Review Aulia Moisturising Daily Lotion dengan UV Protection, harga di bawah Rp 20 ribu - Marlina

Review Aulia Moisturising Daily Lotion dengan UV Protection, harga di bawah Rp 20 ribu

09.00

Review Aulia Moisturising Daily Lotion


Pencarian sunscreen untuk wajah sejauh ini sudah berhasil. Meski masih ada begitu banyak produk sunscreen yang belum dicoba, tapi saya sudah menemukan sunscreen andalan untuk melindungi kulit wajah dari dampak buruk sinar matahari. Tapi bagaimana dengan bagian tubuh yang lain? Ya, sulit memang untuk menemukan lotion yang mengandung SPF untuk perlindungan dari kepala hingga ujung kaki. Apalagi saya inginnya tak hanya sesuatu yang melindungi, tetapi juga produk yang tidak meninggalkan whitecast dan selalu membuat kulit terhidrasi dan bebas sensasi lengket.

Jika tahun 2022 lalu, saya fokus eksplorasi produk body care dengan tekstur yang terasa menyenangkan sekaligus melembapkan di kulit. Maka, tahun 2023 ini saya menambah daftar pencarian produk perawatan kulit dengan kandungan SPF. Entah itu body lotion, body butter, body serum, atau bahkan body yogurt jika memang ada brand kecantikan yang merilis produk demikian. Dan, pada bulan Januari ini saya akhirnya berkesempatan untuk mencoba body lotion dengan UV protection.

Adalah Aulia Moisturising Daily Lotion, pelembap kulit dari brand lokal Aulia Cosmetic yang berbasis di Tangerang, Banten. Lotion ini jadi produk perawatan tubuh pertama yang saya coba sekaligus berkenalan dengan Aulia Cosmetic, yang sebelumnya sempat saya kira bahwa ini brand kecantikan baru di pasaran. Ternyata, Aulia Cosmetic sudah memulai bisnis sejak tahun 1990-an yang fokus membuat produk-produk kosmetik dan personal care. Hingga akhirnya pada tahun 2000, brand ini berganti nama menjadi PT Aulia Cosmetic Indonesia dan memperluas pasar hingga internasional.

Selain karena ini produk lokal, yang membuat saya yakin untuk mencoba Aulia Moisturising Daily Lotion karena sudah terjamin keamanan produknya. Aulia Moisturising Daily Lotion teregistrasi di BPOM dan mendapatkan sertifikasi halal dari LPPOM Majelis Ulama Indonesia. Produk Aulia diproduksi dengan mematuhi standar internasional (GMP ISO: 22716) untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Tak hanya itu, semua produk Aulia tidak menggunakan hewan sebagai subjek pengujian (no tested animals).

Nah, varian produk dari Aulia Moisturising Daily Lotion sendiri ada empat macam. Masing-masing varian mengandung antioksidan dari vitamin C dan E, yang membantu menghidrasi dan merawat kulit. Lotion ini juga diperkaya dengan kandungan aktif yang mencerahkan kulit serta UV filter yang memberikan perlindungan ekstra dari pengaruh buruk sinar matahari. Dari keempat varian Aulia Moisturising Daily Lotion saya paling suka dengan varian Tender dan kali ini saya akan mengulas varian tersebut.



Aulia Moisturising Daily Lotion: Tender 

Setelah semua varian Aulia Moisturising Daily Lotion ada di tangan, saya langsung melakukan percobaan terhadap aroma dan teksturnya. Dan dari empat varian lotion Aulia, pilihan saya sebenarnya mengarah pada Musk dan Tender. Tapi jika ditanya varian mana yang paling favorit, Tender adalah juaranya. Alasan utamanya karena aroma varian Tender yang tergolong paling elegan di antara tiga varian lainnya. Ini penting, karena saya tidak ingin menggunakan lotion dengan aroma menyengat dan akhirnya bertabrakan dengan parfum yang saya pakai.


Saat mengaplikasikan Aulia Moisturising Daily Lotion, saya merasa lotion ini punya aroma yang tidak asing di indera penciuman. Tapi saya sendiri lupa, aroma apa yang membuat produk ini familiar. Aromanya manis tapi tetap lembut dan nggak menyengat. Teksturnya pun sama lembutnya dan ringan saat mengenai kulit tubuh. Selain itu, finish-nya di kulit nggak meninggalkan sensasi lengket meski seharian beraktivitas di luar ruangan. Bahkan, saat dipakai olahraga ringan pun lotion ini tetap terasa nyaman, nggak ada sensasi licin di kulit.

Selain soal aroma, lotion ini juga jadi perhatian karena menggunakan UV filter sehingga dapat memberikan perlindungan ekstra dari pengaruh buruk sinar matahari. Jika diamati dari ingredients yang tercantum di belakang kemasan, ada tiga komponen bahan yang digunakan sebagai UV filter, yaitu Octyl Methoxycinnamate, Octocrylene dan Titanium Dioxide.

Ingredients:
Aqua, Paraffinum Liquidum, Niacinamide, Octyl Methoxycinnamate, Octocrylene, Glyceryl Stearate, PEG 100 Stearate, Cetyl Alcohol, Cetearyl Alcohol, Ceteareth-20, Glycerin, Benzophenone -3, Tocopheryl Acetate, Stearic Acid, Fragrance, Dimethicone, Methylparaben, Propylparaben, Titanium Dioxide, Phenoxyethanol, Tetrasodium EDTA.

Octyl Methoxycinnamate merupakan senyawa yang membuat Aulia lotion ini mampu melindungi kulit dari sinar UVB. Bentuknya yang cair menjadikan lotion ini mudah terserap oleh kulit sehingga dinilai paling efektif untuk melindungi kulit tubuh. Lain halnya dengan octocrylene. Jika Octyl Methoxycinnamate hanya mampu melindungi kulit dari bahaya sinar UVB, octocrylene mampu memberikan perlindungan dari sinar UVA maupun UVB. Ini karena octocrylene memiliki kemampuan untuk menetralkan radiasi UV dengan mengubah radiasi ultraviolet menjadi radiasi inframerah (panas) sehingga tidak terlalu menyebabkan kerusakan pada kulit.

Nah, kalau sama Titanium Dioxide udah familiar kan, ya? Bahan utama yang sering digunakan dalam produk sunscreen ini menjadikan Aulia Moisturising Daily Lotion ini masuk ke dalam golongan physical sunscreen, yakni sunscreen yang bekerja di lapisan luar kulit. Adanya kandungan ini menjadikan lotion Aulia ini bisa langsung diaplikasikan, nggak harus menunggu 20 menit untuk bekerja melindungi kulit dari sinar matahari. Selain itu, lotion dengan titanium dioxide lebih tahan lama di bawah sinar matahari dan cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Atau pemilik kulit kering seperti saya pasti akan dimanjakan dengan kandungan ini karena feel-nya lebih lembut di kulit.

Satu lagi, tapi yang paling penting, lotion dengan titanium dioxide punya partikel yang kecil, sehingga tidak akan meninggalkan residu putih di kulit alias whitecast. Jadi, bagi pemilik kulit gelap pun tak usah khawatir akan melihat warna putih keabuan usai pemakaian Aulia lotion ini. Tapi, untuk pemilik kulit cerah pun tak akan melihat warna kulit jadi naik satu tingkat karena pemakaian produk ini. Ya meskipun Aulia lotion ini diklaim menggunakan bahan aktif untuk mencerahkan kulit, saya sendiri cukup sulit untuk bisa membuktikan karena memang warna kulit saya sudah cukup cerah dan kebutuhan kulit saya saat ini bukan untuk dicerahkan. Namun dijaga kelembapannya, sekaligus terlindungi dari paparan sinar matahari.

Jadi, kalau dilihat dari foto di bawah ini, nggak akan terlihat perbedaan sebelum dan sesudah penggunaan Aulia Moisturising Daily Lotion, tapi feel pemakaian memang kondisi kulit jadi lebih lembap usai produk sepenuhnya meresap ke dalam kulit.

Review Aulia Moisturising Daily Lotion
Review sebelum dan sesudah pemakaian Aulia Moisturising Daily Lotion.


Meski UV filter yang digunakan sudah cukup menjanjikan, rasanya saya masih kurang mantap jika tidak mengetahui kandungan SPF (Sun Protection Factor) dalam Aulia Moisturising Daily Lotion. Akhirnya, saya pun memutuskan untuk menanyakan langsung terkait SPF ini pada pihak Aulia Cosmetic. Mereka mengungkapkan jika lotion dari Aulia ini memang tidak mengklaim produknya dengan kandungan SPF di dalamnya. Dengan demikian, penggunaan produk ini tak bisa dijadikan patokan seberapa lama kamu dapat beraktivitas di bawah sinar matahari dan terhindar dari risiko kerusakan kulit jangka panjang.

Sementara, menurut berbagai sumber dan sependek yang saya tahu nih, dermatologis merekomendasikan agar kita semua menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF 30. Jadi, meski kamu menyukai sebuah produk, namun kandungan SPF 10 atau hanya 20, sebaiknya kamu terus melakukan pencarian hingga menemukan lotion tubuh dengan SPF lebih tinggi. Apalagi jika produk losion itu tidak mencantumkan kandungan SPF-nya. Sama halnya dengan Aulia Moisturising Daily Lotion yang tidak memiliki informasi terkait kandungan SPF di dalamnya. Ini menjadikan saya tidak berani untuk mengandalkan pelembap tubuh ini saat harus beraktivitas langsung di bawah paparan sinar matahari. Dan, tetap mengandalkan tabir surya untuk diaplikasikan pada bagian tubuh yang terkena sinar matahari.

Review Aulia Moisturising Daily Lotion dengan UV Protection
Aulia Moisturising Daily Lotion varian Tender yang memiliki aroma paling elegan di antara tiga varian lainnya.

Untuk packaging Aulia Moisturising Daily Lotion terbilang simple. Hanya saja yang membuat saya salah fokus adalah ukuran botolnya yang sangat besar, sehingga tak bisa dibilang handy dan mudah dibawa bepergian. Jadi, jika saya ingin membawa produk ini traveling, saya harus memindahkan isinya ke dalam botol atau kemasan travel size. Tapi memang jika tidak sedang bepergian, kemasan Aulia lotion yang sungguh besar ini bisa digunakan untuk seluruh anggota keluarga sehingga terasa lebih hemat dan tak memakan tempat karena cukup pakai satu produk untuk semua. 

Sementara, untuk bagian tutup botolnya, Aulia Moisturising Daily Lotion memiliki desain flip-top yang populer digunakan untuk mengemas lotion. Desain demikian juga membuat produk ini cukup tricky dan kurang aman jika ingin dimasukkan langsung ke dalam tas. Model tutup seperti ini juga cukup menyulitkan saat pemakaian produk, karena harus membuka dan memencet botol untuk mengeluarkan isi produk. Berbeda jika lotion ini tutup botolnya memakai model pump, tentu akan lebih praktis dan user friendly. Ya nggak?

Last but not least, tidak lain tidak bukan adalah soal harga. Semua produk Aulia Moisturising Daily Lotion dibanderol Rp 19.500,- saja! Sangat terjangkau untuk produk buatan lokal, dengan pilihan aroma yang bervariasi mulai dari floral hingga musk. Saya sendiri membeli produk ini di toko oranye dan masih mendapatkan potongan harga, jadi makin murah, deh! 

Review Aulia Moisturising Daily Lotion


Well, sekian review Aulia Moisturising Daily Lotion, semoga bisa jadi pilihan buat kamu yang mungkin lagi pengin nyobain produk perawatan tubuh dari brand lokal yang murah tapi performanya cukup berkualitas. Atau jadi bikin kamu makin mantep buat nyobain body lotion dari Aulia kalau memang sudah pernah mencoba produk perawatan tubuh dari brand ini.









You Might Also Like

24 comments

  1. harganya di bawah 20 rb ya, wah ini produk lokal ya mba. Penasaran sepertinya paket lengkap, udah aromanya pas dan teksturnya jg nggak licin gitu ya. Ku baru dengar brand ini mba, belum pernah coba tapi warna kemasannya seperti shampoo ya cuma bentuk botolnya khas lotion hihi

    BalasHapus
  2. makin banyak yaa produk baru yg oke. ini kalau aku liat teksturnya tuh berasa lembabnya lho.
    dan harganya kok cucmey banget sih 500ml ga sampe 20rb? wiw

    BalasHapus
  3. rasanya senang ya kalau nemu aroma yang familiar pada sebuah new product. jadi tertantang untuk mengingat-ingat, ini mirip aroma apa yaaa...apalagi kalau aromanya itu enak, sembari recall memory sembari mengendus-endus terus hihihi. Iya nih,harganya cucok meong...tapi setuju sama mb ucig, kemasannya malah cenderung ngingetin ke shampoo (terutama varian urang-aring).

    BalasHapus
  4. Brand lokal dengan performa berkualitas, harga pas...bisa jadi pilihan nih Aulia Moisturising Daily Lotion. Family size begini cocok buat di rumah yaaa, semoga next ada yang travel friendly ukurannya

    BalasHapus
  5. Paling seneng klo nemu brand lokal yg kualitasnya oke tp harganya terjangkau. Aku baru denger sih merk ini tapi ga ada salahnya mencoba. Makasih reviewnya

    BalasHapus
  6. Aulia Moisturising Daily Lotion ini ternyata physical sunscreen, yah, jadi kudu re-apply terus dong?

    Yang jelas ini mah bisa jadi pilihan produk perawatan tubuh dari brand lokal yang murah tapi performanya cukup berkualitas.

    BalasHapus
  7. Ini harganya ramah kantong ya mak, terus variannya juga lumayan ini banyak jadi bisa pilih sesuai dengan mood kita ya. Nanti mau cobain kalau body lotion di rumah habis.

    BalasHapus
  8. Kalau lotion buatku lebih ke melembabkan dan mencerahkan. Tetap sih harus pakai sunscreen terpisah. Seperti tipsmu di atas ya mbak sebaiknya cari SPF 30 ke atas.

    Berhubung aku pakai hijab jadi masalah kulit alhamdulillah tercover dengan pakaian panjang.

    BalasHapus
  9. Molly belom nyobain brand aulia ini. Nanti pas abis, mau beli juga. Bahannya bagus, siapa tau kita cocok

    BalasHapus
  10. Pilihannya banyak juga, tapi aku jadi kepo yang tender juga lho. Harganya pun bersahabat sih. Apalagi kalau CO di toko oranye masih dapet potongan ongkir. Buat dibawa traveling ukurannya bulky ngga ya?

    BalasHapus
  11. Kalau nggak salah ini salah satu body lotion favorit-nya Tasya Farasya. Aku udah pernah coba Aulia Perfume Body Lotion varian Goats Milk, botolnya yang putih mbak. Wanginya enak, awet banget sampai dipakai sekeluarga deh, dan tentu aja harganya murah meriah. Di minimarket terdekat juga ada.

    BalasHapus
  12. belakangan kulit tubuh memang sudah terasa kering, saking keringnya sampai gatal, jadi ya butuh dirawat dengan menggunakan lotion Aulia ini

    BalasHapus
  13. Aku penasaran dengan aroma Tender dari produk Aulia Moisturising Daily Lotion. Aku suka body lotion pun yang aromanya elegan, nggak yang menyengat gitu. Yang bikin makin kepo tuh harganya, murce banget siiih

    BalasHapus
  14. Tadinya saya kira shampoo
    Kalau enggak baca saksama jadi keliru
    Senang kalau setiap hari menutrisi kulit dengan Aulia ini

    BalasHapus
  15. Murah banget ya kak, harganya under 20K, ini cocok banget buat kantong para remaja dan mahasiswa, jadi buat merawat diri, gak perlu cemas lagi yaa, karena ada aulia daily lotion

    BalasHapus
  16. Aku gak ada masalah dengan kemasannya yang gede, soalnya kalau kecil malah lupa naruh dmn haha :P
    Wah brand lokal harganya pun bersahabat tapi hasilnya di kulit bagus yaa. Cocok buat beraktivitas sehari2.
    Kalau pakai ini buat aktivitas luar jd tetep pakai tabir surya berarti ya. Makasih info produknya.

    BalasHapus
  17. What?! Seriusan harganya under 20K? Aku perlu bgt nih krn sering di ruangan AC dan kulit jd cenderung kering. Nanti mau intip ah di toko oranye. Mudah2an dpt diskon jg.

    BalasHapus
  18. aku baru tau nih mba merk ini.. sepertinya wanginya enak ya dan kalau begini pasti banyak yang sukaaa ya

    BalasHapus
  19. Jujur aku baru tahu produk Aulia Moisturising Daily Lotion. Padahal udah lama ya. Coba nanti kulihat di daerahku ada yang jual atau gak. Harganya terjangkau gitu

    BalasHapus
  20. Jatuh cinta banget ya.. Aulia Moisturising Daily Lotion sudah mengandung SPF sehingga merawat kulit dengan perlindungan maksimal sesuai dengan kebutuhan.

    BalasHapus
  21. kupikir brand baru, ternyata udah ada sejak lama ya? jujur sih baru tahu, dan harganya murah ya Mak. jadi pengen nyobain juga..

    BalasHapus
  22. Wah boleh dicoba nih mba.. pas banget handbody lagi habis.. ramah dikantong juga yaa

    BalasHapus
  23. wah aku baru dengar nama brand ini nih, ternyata udah cukup lama ada ya. Untuk ukuran 500 ml seharga kurang dari 20 ribu, body lotion dari Aulia ini menarik untuk dicoba

    BalasHapus
  24. Mba sungguh kaget banget sama price-nya 19500 menurutku mursidah dan terjangkau banget ini sih mba, jadi penasaran pengen cobain juga deh

    BalasHapus

BRILIO.NET

LATEST VIDEOS

Perempuan Punya Karya

Perempuan Punya Karya