Rekomendasi Warna Cat Rumah Coklat, Minimalis Dan Beri Kesan Hangat - Marlina

Rekomendasi Warna Cat Rumah Coklat, Minimalis Dan Beri Kesan Hangat

19.00

Saya memutuskan menggunakan warna cat rumah coklat yang warm untuk memberikan nuansa kehangatan yang teduh. Hanya saja, warna coklat ini tidak saya aplikasikan menyeluruh pada dinding rumah, tapi hanya di kamar tidur anak. Supaya lebih menarik, saya pun menyiapkan dekorasi dinding unik dari cat yang nantinya akan saya gunakan.



Sejak pandemi corona, fungsi rumah mengalami perubahan. Tak hanya tempat untuk beristirahat, namun juga tempat yang nyaman untuk menjalankan Work from Home (WFH) dan sekolah online. Saya yang mulanya tidak terlalu memikirkan suasana rumah jadi berpikir untuk merenovasi setiap sudut ruangan. Tak tanggung-tanggung, saya pun akhirnya memutuskan untuk membangun kamar anak dan menata ulang ruangan rumah.

Memasuki bulan Ramadan, alhamdulillah proses renovasi rumah sudah mencapai 75% pengerjaan. Meski nantinya masih banyak yang perlu dilakukan, seperti mengisi perabotan dan menatanya, tapi saya akan melakukan perlahan. Maklum, saya hanya bisa melakukannya saat akhir pekan karena urusan pekerjaan dan kesibukan. Selain itu, membeli perabotan nyatanya membutuhkan anggaran yang sama besarnya dengan merenovasi rumah. Untuk itu, saya akan melakukan apa yang sekiranya bisa dilakukan.

Langkah termudah dan termurah yang saya lakukan usai pengerjaan renovasi rumah adalah mengubah suasana rumah agar lebih hangat dan bersih dari coretan anak. Ya, meski tak sepenuhnya mudah sih karena menentukan akan mengganti warna cat rumah pun sempat menyita perhatian. Sebelumnya, warna cat rumah adalah putih, yang mana terpampang nyata coretan anak di setiap dinding ruangan. Sempat ingin berganti warna cat, tapi akhirnya saya dan suami tetap memutuskan untuk memilih warna putih. Ini karena warna putih memberikan kesan kebebasan dan keterbukaan, yang mana sesuai dengan keinginan saya untuk tetap membebaskan anak untuk bermain dan berkreasi di rumah.

Di sisi lain, warna putih juga membuat saya dan suami harus siap untuk menerima risiko kotor akan coretan anak di kemudian hari. Namun, mengingat usia anak sudah bisa diberi pemahaman, maka nantinya akan ada peraturan untuknya bermain di area tertentu saja. Dengan demikian, saya tidak perlu khawatir dan terlalu sering untuk mengecat ulang setiap ruangan. Apalagi biaya untuk pengecatan rumah juga tidaklah murah, meski terlihat sepele hanya membeli cat dan membayar jasa tukang bangunan, tetap saja harus diperhatikan supaya tidak menyita anggaran.

Selain menerapkan peraturan, saya juga mencoba untuk memberikan sentuhan warna lain di area bermain anak. Mengingat saya ingin menciptakan suasana homey saat anak bermain, maka saya memilih warna cat rumah nuansa cokelat yang hangat. Sentuhan warna cokelat ini mengisyaratkan kedamaian, yang membuat penghuninya merasa safe saat berada di dalam ruangan tersebut. Ini sesuai dengan harapan saya yang ingin menciptakan kesan tersebut saat si kecil bermain di ruangannya.


Mengingat warna cokelat adalah salah satu warna favorit, saya pun sempat bingung untuk menentukan warna cokelat seperti apa yang akan saya pilih. Alhasil, saya memutuskan menggunakan warna cokelat yang warm untuk memberikan nuansa kehangatan yang teduh. Hanya saja, warna cokelat ini tidak saya aplikasikan menyeluruh pada dinding rumah, tapi hanya di kamar tidur anak. Supaya lebih menarik, saya pun menyiapkan dekorasi dinding unik dari cat yang nantinya akan saya gunakan.

Well, sebelum saya bagikan ide untuk mendekorasi dinding kamar, saya akan mengulas merek cat yang saya gunakan beserta alasan mengapa saya memilih merek tersebut. Simak terus, ya!

Memilih Warna dan Merek Cat Tembok

Alasan utama memercayakan tembok pada Nippon Paint karena produk Nippon Paint bergaransi memiliki warna yang akurat 100% dan konsisten. Jadi, ketika saya sudah senang dengan salah satu warna cat Nippon Paint, suatu saat akan membeli warna itu lagi, tidak akan berubah warnanya. Pun jika saya ingin eksplorasi dengan warna cat rumah lainnya, Nippon Paint mempunyai 10.000 warna pilihan. Warna monokrom, warm, hingga pilihan warna tropical tersedia di lebih dari 6000 toko di seluruh Indonesia. Hebatnya lagi, Nippon Paint adalah merek yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai pengecatan interior, eksterior, kayu, besi, hingga pengecatan lantai bisa pakai Nippon Paint. Jadi satu cat saja, sudah jadi solusi total untuk segala pengecatan!

Berkonsultasi dengan SPG di toko cat mengenai produk dan pilihan warna Nippon Paint

Menariknya lagi, Nippon Paint juga terus berinovasi dan merilis produk yang sesuai dengan suasana penggunanya. Bulan Ramadan kali ini misalnya, Nippon Paint menghadirkan Tren Warna Ramadan (TWR) dengan tema "Sucikan Hati, Jadi Versi Terbaik Diri", sebagai renungan untuk memikirkan ulang berbagai hal untuk mempersiapkan diri memasuki bulan Ramadan dengan lebih optimis. Tema Ramadan ini merupakan bentuk komitmen Nippon Paint untuk memberi dampak positif yang berarti. Diharapkan dapat menjadi motivasi penggunanya untuk membuka lembaran baru untuk menjadi versi terbaik diri menyambut hari yang fitri.

Nippon Spot-less: Warm Toast - NP YO 1173P

Usai saya menentukan merek cat tembok yang akan saya gunakan, saya harus memilih warna yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mendekorasi ruangan. Terlebih, Nippon Paint mempunyai 10.000 warna pilihan, mulai dari monokrom, warm, hingga pilihan warna tropical. Namun, karena saya memilih cat tembok nuansa warna warm, saya akhirnya menjatuhkan pilihan pada jenis cat Nippon Spot-less karena varian ini memiliki warna cokelat 'warm' yang saya inginkan.

Bentuk dan warna kemasan Nippon Spot-less ukuran 2,5 L

Tak hanya karena alasan warna, Nippon Spot-less adalah cat premium yang diformulasikan untuk pemakaian interior, memiliki daya tahan sangat baik terhadap kotoran rumah tangga (teh, wine, kopi, tinta, tangan, lipstik, jus, dll). Cat ini mempunyai daya tolak hidrofilik terhadap noda, dengan cara membuat noda tersebut menjadi partikel kecil pada permukaan cat sehingga mudah dibersihkan. Hal tersebut membuat cat premium ini sangat berkualitas.

Keunggulan Nippon Spot-less:
  • mudah dibersihkan
  • water resistant
  • tidak berbau pada saat diaplikasikan dan pengeringan
  • tidak beracun (tanpa timbal, merkuri, dan logam berat)
  • anti-jamur
  • warna tidak mudah berubah
  • tidak mudah mengapur
  • mudah diaplikasikan dan mudah dicat ulang
  • memiliki daya tutup tinggi
  • daya sebar tinggi

Nah, untuk seri warna warm yang saya pilih dari Nippon Spot-less adalah Warm Toast - NP YO 1173P. Warm Toast termasuk dalam warna warm yang memberikan nuansa kehangatan yang teduh. Efek psikologis dari warna ini memberikan kesan ruangan yang tenang, dan nyaman. Itulah mengapa saya akhirnya memilih warna Warm Toast - NP YO 1137P, mengingat warna ini nantinya akan saya gunakan untuk mendekorasi tembok di kamar anak. Tentu efek yang dihasilkan dari warna ini menjadi bahan pertimbangan utama, bukan?

Warna asli cat Nippon Spot-less Warm Toast sebelum diaplikasikan ke dinding.

Ide Dekorasi Dinding Lengkung dari Cat Nippon Spot-less

Dekorasi dinding lengkung kerap saya lihat di rumah estetik para pengguna media sosial atau sejumlah vila di Bali. Tak heran bila dekorasi dinding lengkung diminati karena langsung memberikan kesan yang tak monoton pada sebuah ruangan. Tak ketinggalan, saya pun mencoba untuk mendekorasi dinding lengkung pada salah satu sudut ruangan. Benar saja, begitu melihatnya saya auto jatuh cinta karena ruangan yang tadinya biasa-biasa saja jadi jauh dari kesan membosankan.

Menurut berbagai sumber yang saya baca, penamaan dinding lengkung ini berasal dari istilah arch wall. Istilah ini merujuk pada bentuk melengkung pada dinding yang mirip seperti gapura. Penerapan dekorasi dinding lengkung pun rupanya juga marak diciptakan dari cat dinding. Ini yang akhirnya membuat saya terinspirasi untuk mendekorasi dinding lengkung di kamar anak. 

Tanpa perlu pikir panjang, saya akhirnya meminta bantuan suami untuk melakukan pengecatan di kamar anak. Namun, mengingat renovasi rumah kami masih belum selesai pengerjaannya, jadi kami memutuskan untuk mendekorasi satu sisi ruangan terlebih dahulu. Nantinya, jika rumah kami sudah layak huni dan perabotan sudah tertata rapi, akan saya bagikan hasil dekorasi dinding lengkung di kamar anak, ya!

Untungnya, suami saya jago menggambar. Jadi, ketika saya meminta untuk digambarkan bentuk melengkung di dinding dan mengecatnya dengan cat Nippon Spot-less, bukan hal yang sulit untuknya. Mulanya, saya meminta bentuk lengkung yang minimalis dengan ukuran yang kecil. Namun, suami saya menyarankan untuk membuat lengkungan di dinding dengan ukuran yang lebih besar. Alasannya sih supaya saya lebih leluasa untuk menata dan mendekorasi dinding tersebut. Saya pun mengiyakan dan seperti inilah proses pengecatan serta hasil mendekorasi dinding lengkung di kamar anak:

Proses menggambar bentuk lengkung di dinding menggunakan pensil.

Mengecat terlebih dahulu bagian yang sulit seperti bagian tepi.

Lakukan gerakan overlap (tumpang tindih) ketika pengerjaan dilanjutkan ke area lainnya.

Selesaikan pengecatan satu lapis dan biarkan kering, lalu lanjutkan lapisan selanjutnya.

Oya, barangkali jika ada yang ingin membentuk lengkung di dinding seperti ini. Berikut tips pengecatan yang bisa dicoba berdasarkan pengamatan dan pengalaman pribadi.
  1. Tentukan pusat bentuk lengkung di dinding menggunakan penggaris atau seutas tali. Gambar bentuk lengkung di dinding menggunakan pensil.
  2. Mengecat terlebih dahulu bagian yang sulit seperti bagian tepi, sudut atau ujung yang berbentuk ornamen dan area yang tinggi.
  3. Pastikan sapuan cat dilakukan tanpa putus ketika mengerjakan salah satu area. Lakukan gerakan overlap (tumpang tindih) ketika pengerjaan dilanjutkan ke area lainnya.
  4. Pilih arah cat dan lakukan secara konsisten. Lakukan cat searah dari atas-bawah atau kanan-kiri, dan lanjutkan arah cat yang sama untuk seluruh area. Jika menggunakan kuas, sapukan arah bawah dengan satu tarikan yang halus dan merata.
  5. Selalu mengecat sebanyak 2 lapis atau lebih. Selesaikan pengecatan satu lapis dan biarkan kering, lalu lanjutkan lapisan selanjutnya.

Review Cat Nippon Spot-less



First thing first, kesan pertama yang akan saya nilai dari sebuah merek cat adalah aroma atau baunya. Jujur, saya akan merasa terganggu jika menggunakan cat dinding dengan bau yang menyengat usai diaplikasikan. Memang sih, prioritas kebanyakan orang saat memilih cat adalah warna dan harga. Tapi, bagi saya aroma juga memegang peran penting dalam memilih merek cat dinding. Nggak mau dong kalau saya sampai salah pilih cat dinding yang ternyata terdapat kandungan-kandungan berbahaya dibalik bau cat dinding, yang nantinya bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Memang sih, dampak bau cat dinding terhadap kesehatan tak bisa dibuktikan secara langsung. Tapi, saya pernah mengalami pusing usai menghirup bau cat dinding di suatu tempat. Meski saya tidak mengetahui secara langsung merek cat yang digunakan, tapi nyatanya saya merasakan pusing. Secara ya, komponen dalam cat dinding memang sangat mudah menguap pada suhu tertentu dan menginfeksi udara di dalam ruangan. Nah, ketika komponen tersebut terhirup, tentu kadar oksigen yang dihirup saat bernapas rendah. Sehingga, suplai oksigen ke otak pun menurun. Ini yang menyebabkan kepala menjadi pusing.

Beruntungnya, cat Nippon Spot-less yang saya gunakan tidak memiliki bau menyengat. Pun suami saya yang melakukan pengecatan juga mengiyakan, bahkan baunya terbilang menyenangkan. Meski aroma cat Nippon Spot-less tak menganggu, saya tetap membuka jendela di kamar anak ketika suami sedang mengecat ruangan. Hal ini saya lakukan agar sirkulasi udara di dalam ruangan lancar. Biasanya, saya juga akan memasang kipas angin di depan jendela dan mengarahkan ke luar ruangan supaya bau cat akan ke luar bukan ke dalam ruangan. Namun, cara ini tak perlu saya lakukan karena saat mengaplikasikan cat Nippon Spot-less beberapa menit saja tak ada bau yang tercium.

Nah, selain soal bau cat yang tak menganggu penciuman, harga cat Nippon Spot-less juga tak menyita anggaran. Terlebih jika ingin mendekorasi salah satu sisi dinding seperti yang saya lakukan, tak akan membutuhkan cat sampai berkaleng-kaleng. Pun soal warna juga sangat konsisten dan akurat. Bahkan, saya yang sempat kebingungan untuk memilih warna cokelat yang warm bisa berkonsultasi langung dengan SPG di toko cat yang ada di kota Yogyakarta dan mendapatkan jawaban yang memuaskan. Jika tak sempat untuk mengunjung tok cat sekalipun, saya bisa berkonsultasi melalui layanan WhatsApp Care di nomor 0811-1283-028 untuk konsultasi pengecatan atau produk lebih lanjut secara gratis!

Untuk ulasan mengenai kesan ruangan belum saya jelaskan secara detail, ya! Mengingat kamar anak belum terisi oleh perabotan dan barang-barang yang sesuai dengan konsep ruangan nantinya. Namun, sekilas nuansa kehangatan yang intimate sudah bisa terlihat meski cat Nippon Spot-less diaplikasikan pada salah satu dinding saja. Anak saya pun menyukai warna cat Nippon Spot-less seri Warm Toast yang saya pilih. Dia menyebut jika warna ini tak terlalu mencolok dan memberikan rasa nyaman untuk kamarnya kelak.

Hebatnya Nippon Paint, jadikan harapan Ramadan lebih berwarna!







You Might Also Like

1 comments

  1. Aku juga ada niat mau ganti warna cat rumah mbaaa 🤣. Udah kusam banget 😅. Nippon sekarang ini jadi favorit kami berdua utk cat tembok. Nyesel baru pake belum lama ini, utk cat rumah satunya. Tau gitu rumah yg skr ditinggalin pake Nippon juga dulu.

    Paling asyik kalo udah bicara cat, itu milih warna yaaa 😁. Berasa pusing karena bingung nentuin hahahahaha.

    BalasHapus

BRILIO.NET

LATEST VIDEOS

Perempuan Punya Karya

Perempuan Punya Karya