Review FAV Beauty Brightening Toner dan Serum Niacinamide - Marlina

Review FAV Beauty Brightening Toner dan Serum Niacinamide

11.30

Banyak wanita mulai menyadari pentingnya mempercantik diri dengan pemakaian skincare, makeup, dan melakukan perawatan kulit. Ini membuat industri kecantikan semakin berkembang setiap tahunnya, mengikuti tren dan kebutuhan konsumen. Tak hanya itu, para wanita juga mulai memerhatikan bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan kosmetik. Ini membuat penggunaan produk kecantikan jadi lebih mindful dan nggak sekadar asal pakai saja.

Sama halnya yang coba saya lakukan selama ini saat menggunakan skincare. Tak hanya sekadar asal pakai atau mencoba-coba skincare baru yang tengah happening, tapi juga memerhatikan apakah skincare tersebut benar-benar sesuai dengan kebutuhan atau permasalahan kulit yang dialami. Cara sederhana ini juga membuat saya jadi lebih mengenal skincare yang sedang saya pakai dan bisa enjoy serta nyaman mengaplikasikannya. Ya, rasa nyaman ini penting karena berarti saya dan kulit itu sendiri merasa aman dengan skincare yang saya pilih sehingga akhirnya tak ada reaksi negatif yang muncul selama pemakaian.

Pemilihan skincare yang aman ini tentu juga jadi tantangan yang tak mudah. Terlebih kini makin banyak brand skincare yang bermunculan dengan iming-iming hasil yang tampak indah. Brand skincare lokal pun tak kalah bersaing merilis produk-produk menjanjikan dengan harga terjangkau. Dua tahun belakangan saya pun ikut meramaikan riuhnya brand-brand skincare lokal. Terbaru, saya sedang mencoba skincare dari brand lokal FAV Beauty yang belum lama ini meluncurkan produk-produk andalannya.

Review FAV Beauty Brightening Toner dan Serum Niacinamide

First thing first, kenalan dulu sama brand FAV Beauty ini yuk, sebelum lanjut review pemakaian produknya selama satu bulan belakangan. Lets dive in!

Tentang FAV Beauty

Tingginya kesadaran beauty enthusiast untuk merawat diri, FAV Beauty hadir untuk mewujudkan kulit wajah sehat, terawat, cerah, dan bebas masalah. FAV Beauty diciptakan untuk merawat kulit tanpa bahan berbahaya, tanpa alkohol, dan halal. FAV Beauty percaya bahwa setiap orang memiliki hak untuk mendapatkan keuntungan dari alam. Melalui setiap langkah kecil yang diambil, FAV Beauty berinovasi dan menciptakan produk yang dibuat dari alam.

Brand lokal yang didirikan pada Oktober 2022 ini meluncurkan produk-produknya melalui acara soft launching pada Februari 2023 lalu. FAV Beauty berkomitmen dalam memformulasikan bahan-bahan dari alam dan teknologi canggih untuk memberikan hasil yang nyata dan berdampak. Produk-produk FAV Beauty juga telah lulus uji BPOM dan mendapat sertifikat halal internasional, sehingga terbukti aman dan berkualitas untuk kulit.

Ada delapan produk FAV Beauty yang dirilis di pasaran, yaitu FAV Beauty Brightening Cleanser Niacinamide, FAV Beauty Brightening Toner Niacinamide, FAV Beauty Brightening Serum Niacinamide, FAV Beauty 2IN1 Brightening Day and Night Cream Niacinamide, FAV Beauty Breath Freshner Mouthwash, FAV Beauty Breath Freshner Mouthwash Sachet, FAV Beauty Brightening Face Mask Niacinamide, dan FAV Beauty Brightening Lotion Niacinamide.


Nah, dari kedelapan produk FAV Beauty, saya tertarik untuk mencoba FAV Beauty Brightening Toner Niacinamide dan FAV Beauty Brightening Serum Niacinamide terlebih dahulu. Ini karena ada beberapa produk toner dan serum dengan kandungan niacinamide yang sudah habis terpakai. Dan karena kandungan niacinamide sudah terbukti hasilnya di kulit wajah. 

FAV Beauty Brightening Toner Niacinamide

Sesuai namanya, FAV Beauty Brightening Toner mengandung niacinamide yang diklaim dapat membantu mencegah peradangan jerawat, menyamarkan garis halus, mencerahkan wajah, dan menghidrasi kulit. Manfaat tersebut jelas menarik untuk dibuktikan, terlebih ada permasalahan kulit yang ingin saya atasi yakni garis-garis halus. Selain itu, jika kebetulan muncul jerawat di wajah kinerja toner ini juga nggak kalah menjanjikan untuk dibuktikan, apakah benar-benar membantu untuk tidak membuat jerawat makin meradang. Manfaat penggunaan FAV Beauty Brightening Toner ini jadi alasan utama saya untuk mencobanya.

FAV Beauty Brightening Toner

Selain manfaatnya, saya juga terkesan dengan packaging FAV Beauty Brightening Toner yang simpel dan memudahkan penggunanya. Toner dari Ozora ini dikemas dalam botol plastik dengan model tutup flip top sehingga membuat pemakaian toner ini jadi lebih praktis. Desain kemasan yang tampak slim menjadikan toner ini layak disebut travel friendly. Dan yang lebih menarik lagi adalah pemilihan warna merah muda yang  manis pada kemasannya menjadikan produk ini terkesan feminin. Warna pink ini menggambarkan yang cukup kuat untuk mendatangkan suasana menyenangkan. Seolah produk ini menjanjikan pemakainya akan merasa gembira dan bahagia. Semoga demikian, ya!

Untuk kandungan dari FAV Beauty Brightening Toner ini jujur saya tidak terlalu khawatir seperti biasanya ketika mencoba skincare baru. Pasalnya, toner ini menggandeng niacinamide sebagai kandungan utamanya, yang mana kulit wajah saya tak pernah bermasalah dengan bahan tersebut. Tapi niacinamide sendiri tetap diformulasikan dengan kandungan lain seperti Rose Extract, Ascorbic Acid, dan Centella asiatica. Kalau manfaat Centella asiatica atau daun pegagan pasti sudah familliar ya, diantaranya untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit, mengurangi peradangan, sampai mencegah penuaan dini pada kulit.

Sementara kalau ascorbic acid merupakan salah satu jenis vitamin C yang dikenal paling ampuh dan terbukti mampu bekerja secara efektif untuk memperkuat jaringan kulit, menyembuhkan luka, sekaligus memperbaiki tekstur kulit dan menyamarkan garis halus. Vitamin C murni ini juga bertindak sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas akibat sinar UV, polusi debu, dan kotoran. Tapi nih, jenis ini tergolong kurang stabil sehingga berpotensi menyebabkan iritasi jika digunakan pada dosis tinggi. Jadi, adanya kandungan ini pada FAV Beauty Brightening Toner bisa jadi perhatian khusus, terutama buat pemilik kulit sensitif. Soalnya nih, penggunaan ascorbic acid disarankan untuk pemilik kulit normal atau berminyak.

Rose extract dalam toner ini maksudnya mungkin rose water, yang mana bukan kandungan yang asing di dunia skincare karena sudah terkenal manfaatnya untuk kulit. Selain membantu menenangkan dan menghidrasi kulit, rose water juga memiliki efek antibakteri, antiseptik, dan antivirus, serta mampu mengurangi peradangan, dan meredakan nyeri. Rose water atau air mawar juga mengandung vitamin A, C, dan E yang bekerja sebagai antioksidan yang dipercaya mampu melawan penuaan. Tentu manfaat ini sangat sesuai dengan kebutuhan kulit saya saat ini yang sudah mengalami tanda-tanda penuaan dini. Ya, di usia kepala tiga ini, kulit sesekali tampak kusam, elastisitas kulit juga berkurang, garis halus serta noda hitam di wajah bermunculan. Inilah mengapa jika ada produk skincare yang mempunyai manfaat antiaging sangat saya senang untuk dibuktikan efeknya di wajah.

Oya, perlu diperhatikan ya, kandungan rose water ini tidak semuanya bisa diterima oleh semua jenis kulit ya! Penggunaan bahan alami ini tetap dapat berisiko menimbulkan reaksi alergi atau hipersensitivitas. Saya sendiri sih tak mengalami masalah dengan rose water. Terbukti, selama satu bulan pemakaian FAV Beauty Brightening Toner, kulit wajah tidak menunjukkan reaksi sensitif atau alergi terhadap kandungan air mawar. Tapi nih, saat ada jerawat yang mulai muncul, saya mencoba untuk menghentikan pemakaian toner ini dan memilih toner yang sifatnya lebih calming terlebih dahulu. Baru deh kalau jerawat tersebut makin membesar atau makin meradang, saya rutin mengaplikasikan FAV Beauty Brightening Toner bersamaan dengan produk skincare lainnya.

Selain kandungan yang digunakan, saya juga menyoroti formula dan tekstur toner ini. Yes, tekstur skincare ini sama pentingnya dengan pemilihan kandungan-kandungan yang bermanfaat untuk kulit. FAV Beauty Brightening Toner ini termasuk tipe-tipe toner dengan tekstur cukup kental. Tapi, saat dilakukan patch test dan pemakaian sehari-hari, tekstur tersebut bukan jadi masalah karena terbilang cepat meresap dan tidak meninggalkan sensasi lengket. Jadi, sangat nyaman jika dilanjutkan dengan layering skincare seperti serum, moisturizer, hingga sunscreen.

Last but not least, FAV Beauty Brightening Toner ini menurut saya termasuk jenis brightening toner yang bakal disukai siapa saja yang pengin merasakan kulit lembap dan kencang usai pemakaian. Ya, meskipun fungsi toner yang membuat kulit tampak kencang dan elastis ini masih butuh waktu lagi untuk dibuktikan. Sama halnya dengan efek cerah yang ingin kamu dapatkan usai pemakaian toner ini juga menyesuaikan tingkat kecerahan warna kulit masing-masing. Sementara kalau pengin merasakan efek calming dan soothing dari toner ini tidak bisa kamu dapatkan karena FAV Beauty Brightening Toner bukan termasuk hydrating toner yang mampu menyegarkan wajah. But, overall toner ini layak dicoba dan masuk ke dalam tahapan skincare routine.

FAV Beauty Brightening Serum Niacinamide

FAV Beauty Brightening Serum Niacinamide jadi produk kedua yang saya coba usai FAV Beauty Brightening Tonere. Ya, setelah saya mencoba dan membuktikan jika toner dari FAV Beauty cocok di kulit wajah, selanjutnya adalah membuktikan kinerja serumnya. Serum ini dikemas dalam botol kaca dengan desain tutup model pipet, sama seperti kemasan serum pada umumnya. Senangnya, bahan pipet serum yang digunakan terbuat dari karet glossy, jadi tidak berisiko untuk mudah kotor dan terkena debu.

FAV Beauty Brightening Serum

Sekilas, packaging FAV Beauty Brightening Serum memang terlihat nothing special. Namun, bagi saya pribadi, pemilihan warna kemasan produk cukup membuat serum brightening dari FAV Beauty ini tampil manis dengan menunjukkan kesan feminin. Perpaduan nuansa warna merah muda dan putih menjadikan serum ini seolah memberikan energi cerah dan menyenangkan. 

Tekstur serum brightening dari FAV Beauty ini juga tak kalah menyenangkan. Saya takjub karena teksturnya terbilang ringan dan mudah menyerap ke kulit. Memang, saat diaplikasikan terlihat cukup kental, namun saat diratakan tidak terasa thick, ada sensasi licin tapi tidak lengket. Tekstur serum ini membuat saya berani untuk di-layering dengan produk skincare lainnya karena terasa sangat nyaman di kulit wajah. Pun jika ingin layering sampai 5 step skincare routine, rasanya tetap menyenangkan.

Kandungan yang digunakan FAV Beauty Brightening Serum tak jauh berbeda dengan FAV Beauty Brightening Toner, yakni sama-sama mengandalkan niacinamide sebagai primadona. Niacinamide memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit. Untuk alasan ini, tak heran bila niacinamide populer di industri kosmetik dan perawatan kulit. Saat dioleskan atau diminum sebagai suplemen, niacinamide telah terbukti memiliki efek antiinflamasi pada kulit. Niacinamide juga digunakan untuk mengobati kondisi kulit seperti jerawat dan rosacea, hingga kelainan kulit wajah yang ditandai dengan kemerahan.

Tak cukup hanya satu kandungan primadona, serum ini lebih diperkaya dengan kandungan yang tak hanya sekadar melembapkan kulit, tapi juga fokus pada manfaat antiaging. Sebut saja Sodium Hyaluronate (HA) yang bekerja lebih efektif dari dalam kulit karena daya serapnya lebih juara untuk mengencangkan dan melembapkan kulit. Pemilihan kandungan ini tentu bukan tanpa alasan, mengingat Sodium Hyaluronate termasuk dalam bahan dasar skincare yang tidak menyumbat pori-pori.

Harapannya, dengan pemakaian serum berbahan Sodium Hyaluronate ini, komedo tak akan bermuncul di wajah. Bahan ini dikenal sangat ringan, lebih cepat dan mudah meresap ke dalam kulit. Menurut berbagai sumber, Sodium Hyaluronate juga bisa membantu menghilangkan jerawat, lho! Cara kerja bahan ini dengan menyeimbangkan kembali kulit wajah yang sudah terlalu kering akibat pemakaian eksfoliator/facial wash/produk kecantikan lainnya. 

Selain kandungan tersebut, perlu diperhatikan pula adanya kandungan methylparaben dan propylene glycol dalam FAV Beauty Brightening Serum. Propylene glycol merupakan zat yang umum digunakan dalam kosmetik dan skincare. Namun, bahan tersebut biasanya dibuat dari petrokimia, yang disebut-sebut tidak aman untuk lingkungan. Selain itu, beberapa laporan menemukan bahwa propylene glycol dapat mengiritasi kulit, dan menimbulkan reaksi alergi. Ada juga propylene glycol yang dibuat dari molekul tumbuhan yang bisa jadi alternatif pilihan yang tepat. Untuk propylene glycol tidak diketahui dibuat dari apa, dan sebenarnya propilen glikol cukup umum dan aman digunakan. Tapi tetap waspadai efek sampingnya, ya! Karena tidak semua orang dapat mentoleransi bahan tersebut, terutama pengidap dermatitis kontak.

Selama satu bulan pemakaian, alhamdulillah tak ada reaksi negatif yang muncul di wajah. Tapi memang saya cukup waspada saat menggunakan serum ini, tidak asal layering dengan skincare baru atau skincare berbahan aktif. Saya benar-benar ingin membuktikan manfaatnya yang jadi iming-iming produk ini. Pertama, saya sudah membuktikan manfaat serum ini untuk menghilangkan jerawat. Kebetulan, saat menstruasi bulan lalu muncul jerawat di sekitar dahi. Ini terbilang momen langka karena saya sudah jarang mengalami kulit berjerawat. Untungnya, pemakian rutin Brightening Serum dari FAV Beauty ini cukup membantu dalam mengatasi permasalahan tersebut. Alhasil, jerawat nggak tumbuh semakin besar hingga meradang. Sementara, untuk efek antiaging dari serum ini seperti membantu menjaga elastisitas kulit, masih butuh waktu dan proses pemakaian jangka panjang.

Sama halnya untuk manfaat serum yang diklaim dapat mengecilkan pori-pori dan membantu kulit terlihat lebih halus. Manfaat ini butuh dilakukan bersamaan dengan cara-cara lainnya seperti rutin membersihkan wajah, rutin pakai skincare retinol, dan yang paling penting adalah rajin melakukan exfoliasi atau peeling. Tindakan ini akan membuat permukaan wajah menjadi lebih halus dan pori-pori wajah terlihat semakin kecil. Dan untuk manfaat brightening sendiri belum sepenuhnya bisa saya rasakan dan terpampang nyata hasilnya. Ini mengingat tingkat kecerahan warna kulit saya yang terbilang cukup cerah sehingga cukup sulit untuk melihat kinerjanya. Tapi sebulan belakangan, kulit wajah saya memang jauh dari kesan kusam, meski sering beraktivitas di luar ruangan dan terkena paparan sinar matahari. 

Review Pemakaian FAV Beauty Brightening Toner dan Brightening Serum

Memasuki pertengahan bulan Maret 2023 ini menjadi penanda bahwa saya sudah mencoba FAV Beauty Brightening Toner dan Brightening Serum selama satu bulan. Sama halnya dengan mencoba skincare baru, saya selalu melakukan patch test terlebih dahulu sebelum akhirnya menggunakan produk ini secara rutin. Memang, cara ini umumnya dilakukan untuk pemilik kulit sensitif dan acne-prone saja, tapi untuk kulit normal-dry seperti saya juga tak ada salahnya untuk memastikan apakah kulit say yes atau malah say no dengan produk skincare baru.

Selama masa pemakaian dua produk FAV Beauty ini, saya tetap layering dengan skincare lainnya, seperti toner, serum, moisturizer, sunscreen, dan bahkan face oil. Pemakaian tersebut menyesuaikan kebutuhan kulit dan mood saat skincare routine. Jadi, bisa dibilang untuk melihat hasil pemakaian toner dan serum FAV Beauty ini tak bisa sepenuhnya dikatakan berkat kinerja kedua produk tersebut. Tentu produk skincare lainnya turut membantu agar hasil yang diharapkan tercapai dan terpampang nyata di kulit wajah.

Namun, jika harus mengulas hasil pemakaian dua produk FAV Beauty tentu ada yang bisa dijelaskan berdasarkan feel pemakaian selama satu bulan, berikut di antaranya:

  1. FAV Beauty Brightening Toner memberikan efek hydrating di kulit wajah. Namun, untuk mendapatkan efek brightening yang optimal tetap menyesuaikan tingkat kecerahan warna kulit masing-masing, ya!
  2. Klaim FAV Beauty Brightening Toner menghidrasi kulit dapat terbukti di kulit wajah usai satu bulan pemakaian. Namun, manfaat kandungan ini untuk menyamarkan garis-garis belum dapat terbukti karena membutuhkan pemakaian rutin jangka panjang untuk melihat efek yang nyata.
  3. FAV Beauty Brightening Toner termasuk tipe-tipe toner dengan tekstur cukup kental, namun saat diaplikasikan cepat meresap dan tidak meninggalkan sensasi lengket. 
  4. Cara pemakaian FAV Beauty Brightening Toner dan Serum sesuai anjuran untuk dipakai secukupnya, namun saya lebih suka mengaplikasikan toner dan serum hingga 3-4 tetes saat mengaplikasikannya di wajah.
  5. FAV Beauty Brightening Toner dan Brightening Serum sudah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan kalau diamati dari bahan-bahan yang digunakan tidak ada yang membahayakan. Namun, untuk pemilik kulit sensitif perlu memperhatikan kandungan tertentu seperti rose water,  methylparaben, dan propilen glikol yang berpotensi menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang, seperti pemilik kulit sensitif atau pengidap dermatitis kontak.
  6. Tekstur FAV Beauty Brightening Serum cukup ringan dan terlihat kental, namun saat diaplikasikan di kulit wajah cepat meresap dan tidak meninggalkan sensasi licin dan greasy.
  7. FAV Beauty Brightening Toner dan Brightening Serum bisa di-layering dengan skincare berbahan aktif seperti retinol. Dua bahan ini terbukti bekerja maksimal di kulit wajah bila digunakan bersamaan. Saya biasanya menggunakan kedua produk ini pada tahapan skincare routine pagi hari.
  8. FAV Beauty Brightening Toner dan Brightening Serum mengandung fragrance. Bagi saya pribadi, wewangian ini tak jadi masalah karena masih cukup soft dan tidak menyengat.

Lebih lanjut, saya akan meneruskan pemakaian FAV Beauty Brightening Toner dan Brightening Serum Niacinamide sampai produk tersebut habis. Nantinya akan saya update jika ada hasil pemakaian yang berbeda dari review singkat di atas, ya!

Review FAV Beauty Brightening Toner dan Brightening Serum Niacinamide


Review FAV Beauty Brightening Toner dan Brightening Serum Niacinamide

Terima kasih buat yang sudah mampir di postingan #MarlinaBlog kali ini. Semoga review FAV Beauty Brightening Toner dan FAV Beauty Brightening Serum bermanfaat ya! Don't forget that skincare takes time!



You Might Also Like

0 comments

BRILIO.NET

LATEST VIDEOS

Perempuan Punya Karya

Perempuan Punya Karya