5 Fakta drama Korea The Glory, Song Hye-kyo ditampar betulan saat syuting - Marlina

5 Fakta drama Korea The Glory, Song Hye-kyo ditampar betulan saat syuting

09.00

drama Korea The Glory


Tiga hari setelah The Glory tayang pada 30 Desember 2022, serial Korea ini langsung melesat ke peringkat tiga di daftar Top 10 Global Netflix (Non-English) sekaligus memasuki daftar Top 10 di 19 negara. Sejumlah media global pun memberikan pujian bagi The Glory berkat ceritanya yang mendetail, pelik, dan mampu mengangkat berbagai sisi emosional. Tak ketinggalan, para penggemar meyambut gembira sejak pengumuman jajaran nama besar para pemeran utama. Saya pun dibuat terkejut usai mengetahui jika ratu komedi romantis Korea, Song Hye-kyo akan memerankan karakter yang penuh amarah untuk membalas dendam terhadap orang-orang yang  menghancurkan masa sekolahnya.

Ya, drama Korea The Glory memaparkan kisah Moon Dong-eun yang diperankan Song Hye-kyo, mengalami perundungan di masa lalu dan kini bertekad untuk membalaskan dendamnya. Forbes menyatakan bahwa, "Dalam menggambarkan Dong-eun, Song Hye-kyo menghadirkan karakter yang rapuh sekaligus membabi buta dalam misinya untuk menghancurkan orang-orang yang dulu menindasnya." Sementara Datebook menyampaikan, "Moon Dong-eun rela bertahan dalam penantian yang panjang karena balas dendam adalah tujuan hidupnya."

Tak hanya karakter yang diperankan Song Hye-kyo saja yang menarik, kehadiran aktor Lee Do-hyun dalam serial The Glory juga tak kalah apik dan pelik. Ditambah lagi, ada campur tangan penulis Kim Eun-sook yang terkenal lewat karyanya dalam serial Guardian: The Lonely and Great God, Descendants of the Sun, juga The King: Eternal Monarch, turut membuat serial ini layak untuk ditonton.

Saya pun sudah tak sabar untuk menonton drama Korea The Glory sejak mengikuti konferensi pers serial ini akhir Desember 2022 lalu. Selain bisa kembali melihat akting Song Hye-kyo, saya juga penasaran dengan plot cerita berupa upaya balas dendam yang disusun selama lebih dari 20 tahun. Apakah upaya tersebut berhasil dan menghasilkan rasa puas bagi korban? Sekaligus bertanya-tanya apakah balas dendam bisa menyelesaikan segalanya?

https://www.ismarlina.com/
Para pemain drama Korea The Glory saat menghadiri konferensi pers (foto: Netflix)
Ya, meskipun dibalut rasa penasaran, saat The Glory tayang, saya memutuskan menunda satu hari untuk menontonnya. Karena ternyata genre serial ini tak mudah untuk ditonton. Terlebih suasana hati sedang tak baik, rasanya malah makin menyedot energi positif jika harus menonton bagaimana karakter penuh amarah memainkan perannya sepanjang episode. Benar saja, ketika akhirnya mulai menonton The Glory, saya sudah dibuat berkecamuk melihat kasus perundungan yang dialami oleh Moon Dong-eun di masa sekolah. Pendalaman sisi emosional karakter juga sangat apik sekaligus bikin geregetan.

Sejumlah sisi menarik dari drama Korea The Glory ini juga diungkap selama konferensi pers, termasuk adegan nyata yang dilakukan langsung oleh pemeran utamanya. Lebih lanjut, berikut fakta menarik serial The Glory yang saya coba susun berdasarkan momen konferensi pers dan juga dirangkum dari berbagi sumber. Siapa tahu bisa jadi gambaran buat kamu yang belum nonton serial terbaru Song Hye-kyo ini.

1. Gagasan cerita berasal dari pertanyaan anak penulis.

Penulis Kim Eun-sook yang dikenal memukau penonton melalui serial The King: Eternal Monarch, Guardian: The Lonely and Great God, dan Descendants of the Sun kali ini sejenak meninggalkan cerita romansa dan berpaling pada isu kekerasan sekolah berkat pembicaraan dengan anaknya yang duduk di bangku SMA.

"Mana yang lebih menyakitkan, aku memukul seseorang sampai mati atau aku dipukul sampai mati," kata Kim Eun-sook mengulangi pertanyaan putrinya.

Gagasan cerita yang diakuinya berasal dari pertanyaan putrinya itulah yang akhirnya dilanjutkan dengan melakukan riset untuk mengetahui kondisi mental para penyintas perundungan masa sekolah. Salah satu hal yang menarik perhatiannya adalah fakta bahwa para penyintas sebenarnya tak menuntut kompensasi materi, melainkan meminta permohonan maaf secara tulus dari pelaku.

"Dari membaca wawancara dengan sejumlah korban kekerasan di sekolah, saya dapati bahwa yang mereka inginkan bukanlah kompensasi material, melainkan permintaan maaf yang tulus. Ketika mengalami kekerasan, para korban kehilangan sesuatu yang tak berwujud seperti harga diri. Menuliskan cerita ini merupakan cara saya menyokong para korban untuk bisa pulih," terangnya.

2. Song Hye-kyo ditampar betulan saat syuting.

Song Hye-kyo yang tenar melalui peran-perannya di berbagai serial melodrama tampil mengejutkan melalui karakter Moon Dong-eun yang penuh amarah. Kata sang aktris, "Sudah lama saya mendambakan genre dan karakter seperti ini. Begitu membaca naskahnya, saya tahu inilah yang saya cari-cari selama ini. Cerita (Dong-eun) begitu tragis namun ditulis dengan sangat cermat. Bermain di The Glory seperti memasang wajah yang sama sekali baru, yang tidak dikenal orang sekaligus menantang, tapi sungguh menyenangkan."

Drama Korea The Glory
Song Hye-kyo memerankan karakter penuh amarah di serial The Glory.

Sutradara An Gil-ho memuji kemampuan akting Song Hye-kyo yang mampu menggambarkan kebencian mendalam hanya dengan ekspresinya. Ia bahkan menyebut sinkronisasi antara karakter Moon Dong-eun dengan Song Hye-kyo sangat cocok, bahkan disebutnya mencapai 120 persen. Dan yang lebih mengejutkan lagi nih, ia juga sempat merinding melihat adegan nyata yang harus dilakoni sang aktris. Bahkan ada satu adegan yang dilakukan betulan oleh Song Hye-kyo dan lawan mainnya.

Drama Korea The Glory
Song Hye-kyo ditampar betulan oleh lawan mainnya, Lim Ji-yeon.

Menurut laman Koreaboo, Song Hye-kyo dan Lim Ji-yeon mesti melakukan adegan saling tampar yang dilakoni betulan. "Aku berpikir bahwa adegan ini harus dilakukan sekali, lalu ganti ditampar (oleh Song Hye-kyo). Setelah adegan itu, kami berdua bengkak," ujar Lim Ji-yeon.

Song Hye-kyo menimpali bahwa ditampar betulan saat syuting adalah pengalaman pertama sepanjang karier. "Aku sudah berkarier lama sekali, tapi ini adalah untuk pertama kalinya aku ditampar sekerasi ini," katanya.

3. Lim Ji-yeon, pemeran Park Yeon-jin akui terkejut saat tahu karakternya.

Aktris Lim Ji-yeon yang memerankan Park Yeon-jin, si perundung Moon Dong-eun, mengutarakan rasa terkejutnya ketika pertama kali membaca naskah The Glory. "Karakter saya merupakan pelaku yang lahir dari keluarga kaya dan berkuasa. Awalnya saya coba memahami mengapa dia melakukan kekerasan. Tapi jawaban yang saya temukan adalah dia hanya tidak sadar, dia tidak tahu bahwa menyakiti orang lain itu salah. Dan ini akibat seumur hidupnya ia tidak harus bekerja keras untuk meraih sesuatu. Ia sama sekali tidak punya rasa bersalah," terang Lim Ji-yeon.

Drama Korea The Glory
Lim Ji-yeon mengambil peran antagonis, perundung yang menyiksa protagonis.

Sejauh ini, Lim Ji-yeon memang sering mengambil peran protagonis wanita atau karakter pendukung dengan sifat lembut dan anggun. Tapi dalam serial The Glory, dia mengambil tantangan untuk berperan sebagai antagonis, perundung yang menyiksa protagonis.

Ketika diumumkan bahwa Lim Ji-yeon akan berperan sebagai tokoh antagonis dalam drama tersebut, banyak netizen yang terkejut karena ia adalah seorang aktris yang sering memerankan karakter wanita dengan kepribadian pendiam. Sama halnya dengan saya yang malah langsung teringat dengan karakternya di drama Korea Obsessed yang sungguh panas.

 

Namun demikian, penulis Kim Eun-sook mengungkapkan dalam sebuah wawancara mengapa ia memilih Ji-yeon untuk karakter antagonis di serial The Glory. "Saya memutuskan untuk mengambil risiko pertama dengan memilihnya sebagai antagonis meskipun ada kekhawatiran dia akan mengacau karena ini adalah pertama kalinya dia berperan sebagai penjahat," jelasnya.

Nyatanya, kekhawatiran ia akan mengacau terhapus begitu drama The Glory tayang perdana. Netizen terkejut ia bisa memerankan dengan apik karakter Park Yeon-jin. "Dia bertindak sangat gila sehingga aku akan takut padanya. Saya juga tidak dapat mengingat karya-karyanya sebelumnya karena dia memainkan peran ini dengan sangat baik. Dia berakting dengan baik dan sangat natural, meski sebagai perundung sekalipun," tulis seorang netizen yang dikutip dari laman allkpop.

4. Lawan main Song Hye-kyo, Lee Do-hyun, siapkan dialog hingga lima versi.

Do-hyun berujar bahwa karakter Joo Yeo-jung yang ia perankan memiliki sisi implisit yang membangkitkan rasa ingin tahu. Sang aktor juga bercerita bahwa demi hasil yang maksimal dan menggambarkan sisi emosional yang pelik, kala syuting ia menyiapkan sekitar empat hingga lima versi untuk dialog yang ia ucapkan.

"Karakter Yeo-jung tidak seperti karakter yang jelas, punya sisi dualitas dan berada di tengah-tengah, tetapi dia memiliki karakternya sendiri. Jadi saya ingin memastikan bahwa saya berhasil melalui karakter ini," ucapnya.

Drama Korea The Glory
Lee Do-hyun berperan sebagai Yeo-jung yang ingin membantu orang yang dia cintai, Dong-eun, membalas dendam.

Lebih lanjut, Do-hyun juga mengungkapkan bahwa dirinya banyak berdiskusi dengan sutradara An Gil-ho tentang bagaimana memerankan karakter Yeo-jung, karena emosinya terhadap Dong-eun harus tepat. Tidak terlalu eksplisit, tetapi juga tidak terasa hambar. Banyak adegan yang ia lakukan berdasarkan pemikiran ini.

Saya pun mengakui bahwa usaha yang dilakukan Do-hyun untuk mendalami karakternya berhasil. Saat melihat perannya yang ingin membantu orang yang dia cintai membalas dendam. Sangat terlihat bahwa Do-hyun berhasil menciptakan karakter Yeo-jung yang mengkhawatirkan Dong-eun dengan love languange yang menyentuh. Ia tahu tujuan akhir yang ingin dicapai Dong-eun, tapi dia menunjukkan rasa cintanya lewat dialog dan perbuatan yang sederhana tapi mengena.

"Kami selalu mengatakan glory berarti sesuatu yang baik, tetapi dalam The Glory, orang melakukan hal-hal buruk untuk mengatasi luka mereka dan membalas dendam. Itu bisa menjadi kemuliaan bagi mereka. Tapi itu membuat saya mempertanyakan apakah hal-hal yang saya lakukan untuk kebaikan saya sendiri harus selalu positif dan mulia," terangnya saat ditanya tentang definisi karakternya tentang "kemuliaan". 

5. Ending bagian pertama yang menggantung.

Penayangan The Glory akan dibagi menjadi dua season. Bagian pertama mulai tayang pada 30 Desember dan bagian kedua menyusul di Maret 2023. Saat kamu memutuskan untuk menonton bagian pertama serial The Glory, siap-siap untuk menghadapi ending yang menggantung. Alhasil, penonton makin dibuat kesal sekaligus penasaran menantikan akhir cerita balas dendam. Kalau kata warganet nih, mau heran tapi ini Netflix!

Saya pun jelas ikut dibuat tak sabar menyaksikan ending The Glory yang dipotong pada bagian pertama saat adegan sedang seru-serunya. Dan satu per satu fakta terkuak! Meski masih ada plot twist yang mencengangkan dan belum terpecahkan. Salah satu adegan yang membuat saya kesal adalah momen Park Yeon-jin tahu tempat tinggal Moon Dong-eun, yang tepat berada di depan rumahnya. Ia juga melihat deretan foto dirinya dan orang-orang yang dahulu merundung Dong-eun.

Drama Korea The Glory


Di saat bersamaan, Yeon-jin sadar jika ia seharusnya membunuh Dong-eun, bukan hanya sekadar membunuhnya. Tak hanya itu, adegan Ha Dong-Yeon yang kembali bertemu Dong-eun sekaligus memastikan perundungan yang dilakukan istrinya semasa sekolah. Meski awalanya skeptis dan berusaha masih mempercayai istrinya, tapi saat melihat Yeon-jin di apartemen Dong-eun seolah meyakinkan tindakan kejam yang benar-benar dilakukan istrinya.

Dan yang bikin penasaran adalah menghilangnya Son Myeong-oh, orang pertama yang dimanfaatkan Moon Dong-eun untuk membalaskan dendamnya. Di salah satu adegan tampak Myeong-oh bergelimang darah dan tak sadarkan diri. Pelakunya tampil memakai sepatu yang dipakai oleh Park Yeon-jin dan Choi Hye-jeong. Apakah mereka pelakunya? Apakah Myeong-oh benar-benar sudah mati?

Sejauh ini bocoran dari pihak Netflix adalah bagian kedua masih dalam proses syuting, jadi belum ada informasi apapun yang bisa dibagikan terkait kelanjutan cerita The Glory. Sementara itu, dalam video komentar yang dirilis oleh Netflix Korea, Kim Eun-sook menyebutkan bahwa bagian pertama hanyalah proses build-up untuk pengembangan cerita sebenarnya di bagian kedua.

"Di bagian kedua, semua hubungan yang terjalin selama ini akan bergulir seperti bola saju. Saat bergulir, bola salju akan semakin membesar dan besar, membuatnya lebih menyenangkan dan keren untuk ditonton," jelas Kim Eun-sook.


Diperkirakan bagian kedua akan mengungkap kejahatan para pelaku, sehingga membuat upaya balas dendam Dong-eun sukses. Well, kita tunggu saja akhir cerita balas dendam Moon Dong-eun yang cerdas di serial The Glory ini. Buat yang sudah menonton 8 episode pada bagian pertama The Glory, gimana nih pendapatmu soal drama Korea ini? 

Last but not least, mari kita penasaran bersama-sama sampai bulan Maret 2023 nanti, ya!








You Might Also Like

25 comments

  1. Song Hye-kyo nih se kaliber itu ya...peran apa aja sm dia dilahap dan jadi banget sih. ga membuat kita tertukar dengan peran2 dia di drama yang lain

    BalasHapus
  2. Aku udah skip waktu baca sinopsisnya the glory walaupun aku pendukungnya song hye-kyo Unie tapi aku tetap memikirkan kesehatan mentalku kalau nonton ini bisa-bisa aku jadi banyak kepikiran 😆

    BalasHapus
  3. Lagi seru-serunya nonton taunya cuma 8 episode. Udah feeling sih pasti ada season 2 nya. Beneran kan. Kita tunggu aja beneran menang gak ya buat balas dendamnya

    BalasHapus
  4. Menurutku oke banget film ini, sangat memacu adrenalin, lumayan nguras pikiran juga, kalo saya sih suka nontonnya kalo lagi me time dan anak - anak lagi libur sekolahnya, jadi lumayan ga banyak aktivitas yang mengharuskan berhenti nonton dulu, ga sabar tau endingnya gimana..

    BalasHapus
  5. Perundungan itu memang bisa meninggalkan bekas yang mendalam ya, bisa terbawa sampai dewasa, bahkan menimbulkan dendam. Kayak di drama the Glory ini, penantian panjang 20 tahun untuk membalas dendam masa sekolah dulu pada orang-orang yang pernah merundungnya.

    Wah ada adegan ditampar keras betulan saat syuting, seserius itu ya penggarapannya

    BalasHapus
  6. Aku udah nonton dramanya dan emang keren banget siiih! Gemes banget nunggu season 2 penasaran parah ama keberpihakan suaminya Yeonjin, apakah dia bakal dukung istrinya atau berpihak ama Dong Eun

    BalasHapus
  7. Aku udah tamat nonton season 1 nya, tinggal nunggu lanjutannya bulan Maret ya.

    Sepertinya ini drama pertama SHK dengan karakter yang belum pernah dia mainkan sebelumnya ya. Lumayan berhasil dia memerankan perannya.

    Di drama ini pula untuk pertama kalinya aku liat dia lebih tirus dari biasanya. Entah karena tuntutan peran, atau kamera yang akhirnya memperlihatkan kondisi aslinya dia saat ini, jadi tampak jelas kalau dia memang udah berumur. Pada beberapa scene memperlihatkan beberapa titik pada kulit wajahnya yang tidak semulus fotonya di IG (foto kan bisa diedit ya), dan di mataku, asli di sini dia keliatan tua, ga kayak biasanya di foto-foto dia. Jadi agak ganjel liat dia dipasangkan sama Do Hyun, lebih kayak ponakan dan tante. Coba kalau aktornya Kim Nam Gil yang dewasa dan matang. Cocok hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mak, di beberapa scene wajah Hye-kyo (akhirnya) terlihat sesuai usianya yang yaa memang sudah tua. Soal dipasangkan sama Do-hyun emang banyak yang meragukan sih, tapi chemistry dan akting doi menurutku bagus sih membawakan karakter Joo Yeo-jung ~

      Hapus
  8. Begitulah kiat agar banyak penonton makin penasaran dengan ending menggantung. Tenang Maret tidak begitu lama buat nonton kelanjutan

    BalasHapus
  9. Sangat menjiwai banget ya sampai saling tampar beneran. Kayaknya kalau saya menonton drama ini harus dalam kondisi lagi enak. Karena cerita seperti bullying bisa bikin saya terbawa emosi

    BalasHapus
  10. Aku biasanya kalau film Song hye kyo ga pernah ketinggalan, tapi yang ini malah gak kecolek sama sekali. Ditampar beneran, bikin auto pengen ngejambak yang nabok gak siiiih!

    BalasHapus
  11. Aktingnya Song Hye Kyo memang tak pernah diragukan lagi, ya. Kali ini main di 'jalur' lain pun bisa bombastis.

    Keren sihh, beneran ditampar gitu. Totalitas banget. Semoga season 2 nya segera tayang.

    BalasHapus
  12. Aku belum pernah nonton The Glory, mbak hehehe :D Wah, keren amat nih Lim yang biasanya berperan protagonis kalem2 baek hati gitu tahu2nya melakoni si perundung dan segala sifat antagonis di drama Korea yang satu ini. Ada tampar2an beneran pula, wah gimana itu ya, habis dong pipinya hihihi kasihan :(

    BalasHapus
  13. Daebak!
    Song Hye Kyo eonni totalitas banget berakting di The Glory.

    Alhamdulillahnya, adegan tampar ini gak take bolak-balik ya..
    Aku jadi inget drama Radio Romance yang aktris penggantinya kudu take bolak-balik adegan nyebur ke danau akibat ketidakprofesionalnya aktris utamanya.

    HIH!

    Semoga The Glory season 2 kembali menuai pujian dan rating yang jauuuuh melampaui yang season pertama.
    Standing applause buat semua tim The Glory.

    BalasHapus
  14. aah, aku belum nonton tapi udah dapet spoiler dari mana-mana, ahaha. tapi gapapa, malah jadi semakin memperkuat keinginan untuk nonton. apalagi Song Hye Kyo juga keliatan beda dan di sini teruji banget kemampuan actingnya. bener drakor yang layak tonton nih

    BalasHapus
  15. Duh masih lama ya part to The Glory baru tayang Maret mendatang ya. Mengapa tidak awal Februari ini saja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, season 2 baru tayang Maret mendatang. Penginnya sih nggak lama-lama karena udah penasaran sama ending-nya, tapi kabarnya masih proses syuting jadi ya belum bisa tayang segera huhu ~

      Hapus
  16. Totalitas banget ya sampe mau ditampar beneran. Sekelas song hye kyo lo. Aku belum nonton mak takut ga sanggup sama asegan bully membully nya

    BalasHapus
  17. Iya mbak, drama ini meraih rating tinggi
    Tapi aku belum berani nonton
    Aku takut nonton drama tentang perundangan

    BalasHapus
  18. Gak sabar nunggu kelanjutannya nanti mba keren drakor The Glory kisah Moon Dong-eun yang diperankan Song Hye-kyo, suka bngt sama aktingnya.. pelajaran buat para tukang.bully

    BalasHapus
  19. Aku suka banget mbak Hye Kyo akhirnya beranio mengambil peran seperti ini, soalnya utk membuktikan bahwa aktingnya gk monoton yaa.
    Tapi terus terang pemeran yang paling ku suka di The Glory ini justru Lim Ji-yeon. Ekspresinya itu lho sungguh tampak nyebelin secara alami :D
    Gak sabar nunggu lanjutan drama ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, drama ini jadi pembuktian kalau Mbak Hye-kyo sebagai ratu drama romantis bisa juga perankan karakter penuh amarah sebagai korban perundungan. Soal ekspresi Lim Ji-yeon emang juara sih bikin penonton ikutan emosi!

      Hapus
  20. Wow sampai ditampar beneran, heuheu... Demi totalitas akting yaa.

    Memang benar sih mbak nonton The Glory butuh mood yang OK supaya ga mudah terbawa suasana gelap di dramanya. Isinya perundungan dan balas dendam malah buat bad mood.

    BalasHapus
  21. aku belum berani nonton ini mak, khwatir ketrigger hahaha, tapi penasaran sama aktingnya si song hye kyo

    BalasHapus
  22. gemes ama endingnya kesel ternyata lanjut season 2 hidihhhh kan aku penasaran gimana balas dendamnya ituuu. selain song hye kyo aku ngeh sama doyoong spesialis noona2 untung di drama ini dihitung sama usianya

    BalasHapus

BRILIO.NET

LATEST VIDEOS

Perempuan Punya Karya

Perempuan Punya Karya