare routine. Hanya saja tidak terlalu ngoyo untuk coba-coba toner setiap kali ada yang baru atau bahkan viral di media sosial. Terlebih saya sudah punya toner andalan dari berbagai brand skincare dan sudah terbukti cocok di kulit wajah. Jadi ya pakai toner saat skincarean pasti itu lagi, itu lagi.

Tapi, tak bisa dinyana, sesekali saya juga merasa bosan dan ingin mencoba produk facial wash dan toner dari brand lainnya. Dengan pertimbangan utama yakni tak sekadar tertarik karena packaging yang menggemaskan, tapi karena manfaat produk yang sesuai kebutuhan kulit. Pun dengan penggunaannya yang praktis karena semakin bertambahnya usia dan semakin banyak mengenal berbagai skincare, saya justru pengin tahapan skincare yang simple dan basic. Karena saya meyakini penggunaan produk skincare yang terlalu banyak tak selalu menjamin hasil yang diharapkan. Lebih baik, percaya pada satu skincare yang memang care dengan keinginan dan kebutuhan penggunanya.

BACA: Review Ozora Brightening Treatment Essence dan Vitamin C Serum

Nah, baru-baru ini saya sedang mencoba facial wash dan toner dari brand Ozora Skincare, nih! Brand lokal ini sudah saya approve untuk masuk dalam skincare routine karena sebelumnya saya sudah mencoba produk dari Ozora Skincare dan terbukti cocok dan aman di kulit. So, let's try a new product!

Tentang Ozora Skincare

Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya di postingan review produk Ozora ini, Ozora Skincare ini merupakan brand skincare asal kota Yogyakarta yang sudah berdiri sejak tahun 2017. Meski sudah cukup lama meramaikan industri kecantikan di Tanah Air, pada tahun 2020 Ozora Skincare melakukan rebranding dengan menawarkan konsep dan packaging yang lebih menarik. Logo, packaging dan ingredients yang brand ini gunakan diperbarui sesuai dengan kebutuhan konsumen dan tren kecantikan di pasaran. Proses Ozora Skincare mengubah citra brand-nya ini nyatanya jelas terlihat pada tampilan produknya yang lebih segar dan kekinian.

Ozora Skincare menawarkan kualitas bahan-bahan yang memanfaatkan kebaikan dari alam. Maka tak heran bila brand ini tidak menggunakan bahan kimia, zat buatan, zat pewangi dan buatan dalam setiap produknya. Kelebihan Ozora Skincare lainnya adalah bebas merkuri, bebas hidrokinon, dan sudah terdaftar BPOM. Ini artinya produk-produk dari Ozora Skincare sudah melalui pemeriksaan oleh BPOM sebagai lembaga negara yang bertugas dalam perlindungan konsumen. Jadi, produk Ozora Skincare sudah dipastikan aman untuk digunakan, ya!

Ozora Brightening Series

Ozora Brightening Series adalah paket skincare yang memilliki kandungan alami dengan formula terbaik di kelasnya. Produk ini dirancang sedemikian rupa untuk memberikan perawatan terbaik bagi kulit, dengan formula yang membantu peremajaan kulit, menyamarkan bekas jerawat serta mencerahkan warna kulit. Produk ini direkomendasikan bagi pengguna skincare yang menginginkan kulit sehat, bersih, dan cerah alami. Mengetahui manfaat utama dari rangkaian Ozora Brightening Series ini membuat saya tertarik untuk membuktikannya.

Ozora Brightening Series


Ozora Brightening Series terdiri dari empat produk, yaitu Ozora Foaming Cleansing Gel, Ozora Skin Neutralizing Toner, Ozora Night Cream, dan Ozora Day Cream SPF 25. Namun, kali ini saya memilih untuk mencoba Ozora Foaming Cleansing Gel dan Ozora Neutralizing Toner terlebih dahulu untuk melihat langsung efek pemakaian di kulit wajah selama minimal 4 minggu pemakaian. Ya, untuk merasakan manfaat produk ini dibutuhkan waktu selama sebulan. Apalagi produk facial wash dan toner dari Ozora Skincare ini baru pertama kali saya coba, jadi saya ingin memastikan kedua produk ini benar-benar memberikan dampak bagi kulit. Tentu dibarengi dengan pemakaian rutin yang disesuaikan dengan aturan pemakaian.

Ozora Foaming Cleansing Gel

Jika teman-teman mengamati ulasan saya selama ini tentang produk facial wash, saya jarang sekali berganti-ganti produk. Ya, kalau saya sudah nyaman dan cocok dengan satu produk, biasanya saya malas untuk mencoba facial wash lainnya. Apalagi kalau saya sampai niat mengamati setiap kandungan facial wash. Bagi saya, asalkan facial wash yang saya pakai tidak membuat kulit terasa kering atau bahkan ketarik, sudah cukup untuk jadi skincare routine sehari-hari.

Lagi-lagi karena terkadang saya merasa bosan, saya pun sesekali mencoba produk facial wash di pasaran. Terbaru, saya mencoba Ozora Foaming Cleansing Gel dari Ozora Skincare. Menurut informasi yang saya baca dari website Ozora Skincare, produk ini secara efektif diformulasikan bekerja langsung ke pori-pori, membersihkan kotoran dan sisa makeup. Bahan aktif yang terkandung dalam Ozora Foaming Cleansing Gel bekerja mengurangi minyak berlebih dan menghaluskan tekstur kulit sehingga wajah terasa segar dan bersih lebih lama tanpa menjadikan kulit kering. Pembersih wajah ini diklaim aman untuk semua jenis kulit.

Lantas, bagaimana performa Ozora Foaming Cleansing Gel di kulit wajah saya? Apakah sesuai dengan klaimnya yang bikin tekstur kulit jadi halus dan nggak bikin kering? Senangnya, klaim produk ini benar-benar terbukti! Setelah pemakaian, kulit saya nggak terasa kering bahkan ketarik. Tekstur facial wash dari Ozora ini juga saya suka karena tipe gel yang ringan tapi bisa menghasilkan busa yang cukup. Rasanya puas banget kalau membersihkan wajah pakai Ozora Foaming Cleansing Gel saat kulit terasa lagi kotor-kotornya.

Ozora Foaming Cleansing Gel
Ozora Foaming Cleansing Gel dikemas dalam botol plastik yang simple dan clean.

Untuk kemasan Ozora Foaming Cleansing Gel sendiri, tak jauh berbeda dengan facial wash lainnya di pasaran. Hanya, pemilihan warna putih pada kemasan facial wash ini menjadikan look produk jadi lebih clean dan elegan. Ozora Foaming Cleansing Gel dikemas dalam botol plastik dengan model tutup fliptop sehingga memudahkan pengguna untuk mengambil isi produk. Pemilihan tutup botol model fliptop juga mengurangi risiko isi produk tumpah. Selain itu, karena menggunakan bahan plastik ringan, membuat produk ini praktis dan ringan untuk dibawa bepergian. Well, secara umum kemasan Ozora Foaming Cleansing Gel ini simple, clean, dan fungsional.

Ozora Skin Neutralizing Toner

Produk selanjutnya yang saya coba adalah Ozora Skin Neutralizing Toner. Toner ini bekerja untuk menyejukkan dan menenangkan kulit, serta menghilangkan kelebihan minyak, membersihkan kotoran yang tersisi di pori-pori dan mengembalikan keseimbangan pH alami kulit. Ozora Neutralizing Toner yang diklaim menghilangkan penumpukan minyak yang berlebih ini membuat kulit jadi terasa segar, bersih, dan lembut, serta membuat wajah tampak lebih kencang. Tak heran bila toner ini ideal digunakan untuk semua jenis kulit.

Selain manfaatnya, saya juga terkesan dengan packaging Ozora Skin Neutralizing Toner yang simpel dan memudahkan penggunanya. Toner dari Ozora ini dikemas dalam botol kaca spray sehingga membuat pemakaian toner ini jadi lebih praktis dan cepat. Ditambah lagi, dengan desain kemasan seperti itu juga membuat toner ini multifungsi dan travel friendly. Selain sebagai toner, saya bisa menggunakan produk ini sebagai face mist yang bisa disemprotkan ke wajah untuk melembapkan dan meningkatkan hidrasi kulit. Pun jika saya sedang menggunakan makeup, saya bisa retouch dengan mudahnya.

Ozora Skin Neutralizing Toner
Ozora Skin Neutralizing Toner dikemas dalam botol kaca dengan model spray sehingga praktis digunakan.
Untuk kandungan dari Ozora Neutralizing Toner ini jujur saya tidak terlalu khawatir seperti biasanya ketika mencoba skincare baru. Pasalnya, toner ini sebenarnya adalah Rose Water yang diformulasikan dengan kandungan lain seperti Alpha Arbutin, Glycerin, dan Citric Acid. Rose water sendiri bukan kandungan yang asing di dunia skincare karena sudah terkenal manfaatnya untuk kulit. Selain membantu menenangkan dan menghidrasi kulit, rose water juga diketahui memiliki efek antibakteri, antiseptik, dan antivirus, serta mampu mengurangi peradangan, dan meredakan nyeri.

Rose water atau air mawar juga mengandung vitamin A, C, dan E yang bekerja sebagai antioksidan yang dipercaya mampu melawan penuaan. Tentu manfaat ini sangat sesuai dengan kebutuhan kulit saya saat ini yang sudah mengalami tanda-tanda penuaan dini. Ya, di usia kepala tiga ini, kulit sesekali tampak kusam, elastisitas kulit juga berkurang, dan noda hitam di wajah bermunculan. Inilah mengapa jika ada produk skincare yang mempunyai manfaat antiaging sangat saya senang untuk dibuktikan efeknya di wajah.

Oya, perlu diperhatikan ya, kandungan rose water ini tidak semuanya bisa diterima oleh semua jenis kulit ya! Penggunaan bahan alami ini tetap dapat berisiko menimbulkan reaksi alergi atau hipersensitivitas. Saya sendiri sih tak mengalami masalah dengan rose water. Terbukti, selama satu bulan pemakaian Ozora Neutralizing Toner, kulit wajah tidak menunjukkan reaksi sensitif atau alergi terhadap kandungan air mawar.

Last but not least, Ozora Skin Neutralizing Toner ini menurut saya termasuk jenis hydrating toner yang bakal disukai siapa saja yang pengin merasakan segar sekaligus lembap usai pemakaian. Terlebih, cuaca di siang hari saat ini sedang panas-panasnya, pemakaian toner yang bisa menyegarkan wajah tentu akan sangat membantu memberikan hidrasi di kulit dan mengatasi kemerahan di wajah.

Review Pemakaian Ozora Brightening Series

Memasuki minggu terakhir di bulan April 2022 ini, sekaligus 10 hari terakhir di bulan Ramadan menjadi penanda bahwa saya sudah mencoba Ozora Brightening Series selama satu bulan. Sama halnya dengan mencoba skincare baru, saya selalu melakukan patch test terlebih dahulu sebelum akhirnya menggunakan produk ini secara rutin. Memang, cara ini umumnya dilakukan untuk pemilik kulit sensitif dan acne-prone saja, tapi untuk kulit normal-dry seperti saya juga tak ada salahnya untuk memastikan apakah kulit say yes atau malah say no dengan sebuah produk.

Biasanya, usai 24-48 jam melakukan patch test, saya baru bisa melihat reaksi di kulit. Jika aman-aman saja, tidak ada reaksi negatif di wajah, baru deh saya bisa dengan nyaman menggunakan produk tersebut. Untungnya, saat melakukan patch test Ozora Brightening Series di area sensitif, produk ini memberikan sinyal aman untuk diaplikasikan di kulit.

Oya, untuk bagian kulit yang dilakukan tes biasanya saya selalu aplikasikan pada bagian leher (di bawah telinga) dengan jumlah sedikit lalu diratakan. Cara mengaplikasikan pembersih wajah dan toner dari Ozora Brightening Series ini sedikit berbeda. Pasalnya, bentuk toner yang di-spray membuat saya harus hati-hati saat menyemprotkan pada bagian kecil permukaan kulit. Sementara untuk facial wash-nya saya oleskan saat mandi dan tunggu sekitar 20-30 menit (sembari mandi). Jadi, biasanya untuk produk facial wash saya tidak sampai menunggu 24 jam untuk memastikan keamanan produknya di kulit.

Selama masa pemakaian dua produk Ozora Brightening Series ini, saya tetap layering dengan skincare lainnya, seperti exfoliating toner, serum, moisturizer, sunscreen, dan bahkan face oil. Pemakaian tersebut menyesuaikan kebutuhan kulit dan mood saat skincare routine. Jadi, bisa dibilang untuk melihat hasil pemakaian facial wash dan toner Ozora ini tak bisa sepenuhnya dikatakan berkat kinerja produk tersebut. Tentu produk skincare lainnya turut membantu agar hasil yang diharapkan tercapai dan terpampang nyata di kulit wajah.

Namun, jika harus mengulas hasil pemakaian dua produk Ozora Brightening Series tentu ada yang bisa dijelaskan berdasarkan feel pemakaian selama satu bulan, berikut di antaranya:

  1. Kemasan Ozora Brightening Series yakni Ozora Foaming Cleansing Gel dan Ozora Skin Neutralizing Toner sama-sama simple, praktis, dan fungsional.
  2. Ozora Foaming Cleansing Gel terasa gentle saat diaplikasikan ke kulit. Ini berkat tekstur gelnya yang ringan sehingga tidak menimbulkan sensasi kering di kulit usai mencuci wajah.
  3. Sementara untuk manfaat Ozora Foaming Cleansing Gel untuk membersihkan kotoran dan sisa makeup terbilang cukup ampuh. Manfaat ini bisa terlihat karena saya sudah melakukan tahapan first cleansing menggunakan micellar water.
  4. Ozora Skin Neutralizing Toner memberikan efek hydrating sekaligus soothing dan calming di kulit wajah. Dengan demikian, toner ini sangat terasa manfaatnya saat kulit sedang butuh kelembapan ekstra atau bahkan terasa seperti terbakar akibat paparan sinar matahari.
  5. Toner dari Ozora Skincare tidak menyebabkan mata terasa pedih jika saat disemprotkan tidak sengaja mengenai area mata.
  6. Sesuai dengan namanya, Ozora Brightening Series ini sebenarnya merupakan rangkaian produk untuk mencerahkan kulit wajah. Namun, karena warna kulit saya cukup terang, jadi efek pemakaian produk ini memang tidak terlihat jelas. Hanya saja, selama pemakaian produk saya tidak melihat jika kulit terlihat kusam atau berubah undertone-nya.
  7. Ozora Foaming Cleansing Gel dan Ozora Skin Neutralizing Toner sudah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan kalau diamati dari bahan-bahan yang digunakan tidak ada yang membahayakan. Namun, untuk pemilik kulit sensitif perlu memperhatikan kandungan tertentu seperti rose water yang berpotensi menimbulkan reaksi alergi.
  8. Ozora Brightening Series bisa di-layering dengan skincare berbahan aktif sekalipun. Sebab, dua produk ini cukup gentle dan akan bekerja maksimal bila digunakan bersamaan dengan skincare lainnya.
  9. Klaim kandungan rose water dalam Ozora Skin Neutralizing Toner untuk membantu menenangkan dan menghidrasi kulit dapat terbukti di kulit wajah usai satu bulan pemakaian. Namun, manfaat kandungan ini untuk melawan tanda-tanda penuaan belum dapat terbukti karena masih membutuhkan waktu demi melihat efek yang nyata.


Lebih lanjut, saya akan meneruskan pemakaian Ozora Brightening Series yakni Ozora Foaming Cleansing Gel dan Ozora Skin Neutralizing Toner sampai produk tersebut habis. Nantinya akan saya update jika ada hasil pemakaian yang berbeda dari review singkat di atas, ya!



Terima kasih buat yang sudah mampir di postingan #MarlinaBlog kali in. Semoga review Ozora Foaming Cleansing Gel dan Ozora Skin Neutralizing Toner ini bermanfaat ya!







You Might Also Like

0 comments

BRILIO.NET

LATEST VIDEOS

Perempuan Punya Karya

Perempuan Punya Karya