BEST PERFUMES 2022 - Marlina

BEST PERFUMES 2022

18.00

Best Perfumes 2022

Better late than never! Yes, tahun 2022 sudah lewat memang, tapi rasanya sayang jika tak ada ulasan terkait produk kecantikan yang jadi favorit sepanjang tahun lalu. Dan, salah satu yang ingin saya bagikan adalah parfum. Kenapa? Karena menurut saya industri parfum akan semakin menjamur tahun 2023 ini. Tahun 2022 saja sudah banyak parfum yang hadir di pasaran dengan wewangian yang enak-enak dan harga yang terjangkau. Tak hanya brand internasional, brand lokal pun merilis parfum yang bervariasi, lho! Nggak heran deh kalau akhirnya awarness orang-orang semakin tinggi terkait fragrance industry ini.

Sepanjang tahun 2022 lalu, sebenarnya belum banyak parfum yang saya coba. Kebanyakan memang parfum yang saya koleksi berasal dari brand-brand yang sudah familiar atau pernah saya coba rangkaian produk lainnya. Karena saya tipe pencinta parfum yang bila sudah menemukan notes yang sesuai, akan terus membeli parfum dengan notes itu-itu saja, entah dari brand yang sama atau kadang eksplorasi notes yang sama tapi dari brand berbeda. Apalagi kalau udah cocok sama satu brand, biasanya saya lebih tertarik untuk mencoba rangkaian produk kecantikan lainnya dari brand tersebut.



Sama halnya dengan deretan parfum yang jadi favorit saya tahun 2022 lalu. Jika diperhatikan pasti ada kesamaan notes dari masing-masing parfum yang akhirnya membuat saya menyukai mereka. Secara umum, sillage semua parfum ini cukup moderate, tapi kalau kamu pakai agak banyak bakalan tercium sama orang-orang di dekatmu, sih! Sementara projection semua aroma Eau de Parfum ini cukup baik, tapi nggak terlalu strong sampai bisa tercium hingga jarak 2 meter.

Tiap parfum ini juga punya longevity yang berbeda-beda. Ada yang bertahan dalam hitungan jam, tapi ada juga yang punya daya tahan di kulit saya hingga seharian. Hampir semua Eau de Parfum ini tergolong versatile sehingga cocok digunakan pada pagi hari atau malam hari. Tapi tetap saja semua kembali pada notes-nya. Misalnya, aroma sandalwood dan musky yang cenderung mewah pas digunakan untuk malam hari. Atau aroma floral dan fruity yang lebih segar dan ringan sehingga cocok dipakai sehari-hari.

Untuk review terkait wewangian yang jadi Best Perfumes 2022 versi #MarlinaBlog, simak penjelasan berikut ya! If that's news to you, you're welcome.

Burberry Her for Women

Her Eau de Parfum merupakan wewangian nuansa gourmand yang dirilis Burberry pada Oktober 2018. Ya, sudah lama memang parfum ini hadir di pasaran. Tapi saya baru berkesempatan untuk mencobanya tahun 2022 lalu. Tapi memang Burberry Her ini sudah menjadi wishlist parfum pada tahun 2021, yang langsung membuat saya jatuh cinta sejak penciuman pertama. Berawal dari ketidaksengajaan saat bertemu teman dari luar negeri yang sedang berkunjung ke Yogyakarta dan memakai parfum ini, saya langsung penasaran dengan aromanya yang lembut tapi langsung mengena di hati.

Burberry Her for Women


Menurut informasi dari laman fragrantica, Burberry Her dirancang untuk menangkap semangat muda seperti halnya kota London yang metropolis kreatif, eklektik, dan penuh semangat. Komposisi parfum ini sendiri dibuat oleh Francis Kurkdjian, pencipta parfum paling laris di dunia. Ia menggunakan aroma floral-fruity untuk menciptakan Burberry Her, dengan kombinasi buah berry sebagai top notes, violet dan jasmine ada di middle notes, dan woody-amber pada base notes.

Menilik notes yang terkandung dalam Burberry Her tak heran bila akhirnya saya jatuh hati pada parfum ini. Sebab parfum ini menggunakan aroma kayu (woody) yang menjadi unsur utamanya yang mana menjadi salah satu aroma yang saya suka. Untuk sillage parfum ini cukup moderate, bukan tipe parfum yang akan tercium saat kamu berjalan melewati kerumunan. Tapi kalau kamu pakai dalam jumlah yang banyak, kemungkinan memang akan menyebarkan area yang lebih luas di sekitar penggunanya. Sementara projection Eau de Parfum ini cukup baik, tapi nggak terlalu strong sampai bisa tercium kuat oleh orang yang ada di sekitar pengguna hingga jarak 2 meter.

Oya, Burberry Her ini memiliki longevity yang berbeda-beda, tergantung kondisi masing-masing penggunanya. Kenapa saya bilang demikian? Karena parfum ini hanya bertahan dalam hitungan beberapa jam di kulit saya, tapi pernah dipakai oleh seorang teman dan ternyata bisa bertahan hingga setengah hari. Padahal saya merasa sudah memakai parfum ini ke bagian titik-titik nadi dan tidak menyemprotkan parfum ke pakaian. Tapi tetap saja, daya tahannya berbeda.

"Burberry Her Eau de Parfum unik karena merupakan signature scent yang mudah diingat. Kamu dapat langsung mengenali ketika seseorang memakainya," jelas Francis Kurkdjian.

Last but not least, soal packaging. Burberry Her dikemas dalam botol mewah tapi tetap terlihat simple dan elegan, yang tersedia dalam ukuran 30, 50, 100 ml. Saya sendiri langsung membeli kemasan 100 ml, tapi next akan mengincar kemasan travel size-nya karena memang sudah yakin dan benar-benar cocok dengan aromanya. Selain itu, adanya pilihan parfum dengan kemasan mini ini praktis dan memudahkan pengguna yang ingin mencoba aroma Burberry Her tanpa harus blind buy atau merasa ragu jika harus beli vial atau decant parfum.

The Body Shop: Vibrant Bergamot Eau de Toilette 

Vibrant Bergamot Eau de Toilette diluncurkan pada tahun 2022. Awalnya saya pun tak menyangka akan jatuh cinta pada seasonal scents dari The Body Shop ini dan langsung menjadikannya Best Buy 2022. Apalagi jika menilik notes yang dominan floral. Tapi karena saya sedang butuh wewangian fresh yang cocok digunakan saat siang hari yang panas, akhirnya saya pun menyemprotkan Vibrant Bergamot Eau de Toilette ketika berkunjung ke store The Body Shop. Hanya dalam hitungan detik, saya pun langsung jatuh cinta pada aroma bunga yang khas dan menyegarkan.

Saat menilik main accords dari Vibrant Bergamot Eau de Toilette by The Body Shop, laman fragrantica menjelaskan jika memang parfum ini beraroma citrus untuk wanita, dengan kombinasi bergamot sebagai top notes, magnolia ada di middle notes, dan bunga Lily-of-the-Valley pada base notes. Jadi tak heran bila aroma bunga menjadi wewangian yang akan tercium jika menggunakan parfum ini. Dan saya pun cukup terkejut dengan kombinasi notes yang digunakan bisa membuat saya suka dan akhirnya menemukan parfum aroma floral yang pas di indera penciuman ini. Sebab, sangat jarang saya menemukan wewangian bunga di pasaran yang tidak membuat saya pusing dibuatnya.

Wewangian Vibrant Bergamot Eau de Toilette bisa dibilang tidak bisa tercium sangat kuat oleh orang yang ada di sekitar penggunanya. Lagi-lagi karena Vibrant Bergamot ini termasuk Eau de Toilette, yang mana memang aromanya lebih ringan daripada Eau de Parfum (EDP). Selain itu, kandungan alkohol yang tinggi di dalamnya, membuat EDP ini lebih cepat menguap dan membuat ketahanan aromanya hanya bisa bertahan sekitar 2-3 jam saja. Meski daya tahannya cukup singkat, EDT dari The Body Shop ini bagi saya pribadi sungguh layak masuk sebagai kategori Eau de Parfum karena bisa bertahan hingga 5 jam di kulit saya.

Tapi nih, meski bisa bertahan selama itu, projection Vibrant Bergamot Eau de Toilette cukup dekat, yakni hanya bisa tercium oleh orang yang berjarak 1-2 meter di sekitar penggunanya. Sementara untuk kemampuan EDT ini memproyeksikan aroma wangi dan mampu menyebarkan area yang lebih luas di sekitar penggunanya cukup rendah. Artinya, jika saya memakai EDT ini jejak aroma yang ditinggalkan tidak dapat tercium oleh orang-orang yang berada satu ruangan dengan saya.


Lalu, bagaimana dengan pemakaiannya? Cocoknya dipakai pagi, siang, atau malah malam hari? Semakin versatile, sebuah parfum cocok digunakan untuk berbagai situasi dan kondisi. Sama halnya dengan EDT ini yang memang menyegarkan dan memberi kesan ceria sehingga cocok dipakai setiap hari, pagi maupun malam hari. Tapi, karena komposisi notes-nya cenderung floral, menurut saya Vibrant Bergamot Eau de Toilette The Body Shop cocok digunakan pada pagi atau siang hari.

Zara Exotic Mimosa Eau de Parfum

Ketika masuk ke store Zara, tak hanya koleksi coat yang jadi perhatian, saya juga mengunjungi beauty section-nya. Di bagian tersebut, saya akan disuguhkan dengan begitu banyak pilihan parfum yang bisa digunakan untuk hampir semua suasana hati dan acara. Mulai dari aroma floral yang segar hingga aroma woody yang cenderung spicy. Ditambah lagi, harga parfum yang dibanderol Zara juga terbilang masih terjangkau. Jadi, saya selalu memanfaatkan momen ini untuk mengendus varian parfum yang sekiranya memiliki notes yang sesuai dengan kriteria.

Zara Exotic Mimosa


Salah satu parfum Zara yang menarik perhatian saya adalah varian Exotic Mimosa. Wewangian floral untuk wanita ini diluncurkan pada tahun 2022 lalu. Exotic Mimosa by Zara menggunakan perpaduan antara green notes dan sweet honey, dengan kombinasi powdery dan green notes sebagai top notes, Mimosa di middle notes, dan honey pada base notes. Meski parfum ini tak memiliki notes woody, tapi saya langsung suka sama aromanya yang meninggalkan kesan kalem selayaknya memakai bedak. Ya, kalau kamu senang dengan parfum beraroma powdery seperti ini, Exotic Mimosa sungguh layak dicoba!

Aroma powdery yang lembut dan tidak menusuk hidung ini menjadikan Zara Exotic Mimosa sebagai parfum yang bisa dipakai siang hingga malam hari. Saya sendiri lebih suka menggunakan parfum ini pada malam hari. Aromanya yang lembut seolah mendukung momen istirahat malam yang menenangkan, dengan kondisi tubuh yang bersih dan wangi. Alasan lain kenapa saya lebih suka memakai parfum ini pada malam hari karena daya tahannya yang terbilang singkat. Zara Exotic Mimosa hanya bisa bertahan selama kurang lebih dua jam pemakaian. Selebihnya, saya sudah tidak bisa mencium aromanya.

Untuk sillage parfum ini cukup rendah, bukan tipe parfum yang akan tercium oleh orang-orang yang berada dekat dengan penggunanya, atau bahkan tercium saat kamu berjalan melewati kerumunan. Artinya, jika saya memakai EDP ini, jejak aroma yang ditinggalkan tidak dapat tercium oleh orang-orang yang berada satu ruangan dengan saya. Sementara projection Eau de Parfum ini terbilang cukup dan nggak terlalu strong sampai bisa tercium kuat oleh orang yang ada di sekitar pengguna hingga jarak satu meter. Bisa dibilang, Exotic Mimosa ini adalah tipe parfum yang hanya bisa dinikmati sendiri oleh pemakainya atau seseorang yang sedang dalam posisi berdekatan dengannya. Terbayang, kan?

Alchemist Fragrance: Get My Mojo Back Eau de Parfum

Alchemist Fragrance Get My Mojo Back Eau de Parfum


Untuk para pencinta parfum lokal pasti udah nggak asing dengan merek Alchemist Fragrance. Apalagi varian parfum dari Alchemist marak diulas oleh beauty enthusiast di berbagai platform media sosial dan menjadikan merek ini kian happening. Saking banyaknya yang jatuh cinta sama parfum Alchemist, saya pun akhirnya tergoda untuk mencobanya. Apalagi setelah tahu kalau Alchemist Fragrance sister brand Rollover Reaction, brand makeup kesayangan yang sudah terbukti performanya di kulit wajah ini.

Alchemist Fragrance punya empat varian aroma klasik yang istimewa dan timeless dengan menanamkan sudut pandang modern dalam proses kreatifnya. Koleksi pertama yang Alchemist rilis pada awal 2021 terdiri dari Powder Room, Pink Laundry, Home Garden, dan Get My Mojo Back. Jika kebanyakan warganet menyukai varian Powder Room dan Pink Laundry, saya justru menyukai varian yang memiliki notes sesuai dengan preferensi pribadi ketika memilih wewangian.

Adalah Get My Mojo Back yang jadi pilihan saya dari varian parfum Alchemist Fragrance. Parfum ini merupakan perpaduan elegan antara gourmand dan woodiness yang diklaim dapat menciptakan euforia yang tak terlupakan. Benar saja, saat saya mencobanya langsung di store Rollover Reaction, aromanya sungguh bold dan meninggalkan kesan warm yang menyenangkan. Ini menjadikan parfum ini lebih cocok dipakai pada malam hari yang dingin, saat hujan turun, atau sebagai parfum andalan ketika bepergian ke negara yang punya musim salju.

Dan setelah menilik laman alchemistfragrance, Eau de Parfum ini memang menggunakan komposisi notes yang rich. Perpaduan yang digunakan untuk menciptakan Get My Mojo Black adalah  kandungan chocolate, blackcurrant, almond sebagai top notes, kemudian ada cedarwood, tuberose, sambac, jasmine di middle notes, dan sandalwood-amber pada base notes. Untuk pencinta parfum wewangian gourmand pasti terbayang kan aromanya? Kebanyakan teman atau orang-orang terdekat saya sih sejauh ini suka dengan aroma parfum ini. Hanya saja memang sebaiknya dipakai saat tertentu saja, seperti acara formal pada malam hari dan cuaca sedang dingin. 

Last but not least, untuk sillage parfum ini Alchemist mengeklaim cukup tinggi dengan memberikan bintang lima (skala tertinggi berupa 5 bintang). Namun, menurut saya sillage dari Get My Mojo Back cukup moderate. Sementara projection Eau de Parfum ini terbilang cukup strong sampai bisa tercium kuat oleh orang yang ada di sekitar pengguna hingga jarak satu meter. Dan untuk longevity parfum ini bisa bertahan 4-6 jam, menyesuaikan aktivitas dan kondisi selama pemakaian. Tapi, tak sedikit juga yang merasakan Get My Mojo Back awet dipakai seharian.

Well, sekian ulasan singkat tentang parfum-parfum yang jadi favorit sepanjang tahun 2022 lalu. Meski selain produk di atas, ada beberapa parfum lainnya yang juga saya coba, tapi keempat parfum ini sudah cukup mewakili jenis wewangian seperti apa yang saya suka dan membuat saya nyaman memakainya. Semoga bisa jadi rekomendasi buat kamu yang mungkin sedang ingin mencoba parfum baru, atau mungkin punya aroma kesukaan yang sama sehingga nggak bingung lagi harus beli parfum apa tahun 2023 ini.

via GIPHY


"Choosing fragrance isn’t always easy, but make the right choice by opting for a fragrance that reflects who you are and makes you feel good."



 

You Might Also Like

20 comments

  1. Wah, info parfum yang sangat bermanfaat nih. Jadi tahu deh kira2 parfum mana yang mesti dibeli. Yang ideal harumnya tahan lama dan kemasannya simple sehingga mudah dibawa ke mana2. TFS mbak.

    BalasHapus
  2. Adudududu..aku pengen yang Bodyshop..auto penasaran sama wanginya..Eh Zara juga sukaaa..ahhh suka semua deh...

    BalasHapus
  3. Beberapa kali lihat parfum bodyshp, cuma lihat aja nggak jadi jadi beli ahaha. Terkadang parfum itu identik dengan wangi seseorang ya mbak

    BalasHapus
  4. Noted mbak, rekomendasi ke empat parfumnya.
    Saya nggak suka pakai parfum, tapi suami saya suka. nah, dari ke empat rekomendasi ini, cuma the bodyshop yang saya kenal brand nya.

    BalasHapus
  5. Ya ampun, ada banyak kosakata tentang parfum yang saya baru baca di sini. Wadaaw, terasa bener kalau saya sangat minim pengetahuan tentang parfum. Tahunya cuma EDP, EDT doang hahaha. Trus kalau milih wewangian, asal suka aja baunya (dan harganya tentu) wkwkwwkw. Nggak mikir ini cocok buat pagi/siang/malam. Terus juga suka cobacoba, nggak fanatik sama aroma tertentu. Jadi, tidak ada bau khas dari saya hahaha

    BalasHapus
  6. Wah semua rekomendasi parfumnya harus dicatet nih, kebeneran parfum2ku lagi pada habis dan emang udah niat pengen ganti parfum karena udah bosen hehe. Melipir dulu ke marketplace buat survey harganya nih

    BalasHapus
  7. ini si Alchemist Fragrance aku pernah nyobain punya temanku, karena kebetulan waktu itu gak bawa parfum jadi selama traveling setiap hari pakai itu. Lumayan sih menurutku ya wanginya, tapi aku sampai sekarang pun belum beli.

    BalasHapus
  8. Parfumku dari dulu kayanya gak pernah ganti-ganti, heheh..soalnya merasa uda pas sama wangi yang sekarang atau gak berani mencoba parfum lain siih.. Bisa dicoba salah satu dari 4 rekomendasi kak Marlin untuk parfum 2023.

    BalasHapus
  9. Wah mantap ini rekomendasinya
    Jadi bisa pilih parfum yang baik ya mbak
    Yang wanginya enak dan tahan lama

    BalasHapus
  10. Dulu menilai parfum cuma dari wanginya enak (diendus) dan kurang enak. Gitu doang. Makin lama tau kalau ada filosofi dalam aroma, dan bisa menjadi identitas karakter seseorang. Kalau dari tulisan ini saya penasaran ama burberry her. Tapi kalau saya icip aromanya, kayaknya bakal milih zara.

    BalasHapus
  11. Widiihh, noted bangett ini mbaa
    Aku sukaaa aroma parfumnya the body shop.
    Mupeng buat shopping 😍

    BalasHapus
  12. kebetulan lagi explore parfum localan nih mba. Aku tertarik banget sama Saff & Co, Alchemist itu dan Onix. Nah yg Alchemist itu tuh yang bikin penasaran, aku prefer beli yang kecil-kecil di 15ml sebelum beli yang full 100ml gitu

    BalasHapus
  13. Aku sama sekali gak berpengalaman soal parfum. Jadi catat aja sih siapa tahu pengen . Hidungku tuh agak-agak sama bebauan. Paling suka parfum anak, hehehe. Mungkin kudu belajar sama Mi Rae ya. Nongol aja tuh di akhir

    BalasHapus
  14. Aku termasuk yang ga spesifik sih milih parfum
    asal cocok dan wangi menurut penciumanku aku pilih hehe
    tapi bener banget kayaknya perlu mulai memilih parfum yang bisa mempertegas karakter
    rekomendasi parfum terbaiknya ini inget2 nih mana tau ntar tertarik mau nyobain

    BalasHapus
  15. Parfum bagian dari kebutuhan kayaknya yaa mak, baik cowok cewek pada memakainya apalagi bagi yang sudah kerja.
    Bagus nih ulasan peringkat parfum yg banyak disukai...

    BalasHapus
  16. Terima kasih rekomendasinya jadi tertarik pengen tahu aroma parfum yang disebutin, lucu banget botol kemasan parfum Zara kayaknya wanginya enak ya...

    BalasHapus
  17. Sebetulnya aku bukan penggemar parfum, tapi liat parfum-parfumnya dan penjelasan wanginya seperti apa kok jadi penasaran ya, ahaha. penasaran sama wanginya zara, dari kemasannya keliatannya lembut deh wanginya :D

    BalasHapus
  18. aku pake the body shop dan zara cuma bukan varian yang mba sebutin xixix jadi penasaran pengen coba varian yg mba rekomendasikan nih tp syg yg Zara baru pisan klo beli lagi bisa2 dipelototin paksu hahah

    BalasHapus
  19. Botol botol parfumnya bikin gaga fokus, cakep cakep, ga heran ya selain koleksi parfum orng suka juga koleksi botolnya

    BalasHapus
  20. jadi ingat zaman pengantin baru, dihadiahi kakakku parfum, wangi banget dan suka deh dengan wanginya, semoga dengan parfum ini juga bikin semangat

    BalasHapus

BRILIO.NET

LATEST VIDEOS

Perempuan Punya Karya

Perempuan Punya Karya