Gelaran Wisuda Yogyakarta Independent School (YIS), menampilkan pertunjukan musikal - Marlina

Gelaran Wisuda Yogyakarta Independent School (YIS), menampilkan pertunjukan musikal

18.00

Yogyakarta Independent School (YIS) Graduation


Jelang tahun ajaran baru 2022/2023, berbagai sekolah negeri dan swasta dari jenjang SD hingga SMA mulai menjaring siswa baru. Tak terkecuali untuk jenjang TK yang juga menerima pesta didik baru. Saya pun ikut menyiapkan proses persyaratan siswa baru karena anak saya, Arsa Bhiru, sudah memasuki usia ideal masuk TK, yakni 4-5 tahun.

Bersamaan dengan persiapan anak masuk TK dan jelang tahun ajaran baru, saya juga menerima pertanyaan terkait sekolah mana yang akhirnya saya pilih untuk Arsa. Tak sedikit yang mengira jika Arsa akan bersekolah di Yogyakarta Independent School (YIS) karena saya sering mengunggah konten terkait sekolah internasional di Yogyakarta itu.

Dan, yang seolah tak ada habisnya adalah pertanyaan biaya sekolah di Yogyakarta Independent School (YIS). Gayung bersambut, YIS menjawab. Saya pun mendapatkan kesempatan untuk menghadiri gelaran wisuda Yogyakarta Independent School (YIS) beberapa waktu lalu.

Yogyakarta Independent School (YIS) menyelenggarakan acara wisuda pada Rabu (22/6), bertempat di Grand Ballroom Hotel Sheraton Yogyakarta. Pesta wisuda tahunan ini diselenggarakan sebagai penghargaan atas prestasi siswa sekaligus perayaan atas dimulainya fase khusus dalam hidup dan pendidikan mereka. Selain dihadiri oleh seluruh siswa dan guru, acara wisuda ini juga dihadir oleh orang tua murid serta tamu undangan. Dan saya termasuk salah satu tamu undangan yang bisa merasakan langsung pengalaman sekaligus gambaran jika menyekolahkan anak di sekolah yang didirikan pada tahun 1989 sebagai sekolah unggulan di Yogyakarta untuk pendidikan dasar dan menengah internasional berdasarkan kurikulum internasional.

Yogyakarta Independent School (YIS) Graduation


Dalam momen berbahagia ini, para siswa YIS menampilkan pertunjukan musikal bertemakan 'The Sound of Music' sebagai pesan harapan dan optimisme. Pertunjukan musik diadakan usai seremoni wisuda, dimana para siswa dari jenjang pre-school sampai dengan kelas 11 mempertunjukkan kolaborasi penampilan yang apik dan menyenangkan. Setelah pertunjukan, acara dilanjutkan dengan gala dinner.

Yogyakarta Independent School (YIS) Graduation
Yogyakarta Independent School (YIS) Graduation


Acara seremoni dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipandu oleh konduktor music dari YIS. Hal ini menunjukkan bahwa sebagai sekolah SPK (Sekolah Pendidikan Kerjasama), YIS yang menerapkan kurikulum internasional dalam pembelajarannya tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme yang bertujuan untuk dapat membentuk para siswa memiliki wawasan global namun tidak melupakan identitas diri yang berkebangsaan Indonesia. Bagi para siswa asing, momen ini menjadi bagian dari pembelajaran dimana mereka diperkenalkan terhadap budaya dan unsur kenegaraan Republik Indonesia.

Yogyakarta Independent School (YIS) GraduationYogyakarta Independent School (YIS) Graduation



Tak hanya sekadar seremoni yang menggugurkan syarat pendidikan, momen wisuda ini juga telah menjadi tradisi di Yogyakarta Independent School (YIS) sebagai bentuk perayaan atas keberhasilan para siswa. Nyatanya, selain jenjang perguruan tinggi, jenjang pendidikan lebih rendah sudah mengadopsi tradisi wisuda, bahkan Taman Kanak-Kanak sekalipun. Tradisi ini pun juga dilakukan oleh Yogyakarta Independent School (YIS) yang turut menggelar seremoni untuk para siswa Primary Years Programme (setara PAUD / SD).


Saya cukup terharu, meski bukan menjadi orang tua salah satu siswa tapi turut merasakan momen keberhasilan mereka menyelesaikan jenjang studi tersebut. Menariknya lagi, saat acara seremoni siswa TK juga dipaparkan pencapaian (sesederhana dan sekecil apapun pencapaiannya) mereka selama sekolah, diiringi dengan lagu-lagu yang memorable dan menyenangkan. Alhasil, saya makin terhanyut pada seremoni malam itu.

Yogyakarta Independent School (YIS) Graduation
Yogyakarta Independent School (YIS) Graduation
Yogyakarta Independent School (YIS) Graduation


Sejumlah 23 siswa Yogyakarta Independent School (YIS) dinyatakan lulus pada acara seremoni wisuda. Salah satu wisudawan, Katlyn, mewakili para wisudawan lain menyampaikan dalam pidatonya bahwa YIS telah membantunya meraih cita-cita yang diinginkan, yakni melanjutkan jenjang Pendidikan selanjutnya pada universitas ternama. Katyln telah diterima di berbagai universitas di United Kingdom dan Canada. Tak hanya mengantarkan para siswa untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, YIS juga berhasil membantu siswa melanjutkan jenjang Pendidikan di kampus dalam negeri.

Yogyakarta Independent School (YIS) ini memang cocok dijadikan pilihan jika para orang tua memiliki rencana yang sama dengan Katyln yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Sebaiknya memang memilih untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah lanjutan yang berkurikulum IB. Sebab, sertifikat (ijazah) program IB Diploma Programme (DP) diakui oleh tiga ribuan universitas di seluruh dunia untuk penerimaan mahasiswa baru. Gampangnya nih, jika anak sudah punya ijazah tersebut jadi lebih mudah untuk kuliah di luar negeri.

Lebih lanjut, YIS juga sudah resmi terakreditasi di Badan Akreditasi Nasional dan memiliki izin resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia serta terakreditasi, dan merupakan anggota East Asia Regional Council of Overseas Schools (EARCOS). EARCOS sendiri merupakan organisasi dewan sekolah untuk regional Asia Timur yang mana anggotanya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama selama program pendidikan.

Sekolah internasional di Yogyakarta yang dulu bernama Yogyakarta International School ini juga sudah mengantongi izin untuk menyelanggarakan Pendidikan dengan kurikulum IB Primary Years Programme (PYP)/ PAUD dan SD, IB Middle Years Programme (MYP) / SMP, dan juga Diploma Programme (DP) / SMA. Keseluruhan program ini mengakomodasi kebutuhan Pendidikan anak dari usia 3-19 tahun. International Baccalaureate (IB) adalah yayasan pendidikan internasional yang berkantor pusat di Jenewa, Swiss.

Nah, sekian event report gelaran wisuda Yogyakarta Independent School (YIS) kali ini. Semoga informasi singkat ini bisa memberi gambaran tentang acara seremoni wisuda di sekolah internasional itu seperti apa. Terima kasih sudah berkenan membaca dan kalau ada pertanyaan lebih lanjut bisa berlanjut di kolom komentar, ya! 


YOGYAKARTA INDEPENDENT SCHOOL
Jalan Tegal Mlati 1, Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman 55284, DI Yogyakarta
P.O. Box 1175 Yogyakarta 55000
Telp. +62 274 5305147 | 5305148, Fax. 5305148
WhatsApp: 082241044242
Website: yis-edu.org | Email: info@yis-edu.org | Instagram: @yogyakartaindependentschool




You Might Also Like

0 comments

BRILIO.NET

LATEST VIDEOS

Perempuan Punya Karya

Perempuan Punya Karya