First Impression: Safi Serum Essentials Review - Marlina

First Impression: Safi Serum Essentials Review

14.00

Review Safi Serum Essentials


Produk skincare yang menawarkan dosis bahan aktif yang lebih besar dan lebih kuat daripada facial wash atau moisturizer, serum wajah adalah jawabannya. Dirancang untuk menutrisi, melindungi, dan menghidrasi kulit, serum wajah adalah tahapan skincare routine yang bagus setelah membersihkan wajah dan sebelum penggunaan pelembap. Tak hanya itu, target permasalahan kulit dalam waktu jangka panjang juga menjadikan serum sebagai produk menjanjikan yang layak dibuktikan.

Maka tak heran, jika kini banyak brand kecantikan merilis produk serum wajah yang dirancang khusus untuk mengatasi permasalahan spesifik, seperti kulit kering, kulit berjerawat, hingga anti-aging. Masing-masing brand bersaing untuk menghadirkan produk serum berkualitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Di Indonesia sendiri, tak hanya brand skincare lokal yang meramaikan industri kecantikan, beauty brand dari negara tetangga juga tak kalah menghadirkan inovasi terkini. 

Safi, salah satunya. Merek skincare asal Malaysia ini ikut meramaikan industri kecantikan Indonesia sekaligus meyakinkan mayoritas pasar dengan mengantongi sertifikasi halal dari dua negara berbeda. Yaitu jaminan halal dari JAKIM (Jabatan Kemajuan Islam Malaysia) dan MUI (Majelis Ulama Indonesia). Label kecantikan halal ini juga mengklaim diri sebagai kosmetik vegan dan cruelty free sehingga para wanita muslim tak perlu mengkhawatirkan produk-produk Safi.

BACA JUGA: Launching Safi Hair Xpert

Varian skincare yang hadir di Indonesia pun beragam. Mulai dari facial wash, essence, serum, pelembap, dan masih banyak lagi. Jauh sebelum pandemi, tepatnya pada tahun 2019, saya sempat menyaksikan langsung launching produk perawatan rambut dari Safi, yakni Safi Hair Xpert. Dan beberapa waktu lalu, saya berkesempatan untuk menghadiri acara Safi KOL Gathering sekaligus launching Safi Serum Essentials.

Safi KOL Gathering: Launching Safi Serum Essentials

Acara Safi KOL Gathering diselenggarakan pada Sabtu, 24 September 2022 bertempat di Royal Ambarukkmo Yogyakarta. Seluruh Key Opinion Leader (KOL) hadir menggunakan dresscode nuansa putih dengan sentuhan navy, warna khas brand Safi. Warna navy blue yang juga dikenal dengan nama biru dongker dalam bahasa Indonesia ini memiliki makna dan filosofi tersendiri. Tentu Safi mengambil makna terbaik dari warna ini sehingga menjadikannya sebagai identitas visual setiap produknya.

Pukul 10.30 WIB, acara pun dimulai. Dibuka dengan sambutan dari CEO Wipro Unsa Indonesia, Mr. Amit Dawn yang rela menyempatkan waktunya untuk datang ke Yogyakarta dan menghadiri langsung acara ini. Momen ini jadi pertama kali bagi saya melihat lebih dekat sosok di balik kesuksesan brand Safi. Pada kesempatan ini, Amit Dawn juga menjelaskan alasan Safi baru merilis serum sekarang, di saat brand kecantikan lainnya sudah memiliki produk serum yang bervariasi.

"Ini berkaitan dengan prinsip Safi yang hanya merilis produk halal, natural, dan teruji. Efektivitas produk juga harus benar-benar terbukti. Jadi nggak hanya sekadar menggunakan star ingredients sekian persen, tapi kandungannya harus teruji supaya efektif untuk kulit sesuai dengan manfaatnya," ujarnya.

Mr. Amit Dawn
Mr. Amit Dawn selaku CEO Wipro Unsa Indonesia berbagi cerita soal perilisan produk Safi Serum Essentials.  

Dalam sambutannya, Amit Dawn juga mengungkapkan produk-produk Safi di pasaran telah melalui riset dari para ilmuwan dan ahli untuk membuat produk skincare halal dengan memadukan kekayaan alam dan teknologi modern. Ini juga yang menjadi alasan Safi baru merilis produk serum pada akhir tahun 2022, karena harus melewati proses produksi hingga uji dermatologi demi kualitas dan keamanan produk. Sama halnya dengan rangkaian produk Safi Serum Essentials yang tentunya sudah terjamin bahan baku hingga proses pembuatannya, serta memiliki keefektifan untuk kulit sehingga layak disandingkan dengan produk #SafiHalalNaturalTeruji lainnya.

Tak hanya Amit Dawn, Safi juga menghadirkan narasumber lain dalam acara #SafiKOLGatheringJogja kali ini, untuk berbagi cerita tentang produk #SafiSerumEssentials. Mereka adalah dr. Kusnindita Noria Rahmawati, Mila Alawiyah (beauty influencer), dan Kak Lena dari Safi Indonesia. Mulanya, mereka mengupas tentang jenis dan permasalahan kulit wajah, serta pentingnya memilih produk skincare yang sesuai kebutuhan masing-masing. Obrolan yang seru ini dipandu oleh Adinda Daffy selaku MC.

Safi KOL Gathering Jogja
dr. Kusnindita Noria Rahmawati selaku dermatologi tengah menjelaskan soal jenis dan permasalahan kulit wajah.

Mila Alawiyah juga berbagai produk Safi yang jadi andalannya. Sebagai pemilik kulit berjerawat, ia menceritakan jika permasalahan kulit tersebut dialami akibat pemakaian makeup sehari-hari. Sempat mengalami kendala dalam menemukan skincare yang cocok, Mila akhirnya mencoba rangkaian produk Safi Serum Essentials dan mengaku cocok dengan varian Blemish Treatment Serum karena dapat mengatasi jerawat atau bekas jerawat di wajahnya.

Para Key Opinion Leader juga berkesempatan untuk berbagai permasalahan kulit masing-masing dan  bertanya pada narasumber produk Safi varian apa yang sekiranya bisa jadi pilihan. Saya pun bertanya mengenai varian produk Safi Serum Essentials beserta kandungan-kandungan yang dipilih dalam rangkaian serum ini. Kak Lena yang mewakili pihak Safi meyakinkan saya jika varian produk Safi Serum Essentials ini sudah melewati proses uji dermatologi sehingga pemilihan kandungannya pun sudah dipertimbangkan sehingga harapannya efektif mengatasi permasalahan kulit yang diinginkan.

Namun, dr. Kusnindita tetap memberikan saran jika dalam penggunaan produk Safi Serum Essentials dimulai secara perlahan, tidak langsung melakukan teknik layering semua varian serum. Tak ada salahnya juga melakukan patch test sebelum mengaplikasikan serum pada wajah untuk benar-benar meyakinkan bahwa tidak ada reaksi negatif atau alergi usai penggunaan produk ini.

Safi Serum Essentials Review: First Impression


Usai acara Safi KOL Gathering, saya sudah tak sabar untuk mencoba semua varian Safi Serum Essentials di rumah. Namun, seperti anjuran dermatologi, saya akan mencoba satu per satu serum Safi yang terdiri dari lima varian produk ini. Tentunya ini membutuhkan waktu yang tak sebentar, terlebih bila ingin membuktikan klaim manfaat dari masing-masing varian. Untuk itu, saya akan memulai menggunakan Safi Serum Essentials sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan kulit saat ini.

Safi Serum Essentials terdiri dari lima varian produk, yaitu Safi Intensive Hydrating Serum, Safi Duo Lifting Serum, Safi Skin Renewal Serum, Safi Bright Up Serum, dan Safi Blemish Treatment Serum. Satu minggu belakangan, saya sudah melakukan patch test untuk semua varian Safi Serum Essentials dan dilanjutkan mencoba dua varian serum terlebih dahulu. Dua varian Safi Serum Essentials yang langsung mencuri perhatian saya adalah Safi Serum Essentials varian Intensive Hydrating Serum dan Duo Lifting Serum.

Well, sebelum saya berbagi first impression soal dua serum Safi, berikut detail star ingredients dan manfat utama dari kelima produk Safi Serum Essentials:

  • Intensive Hydrating Serum

Safi Serum Essentials Intensive Hydrating Serum diformulasikan dengan 5% Panthenol dan 8X Hyaluronic Acid untuk memelihara kelembapan secara intensif, menutrisi kulit wajah, dan memelihara skin barrier. Cocok digunakan kulit normal, kering, dan sensitif.

  • Duo Lifting Serum
Safi Serum Essentials Duo Lifting Serum diformulasikan dengan Double Action Formula, yang diperkaya dengan Retinoid, Ceramide III, dan Golden C Lift untuk kulit wajah tampak lebih muda, kencang, dan terangkat dalam 14 hari. Dapat digunakan untuk jenis kulit normal, kering, dan sensitif.

  • Skin Renewal Serum

Safi Serum Essentials Skin Renewal Serum mengandung 5% Niacinamide dan vitamin C untuk membantu menyamarkan tanda-tanda hiperpigmentasi, menutrisi kulit, dan menyamarkan garis-garis halus yang disebabkan oleh paparan sinar UV dan radikal bebas. Serum ini dapat digunakan untuk jenis kulit normal, kering, sangat kering, dan sensitif.

  • Bright Up Serum
Safi Serum Essentials Bright Up Serum diformulasikan dengan 50X vitamin C dan Hyaluronic Acid untuk kulit wajah tampak lebih cerah dan merata. Serum ini juga diklaim dapat menyamarkan noda hitam di kulit wajah, memelihara kelembapan dan skin barrier. Safi Bright Up Serum dapat digunakan untuk jenis kulit normal, kering, dan sensitif.

  • Blemish Treatment Serum

Safi Serum Essentials Blemish Treatment Serum mengandung AHA Hydra Complex, yaitu perpaduan AHA dan Hyaluronic Acid, serta Centella asiatica untuk merawat kulit berjerawat. Serum ini juga diklaim dapat mengontrol minyak berlebih, dan menyamarkan tampilan noda bekas jerawat. Selama penggunaan serum ini hindari area sekitar mata, mulut, dan membran mukosa lain. Dan hindari juga kontak langsung dengan sinar matahari.

Kelima serum terbaru dari Safi ini jika diamati memang mengandung star ingredients yang dikenal ampuh untuk mengatasi permasalahan kulit tertentu. Secara keseluruhan, Safi Serum Essentials termasuk serum dengan formula yang ringan, cepat meresap, dan tidak terasa berminyak. Selama pemakaian atau usai mengaplikasikan serum juga tak ada sensasi lengket. Sama halnya dengan dua varian serum yang sudah saya coba seminggu ini, Intensive Hydrating Serum dan Duo Lifting Serum. Kedua serum ini terbukti memang teksturnya ringan dan cepat meresap.

Untuk Safi Serum Essentials Intensive Hydrating Serum teksturnya sangat ringan, bahkan cenderung watery. Saat diaplikasikan, kulit wajah langsung terasa lembap dan saat di-layering dengan skincare yang punya efek hydrating atau soothing benar-benar makin nendang. Seolah makin melengkapi untuk memberikan kelembapan secara intensif. Senangnya lagi, serum ini juga tidak menggunakan fragrance apapun, juga tidak mengandung alkohol, dan hypoallergenic (tidak menyebabkan reaksi alergi atau iritasi). Serum ini jadi andalan saya saat ingin layering dengan skincare berbahan aktif atau sekadar ingin mendapatkan sensasi hydrating di kulit wajah.

Lain halnya dengan Safi Serum Essentials Duo Lifting Serum yang begitu pertama kali saya membukanya sudah tercium wewangian. Jika dilihat dari ingredients list yang tercantum pada kemasan serum, tidak tertulis dengan jelas aroma apa yang digunakan dalam serum ini. Namun, saya menduga aroma serum ini berasal dari fermentasi black tea atau bee venom yang digunakan sebagai bahan alaminya. Tapi yang jelas wewangian ini masih terbilang soft, sehingga saya tidak terganggu saat menggunakan Duo Lifting Serum ini.

Safi Serum Essentials Duo Lifting Serum

Sementara, untuk tekstur dari Duo Lifting Serum tak jauh berbeda dengan Intensive Hydrating Serum. Sama-sama ringan, cepat meresap di kulit, dan tak ada efek lengket serta greasy di kulit. Hanya saja memang formulanya sedikit lebih kental jika dibandingkan Intensive Hydrating Serum yang punya tekstur watery. Untuk efek serta hasil pemakaian belum bisa saya jelaskan lebih lanjut ya, karena saya baru menggunakan produk ini selama satu minggu. Dan klaim dari serum ini baru akan terasa dalam 14 hari pemakaian, jadi butuh waktu seminggu lagi untuk membuktikan apakah bisa #KetemuHasilNyata.

Oya, untuk kemasan Safi Serum Essential tak berbeda jauh dengan packaging produk serum pada umumnya. Hanya saja, saya mengapresiasi pemilihan warna dan desain kemasan yang minimalis. Alhasil Safi Serum Essentials terlihat clean, elegan, namun tetap terlihat informatif. Pasalnya, selain nama dan kandungan produk tercantum dengan jelas, Safi juga mencantumkan ingredients list secara lengkap, cara pemakaian, nomor BPOM, dan yang terpenting adalah label halal dan tanggal kadaluarsa (expired date). Sekali lagi, jaminan halal inilah yang menjadikan produk Safi jelas aman digunakan sehingga para beauty enthusiast (terutama wanita muslim) tak perlu was-was saat menggunakannya.

Last but not least, review singkat seputar Safi Serum Essentials cukup sampai pembahasan tekstur produk dan feel pemakaian dulu ya! Nantinya, saya akan update dalam satu ulasan yang mendetail mengenai produk serum terbaru dari Safi ini. Sekarang, saya akan meneruskan pemakaian serum yang sudah saya coba dan tentu saja membuktikan manfaat varian serum lainnya.

Safi KOL Gathering Jogja

Semoga review tipis-tipis kali ini bermanfaat dan kasih tahu dong di kolom komentar kalau kamu udah mencoba #SafiSerumEssentials juga! 





You Might Also Like

2 comments

  1. Waaahhh seruuuu! Btw aku juga pakai hydrating serumnya bikin lembab banget🀩

    BalasHapus
  2. Aku pakai hydrating serum nya, suka banget sih soalnya bisa menjaga kelembapan πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus

BRILIO.NET

LATEST VIDEOS

Perempuan Punya Karya

Perempuan Punya Karya